Comscore Tracker

5 Dessert Khas Mesir Terpopuler, Ada yang Mirip Pancake, Lho!

Sebagian lebih enak dengan guyuran air sirop mawar

Mesir adalah negara yang identik dengan wisata peradaban kuno. Bila kamu berkunjung ke sana, tentu Piramida Agung Giza adalah salah satu tujuan yang gak boleh dilewatkan.

Selain objek wisatanya, ada juga aneka dessert populer yang merupakan kekhasan dari negara yang ibu kotanya terletak di Kairo ini. Ingin tahu apa saja? Yuk simak!

1. Roz bil laban

5 Dessert Khas Mesir Terpopuler, Ada yang Mirip Pancake, Lho!hungryvegannorwich.com

Roz bil laban adalah salah satu dessert yang paling populer di Mesir. Hidangan ini terbuat dari beras atau bisa juga nasi yang diolah menjadi puding dengan menambahkan susu, air, gula, dan bubuk kayu manis.

Umumnya makanan ini disajikan sebagai takjil saat bulan puasa. Rasanya yang manis dan teksturnya yang padat pasti bikin kamu kenyang setelah berbuka puasa.

2. Qara asali

5 Dessert Khas Mesir Terpopuler, Ada yang Mirip Pancake, Lho!foodyoushouldtry.com

Qara asali adalah pie labu kuning tradisional Mesir. Bila biasanya pie labu kuning dibuat dengan crust sebagai dasarnya, lain halnya dengan kue manis ini yang tidak menggunakan bagian tersebut. Maka, tak heran bila kamu akan mendapatkan rasa labu kuning cukup kuat saat mencobanya.

Sekarang ini qara asali tidak hanya disajikan dengan cara sederhana. Di Amerika, sebagian orang lebih suka menikmatinya dengan tambahan topping di atasnya mulai dari madu hingga es krim vanilla. Yummy!

Baca Juga: Menarik, 6 Dessert dari Berbagai Negara Saat Hari Raya Idulfitri

3. Umm ali

5 Dessert Khas Mesir Terpopuler, Ada yang Mirip Pancake, Lho!carolinescooking.com

Selain puding beras, ada juga puding roti yang dinamakan umm ali. Kudapan manis ini terbuat dari roti ataupun pastry yang diberi susu, gula, bubuk kayu manis dan bubuk kapulaga. Kelezatannya makin sempurna dengan adanya kacang almond, kenari dan kismis di dalamnya.

Rasanya yang creamy, manis dan lembut ini memang cocok dipadukan dengan aneka kacang-kacangan sehingga menciptakan sensasi kriuk saat mengunyahnya. Sedap maksimal!

4. Basbousa

5 Dessert Khas Mesir Terpopuler, Ada yang Mirip Pancake, Lho!lurpak.com

Selanjutnya ada basbousa, hidangan ini diolah dari tepung semolina, tepung almond, baking powder, gula, kelapa kering, telur, butter, plain yogurt, dan vanilla essence. Bahan-bahan tersebut kemudian dicampur hingga menjadi adonan yang selanjutnya disimpan dalam kulkas selama 1-2 jam. Lalu, dipanggang di dalam oven lengkap dengan irisan kacang almond maupun cincangan pistachio sebagai topping.

Kue yang manis dan lembut ini akan terasa nikmat setelah diguyur dengan air sirop mawar yang terbuat dari gula pasir, air mawar, dan air perasan jeruk lemon. 

5. Qayatef

5 Dessert Khas Mesir Terpopuler, Ada yang Mirip Pancake, Lho!albawaba.com

Banyak yang menyebut hidangan manis satu ini adalah pancake versi Timur Tengah. Ya, bila ditilik dari bahan pembuatanya qatayef memang sangat mirip dengan pancake.

Bedanya tepung yang digunakan bukan cuma tepung terigu saja melainkan juga tepung semolina. Ada lagi, kue ini juga dibuat tanpa penggunaan telur, lho.

Hidangan ini disajikan dengan memberikan fla di atas kue. Kemudian, ditutup dengan cara merekatkan kedua sisinya. Umumnya, bagian fla yang terlihat dari luar tadi akan ditaburi cincangan kacang pistachio. Dan gak ketinggalan sirop mawar untuk sentuhan akhir.

Wah, mantap banget nih!  

Meskipun kedengarannya asing, kelima dessert tersebut ternyata jauh lebih populer dari makanan manis khas Mesir lainnya, lho. Nah, dari deretan dessert di atas mana nih yang sudah pernah kamu cicipi?

Download aplikasi cari resep Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: Resep Cake Puding Rice Cooker ala Yummy, Jadikan Dessert Saat Lebaran

Nuke Diah Ayuning Photo Verified Writer Nuke Diah Ayuning

Generasi 90an yang mempunyai ketertarikan untuk menulis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya