Comscore Tracker

9 Kuliner Endul Khas Kota Kebumen, dari yang Kuah Sampai Oyek Teri!

Awas ngiler!
Berkunjung ke Kota Kebumen kurang pas deh kalo gak nyicip makanan khasnya. Memiliki banyak destinasi wisata kuliner yang recommended, kamu bakal nyesel kalau melewatkan wisata kuliner di Kebumen.
 
Buat para pecinta kuliner dari pelosok Indonesia, Kebumen bisa jadi pilihan, nih. Kotanya strategis karena dilewati jalur Selatan. Kamu bisa mampir sejenak untuk menikmati kuliner di sini. 
 
Meskipun Kebumen merupakan kota kecil di pesisir selatan Pulau Jawa, bukan berarti semua makanan khasnya berkaitan dengan seafood, lho. Justru kuliner Kebumen sangat bermacam-macam. Inilah sembilan kuliner khas Kota Kebumen yang wajib kamu cobain kalo mampir di Kebumen!

1. Nasi penggel

9 Kuliner Endul Khas Kota Kebumen, dari yang Kuah Sampai Oyek Teri!nasi penggel (instagram.com/jatengkitaid)

Kuliner Kebumen yang pertama adalah nasi penggel. Bentuk nasinya yang mirip bola pingpong membuat kuliner unik ini ikonik di Kebumen.

Nasi Penggel akan sangat cocok jika disantap dengan tempe mendoan dan sayur ketewel (sayur nangka muda). Harganya pun sangat terjangkau. Cobain deh!

2. Sate ambal

9 Kuliner Endul Khas Kota Kebumen, dari yang Kuah Sampai Oyek Teri!sate ambal (instagram.com/jogjafoodhunter)

Bagi kamu yang suka sate, kuliner satu ini recommend banget buat kamu. Sate ini banyak ditemukan di Kecamatan Ambal. Oleh karena itu, namanya sate ambal.

Sate ambal juga punya keunikan tersendiri,lho. Jika biasanya saus sate berbahan dasar kacang, lain halnya dengan sate amba. Saus sate ambal berbahan dasar tempe yang dihaluskan. Harga satu porsinya berkisar Rp12.000 sampai Rp20.000 saja.

3. Soto Tamanwinangun

9 Kuliner Endul Khas Kota Kebumen, dari yang Kuah Sampai Oyek Teri!soto Tamanwinangun (instagram.com/buf.eat)

Kuliner yang satu ini biasa ditemukan ketika malam hari. Terdiri dari lontong, soun, tauge, kol, dan menthok goreng. Setelah itu, diguyur kuah kaldu kental berbahan dasar kacang yang dihaluskan.

Makanan kaya bumbu ini akan menggugah selera makan kamu. Harga satu porsi soto Tamanwinangun cukup terjangkau, yaitu Rp10.000 saja.

Baca Juga: 5 Makanan Khas Kendal yang Enak, Hukumnya Wajib Dicoba!

4. Kupat tahu ambal

9 Kuliner Endul Khas Kota Kebumen, dari yang Kuah Sampai Oyek Teri!kupat tahu ambal (instagram.com/kebumenbikinlaper)

Kupat tahu ambal merupakan perpaduan unik kupat dan tahu putih goreng dicampur dengan sambal kacang yang gurih. Dilengkapi dengan taburan kerupuk renyah akan sangat menggoda untuk disantap.

Biasanya harga satu porsi kupat tahu ambal hanya berkisar Rp5.000 aja. Murah banget, kan. Yuk, cobain!

5. Sega oyek teri

9 Kuliner Endul Khas Kota Kebumen, dari yang Kuah Sampai Oyek Teri!sega oyek teri (instagram.com/food8104)

Kuliner satu ini akan mudah kamu temukan di daerah pegunungan, tepatnya Desa Alian dan sekitarnya. Kamu juga bisa temukan makanan ini di pasar tradisional Tumenggungan Kebumen.

Oyek merupakan makanan pokok masyarakat pegunungan yang biasanya terbuat dari singkong. Perpaduan sayur ikan teri yang asin bercampur dengan oyek yang gurih akan sangat menggugah selera makan.

Satu porsi Oyek teri dibanderol dengan harga Rp 3000 aja. Cocok buat kamu yang irit!

6. Lotek

9 Kuliner Endul Khas Kota Kebumen, dari yang Kuah Sampai Oyek Teri!lotek (instagram.com/infokulinerkebumen)

Lotek merupakan makanan tradisional yang berbahan dasar aneka sayuran yang diguyur sambal kacang yang nikmat. Disajikan bersama kerupuk dan tempe mendoan akan membuatmu ketagihan.

Harga makanan ini berkisar Rp5000 saja. Tanpa perlu keluar duit banyak, kamu bisa menikmati sepiring lotek yang sedap.

Baca Juga: Lagi di Banyuwangi? Ini 5 Menu Sarapan yang Wajib Kamu Coba

7. Golak

9 Kuliner Endul Khas Kota Kebumen, dari yang Kuah Sampai Oyek Teri!golak (instagram.com/dharmakrakal)

Kebumen juga punya panganan bernama golak. Ini adalah salah satu jajanan khas Kebumen yang harus kamu cobain.

Golak terbuat dari singkong yang dihaluskan lalu digoreng akan sangat cocok jika untuk camilan di sore hari. Cukup mengeluarkan budget Rp 4500 kamu bisa mendapat satu iket golak.

8. Soto Petanahan

9 Kuliner Endul Khas Kota Kebumen, dari yang Kuah Sampai Oyek Teri!soto petanahan (instagram.com/infokulinerkebumen)

Berbeda dengan soto Tamanwinangun yang menggunakan kaldu yang dikombinasikan dengan kacang yang dihaluskan lembut, soto Petanahan lebih menggunakan kuah yang lebih bening tetapi tetap mirasa. Soto Petanahan tidak memakai soun dan kol seperti halnya soto pada umumnya, tetapi lebih banyak menambahkan tauge dan jeroan ayam.

Salah satu Soto Petanahan yang terkenal adalah soto Petanahan Pak Kored. Satu porsinya dibanderol dengan harga Rp12.000 aja.

Baca Juga: 9 Kuliner Legendaris Tegal yang Patut Dicoba, Bikin Lapar Semua!

9. Nasi mogana

9 Kuliner Endul Khas Kota Kebumen, dari yang Kuah Sampai Oyek Teri!nasi mogana (instagram.com/dapur_buela)
Nasi mogana merupakan kuliner yang sudah langka keberadaannya. Makanan ini dibungkus menggunakan daun pisang isiannnya berupa nasi, serundeng dan tongkol balado.
 
Kamu bisa merasakan perpaduan manis gurih serundeng dan pedasnya tongkol balado. Satu bungkus nasi mogana biasanya dibanderol seharga Rp 3000 aja. Hemat!
 
Itulah sembilan kuliner khas Kebumen yang recommended banget buat kamu suka hunting kuliner daerah. Jangan lupa cobain, ya!

nurina amali Photo Writer nurina amali

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Kalyana Dhisty

Berita Terkini Lainnya