Comscore Tracker

7 Trik Kendalikan Porsi Makan, Bagus Buat Kamu yang Lagi Diet!

Diet seharusnya sehat, bukan menyiksa

Demi berat badan yang berada di angka ideal, gaya hidup sehat mesti diterapkan. Bagi yang ingin berat badan turun, olahraga saja belum cukup jika gak dibarengi dengan diet sehat. Tapi kadang, yang jadi masalah adalah niat untuk diet gak kunjung dilaksanakan. Jangan sampai tanpa sadar keterusan makan secara berlebihan alias overeating.

Lantas, ada gak sih cara yang aman supaya bisa mengontrol pola makan? Tentu ada. Tiap jam makan tiba, ingat dan laksanakan 7 trik kendalikan porsi makan berikut ini. 

1. Gunakan piring ukuran kecil

7 Trik Kendalikan Porsi Makan, Bagus Buat Kamu yang Lagi Diet!busy.org

Piring yang kamu gunakan beri pengaruh pada porsi makan, lho. Piring ukuran besar cenderung bikin seseorang makan lebih banyak pula. Sementara ketika menyantap makanan dengan piring kecil, akan lebih sedikit yang kamu konsumsi. Maka dari itu, ganti piringmu dengan ukuran yang lebih kecil. Perut akan tetap kenyang walau porsi yang kamu makan sebenarnya gak sebanyak biasanya. 

2. Minum segelas air putih setengah jam sebelum makan

7 Trik Kendalikan Porsi Makan, Bagus Buat Kamu yang Lagi Diet!stylecaster.com

Kadar air putih yang cukup per harinya tentu menyehatkan tubuh. Siapa sangka kamu dapat kendalikan porsi makan dengan meneguk air putih setengah jam sebelum makan. Ketika lapar, kamu sulit membedakan bahwa kamu cuma sekadar kehausan atau benar-benar lapar. Dengan meminum air, tubuh menjadi terhidrasi kembali sekaligus mengontrol jumlah makanan yang dikonsumsi nantinya. 

3. Konsumsi buah-buahan matang sebelum makan

7 Trik Kendalikan Porsi Makan, Bagus Buat Kamu yang Lagi Diet!aheadofthyme.com

Diet yang lagi kamu jalani harus diimbangi dengan menu makanan yang sehat. Salah satunya dengan memasukkan buah-buahan matang ke dalam list menu makan sehatmu. Konsumsi buah sebelum waktu makan tiba sangat baik bagi tubuh dan juga punya efek mengenyangkan. Nah, pas sudah waktunya makan berat, kamu pun terhindar dari makan secara berlebihan karena buah-buahan yang sudah kamu konsumsi sebelumnya. 

Baca Juga: 7 Fakta Unik tentang Shirataki, Bisa Jadi Pengganti Nasi Pas Diet

4. Konsumsi makanan yang mengandung lemak baik

7 Trik Kendalikan Porsi Makan, Bagus Buat Kamu yang Lagi Diet!loveonetoday.com

Tubuh tetap butuh lemak baik seperti yang terkandung pada ikan, alpukat, kacang-kacangan, bayam, dan minyak zaitun. Sama seperti buah-buahan matang, makanan yang mengandung lemak baik juga memberi efek mengenyangkan pada tubuh. Rasa kenyang yang diberikan lebih tahan lama ketimbang saat kamu gak konsumsi makanan dengan lemak baik. 

5. Sediakan setengah piring sayuran hijau

7 Trik Kendalikan Porsi Makan, Bagus Buat Kamu yang Lagi Diet!mypureplants.com

Bagi kamu yang ingin cegah overeating, sediakan setengah piring berisi sayuran hijau setiap waktu makan. Jangan lupa isikan setengah bagian lainnya dengan karbohidrat dan protein. Cara ini bukan hanya bisa kendalikan porsi makanmu, tetapi juga bagus untuk kulit. Yang tadinya kusam, bisa jadi lebih sehat bercahaya. 

6. Beri jatah satu kepal saja untuk snack

7 Trik Kendalikan Porsi Makan, Bagus Buat Kamu yang Lagi Diet!gigazine.net

Nyemil boleh-boleh saja asalkan gak kelewat banyak. Biasanya makan snack langsung dari kemasannya bikin kegiatan nyemilmu gak terkontrol dan ingin makan terus. Buat menghindarinya, pindahkan camilanmu ke wadah kecil. Cukup kamu beri jatah satu kepal tangan saja. Jangan sampai lebih, ya. 

7. Makan secara pelan-pelan

7 Trik Kendalikan Porsi Makan, Bagus Buat Kamu yang Lagi Diet!rd.com

Hentikan kebiasaan makan buru-buru. Yang ada, kamu bakal gampang ngerasa lapar. Sebaliknya, makan dengan pelan-pelan sangat bagus untuk kamu yang lagi melancarkan aksi diet karena dapat menekan hormon lapar, yaitu ghrelin. Ketika kamu makan secara santai dan perlahan, hormon ini akan memberi sinyal ke otak bahwa kamu sudah makan dengan cukup. Oleh karenanya, porsi makan akan lebih terkontrol. 

Bagi yang lagi diet atau baru mau memulainya, 7 trik barusan gak boleh dilewatkan begitu saja. Porsi makan aman terkendali, diet yang kamu jalani pun berjalan sesuai ekspektasi. Sudah siap diet secara sehat dan tepat? 

Baca Juga: 6 Makanan Mengandung Karbohidrat Kompleks Ini Bagus Buat Diet

Nurfi Photo Verified Writer Nurfi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya