Comscore Tracker

12 Varian Udon Jepang yang Unik, Semuanya Enak dan Bikin Ngiler!

Jenis mana yang jadi favorit kamu?

Udon adalah salah satu jenis mi yang sudah dikenal di Jepang sejak dulu. Mi yang juga sudah populer ke berbagai belahan dunia ini dibuat dari tepung terigu dan berbentuk tebal serta agak lebar. 

Tahukah kamu, ternyata setiap daerah di Jepang memiliki udon dengan ciri khas tersendiri dan hanya tersedia di tempat asal udon itu dibuat. Unik dan menarik, berikut 12 varian udon khas Jepang yang bisa kamu coba.

1. Musashino udon

12 Varian Udon Jepang yang Unik, Semuanya Enak dan Bikin Ngiler!musashino udon (instagram.com/saix_ksmb)

Musashino udon terbuat dari tepung terigu yang ditanam di dataran tinggi Musashino. Konon, nama itu diciptakan oleh Yuji Kato, seorang ahli udon dan profesor emeritus di Universitas Kokugakuin. Udon satu ini berasal dari Perfektur Saitama, Tokyo.

2. Mimi udon

12 Varian Udon Jepang yang Unik, Semuanya Enak dan Bikin Ngiler!mimi udon (instagram.com/vomakase)

Mimi udon adalah hidangan mi kenyal yang direbus sampai matang dengan berbagai pelengkap, seperti irisan miso, jamur shitake, daun bawang, bonito kering, wortel, dan sayuran segar. Udon yang berasal dari Tochigi, Jepang satu ini juga dinikmati bersama kuah kaldu .

3. Inaniwa Udon Inakawa, Akita

12 Varian Udon Jepang yang Unik, Semuanya Enak dan Bikin Ngiler!inaniwa udon (instagram.com/tokyojaws)

Udon inaniwa adalah jenis mi udon Jepang yang lebih tipis dan halus. Mi satu ini dibuat manual dengan tangan. Pembuatnya akan berulang kali meremas adonan dan mendiamkannya sementara waktu. Udon yang berasala dari Inakawa, Akita ini dihidangkan dengan kuah yang terpisah.

4. Kinchaku kitsune udon

12 Varian Udon Jepang yang Unik, Semuanya Enak dan Bikin Ngiler!kinchaku udon (instagram.com/mokomokokazu)`

Kinchaku kitsune udon adalah mi gandum yang dibungkus dalam kantong tahu goreng. Hidangan ini ditemukan di wilayah Nara pada tahun 2006. Saat ini, kinchaku kitsune udon menjadi makanan khas lokal yang wajib dicoba jika berkunjung ke Nara, Jepang. 

Baca Juga: 5 Kreasi Olahan Mi Udon yang Menggugah Selera, Sensasi Rasa Oriental!

5. Naruchuru udon

12 Varian Udon Jepang yang Unik, Semuanya Enak dan Bikin Ngiler!naruchuru udon (instagram.com/discover.tokushima)

Naruchuru udon yang kaya akan rasa khasnya ini telah dicintai oleh penduduk lokal Kota Naruto sejak lama. Udon satu ini memiliki tekstur lebih tipis dan tidak rata.

Naruchuru udon biasa biasa dihidangkan dengan kecap, daun bawang cincang, irisan tahu goreng, dan kuah kaldu yang lezat.

6. Goto udon

12 Varian Udon Jepang yang Unik, Semuanya Enak dan Bikin Ngiler!Goto tenobe udon (instagram.com/nipponmarketbkk)

Goto udon dikenal karena elastisitas minya yang kuat. Udon tipis Ini berasal dari kepulauan Goto di wilayah Nagasaki. Makanan khas daerah ini dianggap sebagai satu dari tiga mi udon terbaik di Jepang, lho.

7. Kishimen udon

12 Varian Udon Jepang yang Unik, Semuanya Enak dan Bikin Ngiler!kishimen udon (instagram.com/junya_n_bass)

Udon satu ini sangat mirip dengan pasta tagliatelle khas Italia. Biasanya, udon ini juga disebut udon hirauchi karena bentuknya yang pipih. Kishimen udon merupakan hidangan khusus di wilayah Aichi, Jepang. 

8. Hippari udon

12 Varian Udon Jepang yang Unik, Semuanya Enak dan Bikin Ngiler!hippari udon (instagram.com/satoyan21)

Berasal dari Yamagata, Jepang, hippari udon adalah jenis udon yang disukai banyak orang di daerah tersebut. Selain rasanya yang nikmat, biasanya orang-orang di Yamagata menyantap hippari udon untuk menghangatkan badan kala musim dingin.

Baca Juga: Resep Udon Paling Lezat, Gak Kalah sama Restoran Mahal Lho!

9. Gusetsu udon

12 Varian Udon Jepang yang Unik, Semuanya Enak dan Bikin Ngiler!gosetsu udon (instagram.com/giegielow)

Gusetsu udon berasal kota kecil Kutchan, Hokkaido yang juga menjadi penghasil kentang terbesar di Jepang. Ciri khas dari udon ini adalah minya yang diolah menggunakan tepung kentang, bukan tepung terigu. Inilah yang menjadikan gusetsu udon juga berbeda dari udon dari wilayah lain di Jepang.

10. Sanuki udon

12 Varian Udon Jepang yang Unik, Semuanya Enak dan Bikin Ngiler!sanuki udon (instagram.com/babytrans)

Sanuki udon telah menjadi jenis mi udon yang paling populer di prefektur Kagawa, Jepang. Namun, kini sanuki udon sudah bisa ditemukan di seluruh wilayah Kansai dan sebagian besar Jepang. Sanuki udon dinamai menurut nama wilayah Kagawa yang sebelumnya bernama Sanuki. 

11. Ise udon

12 Varian Udon Jepang yang Unik, Semuanya Enak dan Bikin Ngiler!ise udon (instagram.com/ryowryow3)

Ise udon berasal dari Ise, Jepang. HIdangan satu ini terdiri dari mi udon kenyal dan kuah kental yang disajikan dengan saus kedelai. Tidak seperti jenis udon lainnya, ciri khas ise udon terletak dalam kuah kaldu yang tidak menutupi mi dan hanya berfungsi sebagai saus.

12. Himokawa udon

12 Varian Udon Jepang yang Unik, Semuanya Enak dan Bikin Ngiler!Himokawa Udon (Instagram.com/moi.oui)

Himokawa udon adalah mi lebar yang dibuat secara tradisional di daerah Kiryu, Gunma. Daerah tersebut memiliki sejarah panjang sebagai produsen gandum terkemuka di Jepang. Berbentuk lebar adalah ciri khas dari udon jenis ini. Bisa disajikan panas dan dingin, lho.

Sekarang, kamu sudah tahu, kan jika ada berbagai jenis udon di Jepang yang juga berasal dari sejumlah wilayah berbeda. Punya keunikan tersendiri, kira-kira dari 12 varian di atas ada yang sudah pernah kamu coba?

Baca Juga: 3 Perbedaan Soba, Udon, dan Ramen, Mana yang Paling Kamu Suka?

Gimme Five Photo Writer Gimme Five

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya