Comscore Tracker

10 Makanan Berkuah Khas Jawa Timur, Cita Rasa Lokal yang Wajib Dicoba

Makanan berkuah cocok dinikmati saat cuaca dingin kayak gini

Apa yang membuat kamu kangen untuk berkunjung ke Jawa timur? Pasti bukan hanya pariwisatanya, dong. Tentunya aneka kuliner di sana juga bikin kamu ketagihan.

Provinsi yang beribu kota di Surabaya ini memang punya berbagai makanan khas yang sayang untuk kamu lewatkan, seperti sepuluh menu berkuah berikut. Menu lokal ini pasti bikin kamu rindu kulineran di Jawa Timur. Ehm, apa saja ya kira-kira?

1. Bisa dikatakan paling populer dari lainnya, soto Lamongan khas akan kuah kaldu yang bening, bikin nagih. Apalagi dengan taburan koya, bikin kuahnya makin terasa gurih!

10 Makanan Berkuah Khas Jawa Timur, Cita Rasa Lokal yang Wajib Dicobainstagram.com/mingcun72

2. Jalan-jalan ke Malang kurang afdal kalau belum mencicipi bakso. Bakso Malang punya banyak varian seperti bakso telur puyuh, bakso urat, bakso tahu, dan sebagainya. Semuanya lezat!

10 Makanan Berkuah Khas Jawa Timur, Cita Rasa Lokal yang Wajib Dicobainstagram.com/bakwan.subur

3. Di Sidoarjo, ada makanan populer bernama lontong kupang. Terdiri dari kupang, lontong beserta kuah yang terbuat dari petis, cabai, jeruk nipis, gula pasir, dan bawang putih membuat hidangan ini punya rasa yang manis, asam, gurih sekaligus pedas

10 Makanan Berkuah Khas Jawa Timur, Cita Rasa Lokal yang Wajib Dicobainstagram.com/the.lucky.belly

4. Pencinta daging pasti antusias untuk mencicipi kelezatan rawon asli Pasuruan. Kuah rawon dan dagingnya benar-benar bikin lidah bergoyang. Jangan lupa untuk menambahkan empal biar semakin sempurna!

10 Makanan Berkuah Khas Jawa Timur, Cita Rasa Lokal yang Wajib Dicobainstagram.com/ch_cml

5. Jika soto Lamongan disajikan dengan suwiran ayam, kuah, dan beberapa bahan tambahan saja, lain halnya dengan menu dari Banyuwangi ini. Rujak soto merupakan perpaduan rujak sayur dan soto bening yang kemudian dicampur menjadi satu. Kombinasi keduanya unik dan enak!

10 Makanan Berkuah Khas Jawa Timur, Cita Rasa Lokal yang Wajib Dicoba@deargadis via instagram.com/deliciousbanyuwangi

Baca Juga: 9 Makanan Khas Jawa Timur Berbahan Petis, Aromanya Menggugah Selera

6. Meskipun kuahnya tidak terlalu banyak, tapi percayalah bila rasa kuah dari lodho ayam ini yang bikin nafsu makan kamu bertambah. Pasalnya, kuah yang terbuat dari santan kental tadi telah dibumbu berbagai rempah sehingga membuat masakan ini kaya rasa

10 Makanan Berkuah Khas Jawa Timur, Cita Rasa Lokal yang Wajib DicobaInstagram.com/ocha_chupid

7. Kombinasi tahu, tauge, mi, daging, selada, dan kuah petis ini dinamakan tahu campur. Paling enak disantap bareng kerupuk udang

10 Makanan Berkuah Khas Jawa Timur, Cita Rasa Lokal yang Wajib Dicobainstagram.com/dapoersikoko

8. Merupakan menu rumahan, orem-orem Malang patut kamu coba. Rasa kuah santan, potongan ketupat, dan tempe yang sederhana ini bakal bikin kamu teringat kampung halaman

10 Makanan Berkuah Khas Jawa Timur, Cita Rasa Lokal yang Wajib Dicobainstagram.com/the.lucky.belly

9. Seporsi lontong balap diracik dengan isian taoge, tahu goreng, lontong, dan lentho. Racikan tersebut kemudian diguyur dengan nikmatnya kuah bumbu petis. Makanan ini tergolong sabagai kuliner ikonik Surabaya, lho!

10 Makanan Berkuah Khas Jawa Timur, Cita Rasa Lokal yang Wajib Dicobainstagram.com/kulinersuraboyo

10. Kamu penggemar ikan pari? Kotokan ikan pari khas Tuban adalah olahan ikan berkuah yang wajib kamu jajal. Rasa kuahnya mirip lodeh, hanya saja rasa ikan cukup melekat di menu satu ini

10 Makanan Berkuah Khas Jawa Timur, Cita Rasa Lokal yang Wajib Dicobainstagram.com/cookingtime18

Itu dia sederet makanan dengan kuah khas Jawa Timur. Rasa kuahnya punya keunikan dan kelezatan tersendiri. Nah, jangan lupa untuk mencoba menu-menu tersebut saat berkunjung ke Jawa Timur, ya!

Baca Juga: 5 Makanan Berkuah dan Pedas dari Berbagai Negara, Bikin Ketagihan!

Nuke Diah Ayuning Photo Verified Writer Nuke Diah Ayuning

Generasi 90an yang mempunyai ketertarikan untuk menulis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya