Comscore Tracker

5 Bahan Alami Ini Bisa Obati Sengatan Lebah, Hebat Juga Ya!

Obat darurat sesaat setelah disengat lebah

Lebah dan tawon adalah dua hewan yang menggunakan sengatan untuk mempertahankan diri. Meski sama-sama menyengat, keduanya memiliki perbedaan. Sengatan tawon bersifat lebih berbahaya, hal ini dikarenakan tawon bisa menyengat berkali-kali dalam sekali tempo. Namun, lebah hanya akan menyerang satu kali dan meninggalkan sengat pada korban. Kemudian, lebah akan mati.

Sesaat setelah serangan itu dipastikan kamu akan mengalami rasa gatal serta sakit yang menusuk-nusuk. Bahkan kulit akan membengkak dan berwarna kemerahan. Agar luka bekas sengatan lebah bisa segera pulih kamu perlu mencabut sengat yang menancap pada pori-pori kulit. Lalu, berikan bahan-bahan alami yang bisa kamu dapatkan segera di rumah.

1. Lidah buaya

5 Bahan Alami Ini Bisa Obati Sengatan Lebah, Hebat Juga Ya!Pixabay.com/casellesingold

Lidah buaya merupakan tanaman alami yang mudah ditemukan di halaman rumah. Tanaman ini mengandung antibakteri yang bisa menghindarkan kulit dari resiko infeksi. Terlebih lagi, sifatnya yang melembabkan ampuh menenangkan syaraf kulit yang tersengat lebah.

2. Cuka apel

5 Bahan Alami Ini Bisa Obati Sengatan Lebah, Hebat Juga Ya!jillcarnahan.com

Setelah sengat berhasil dihilangkan, balurkan sedikit cuka apel pada bekas sengatan. Kamu jika bisa gunakan kapas untuk mengoleskannya. Bahan ini dipercaya memiliki sifat penetral yang mampu mengembalikan kondisi kulit bekas sengatan lebah.

Baca Juga: 5 Bahan Tradisional yang Terbukti Efektif Mendongkrak Kesuburan

3. Es batu

5 Bahan Alami Ini Bisa Obati Sengatan Lebah, Hebat Juga Ya!Pixabay.com/Bru-nO

Es batu berfungsi sebagai penghilang rasa sakit pada bagian yang tersengat lebah. Kamu bisa membungkusnya menggunakan kain yang steril. Lalu, kompres pada bekas sengatan lebah. Lakukan berulang kali, hingga rasa sakitnya berkurang. 

4. Madu

5 Bahan Alami Ini Bisa Obati Sengatan Lebah, Hebat Juga Ya!Unsplash.com/Arwin Neil Baichoo

Madu merupakan salah satu bahan makanan yang memiliki banyak khasiat. Salah satunya untuk mengurangi peradangan pada sengatan lebah. Hal ini dikarenakan kandungan antibakterinya yang bisa mencegah infeksi dan mempercepat penyembuhan. Biar gak mengundang kedatangan lebah, sebisanya kamu menggunakan bahan ini dalam suatu ruangan tertutup. 

5. Daun pisang

5 Bahan Alami Ini Bisa Obati Sengatan Lebah, Hebat Juga Ya!anudinam.org

Ternyata bukan cuma berfungsi sebagai pembungkus makanan, daun pisang juga berkhasiat dalam meredakan peradangan pada kulit. Caranya? Gampang kok, kamu hanya perlu menghaluskan dan membubuhkannya ke bagian kulit yang tersengat. Getah yang terdapat di dalamnya berfungsi sebagai pereda rasa panas akibat sengatan lebah. 

Itu dia beberapa bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk mengobati rasa sakit bekas sengatan lebah. Cara ini bisa kamu praktekan terhadap luka sengatan yang tergolong ringan. Artinya tidak ada gejala lain yang memerlukan penanganan medis lebih lanjut. 

Baca Juga: 5 Masker Alami Berbahan Lemon yang Bantu Rambut Bebas Ketombe

Nuke Diah Ayuning Photo Verified Writer Nuke Diah Ayuning

Generasi 90an yang mempunyai ketertarikan untuk menulis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya