Comscore Tracker

13 Kuliner Enak di Bandung Ini Wajib Dicoba, Gak Nyesel!

Duh, jadi pengin jalan-jalan ke Bandung nih #LokalIDN

Bandung memang sahih jadi salah satu destinasi favorit bagi para pelancong. Selain wisata alam, wisata belanja dan wisata kulinernya pun selalu jadi pilihan. Terlebih, suasana kota yang asri dan sejuk semakin menambah kenyamanan berwisata di kota kembang.

Nah, khusus buat kamu yang hobi kulineran, Bandung memang wajib kamu kunjungi. Pasalnya, ada berbagai jenis makanan khas mulai dari camilan hingga makanan berat yang recomended untuk dicicipi.

Apa aja sih kuliner khas Bandung yang terkenal enak? Yuk, simak!

 

1. Siomay dan batagor

13 Kuliner Enak di Bandung Ini Wajib Dicoba, Gak Nyesel!instagram.com/sweets.nsalty/

Batagor alias baso tahu digoreng adalah salah satu camilan khas Bandung. Makanan ini disajikan dengan disiram saus kacang. Biasanya, batagor disajikan berdampingan dengan siomay. Keduanya, merupakan makanan khas dengan cita rasa kuliner Tiongkok.

Bahan dasar siomay dan batagor umumnya menggunakan ikan tenggiri atau tuna. Ikan yang dihaluskan ini kemudian dicampur dengan adonan tepung tapioka dan dibumbui.

Jika adonan batagor dicampur dengan tahu yang dihaluskan lalu digoreng, siomay tidak menggunakan tahu dan hanya dikukus saja.

2. Seblak

13 Kuliner Enak di Bandung Ini Wajib Dicoba, Gak Nyesel!instagram.com/mobumobu01/

Saat melancong ke Bandung, tak lengkap rasanya jika belum mencicipi seblak. Yup, makanan ini terbuat dari kerupuk basah yang diolah dengan campuran bumbu rempah. Seblak juga ditambahkan dengan aneka isian seperti sayur, daging, sosis, dan telur.

Cita rasa seblak yang pedas berkuah, dijamin pas banget disantap saat cuaca kota Bandung sedang dingin-dinginnya.

3. Mie kocok

13 Kuliner Enak di Bandung Ini Wajib Dicoba, Gak Nyesel!instagram.com/micookbdg/

Saat berjalan-jalan di Bandung, kamu akan sering menemukan warung tenda atau restoran yang menjual mie kocok. Wajar saja, mie kocok adalah salah satu kudapan khas yang banyak diminati warga Bandung. Sajian ini terdiri dari semangkok mie kuning yang disajikan dengan isian daging, kikil, sumsum, seledri, bawang goreng, dan kuah.

Umumnya, mie kocok disajikan panas-panas dengan sambal, jeruk nipis, dan kerupuk sebagai pelengkap. 

4. Cuanki

13 Kuliner Enak di Bandung Ini Wajib Dicoba, Gak Nyesel!instagram.com/anirasa.umi/

Cuaca yang dingin memang menjadikan Bandung memiliki aneka pilihan menu makanan berkuah. Selain mie kocok dan seblak, ada juga lho sajian favorit lainnya yaitu cuanki. Sekilas cuanki memang mirip bakso Malang, namun dari sisi isian dan cita rasa tentu saja berbeda.

Seporsi cuanki umumnya dijual mulai dari Rp 17.000,00 saja. Isiannya terdiri dari bakso aci, siomay, bakso pangsit rebus, pangsit goreng, dan bakso goreng. Tidak lupa ditambahkan mie kuning, seledri, dan taburan daun bawang. Rasa kuahnya yang bening namun tetap gurih membuat banyak orang menyukai makanan yang satu ini. 

Baca Juga: Wajib Coba, 5 Sushi Paling Enak dan Murah di Bandung

5. Karedok

13 Kuliner Enak di Bandung Ini Wajib Dicoba, Gak Nyesel!instagram.com/fileodimas/

Puas menikmati menu makanan berkuah di Bandung? Pengen mencicipi jenis makanan lain? Ya, kamu bisa nih cobain menu makanan khas Bandung yang sehat dan bergizi, yaitu karedok. Terdiri dari aneka sayuran, karedok bisa kamu pesan dengan tingkat kepedasan yang sesuai seleramu. 

6. Nasi tutug oncom

13 Kuliner Enak di Bandung Ini Wajib Dicoba, Gak Nyesel!instagram.com/evyidea_/

Nasi tutug oncom adalah nasi yang ditumbuk dan dicampur dengan oncom. Sementara untuk lauknya, nasi tutug umumnya disajikan dengan ayam goreng, tahu, tempe, dan lalapan. Satu porsi nasi tutug biasanya dibanderol dengan harga mulai dari Rp 15.000,00 saja. Disantap saat hangat, nasi tutug oncom dijamin bikin kamu ketagihan lho!

7. Bubur ayam

13 Kuliner Enak di Bandung Ini Wajib Dicoba, Gak Nyesel!instagram.com/halalkuliner.id/

Melancong ke Bandung tak akan lengkap rasanya kalau kamu tak mencicipi bubur ayam di pagi hari. Padahal, Bandung memang dikenal ramai dengan penjaja bubur ayam yang memiliki cita rasa otentik.

Bubur ayam Bandung memang sedikit berbeda dibanding bubur ayam yang lain. Minyak bumbu berwarna kuning adalah salah satu ciri yang paling kentara. Selain itu, penggunaan cakue hingga topping keju juga jadi pembeda bubur ayam Bandung dengan bubur ayam lainnya.

8. Nasi timbel

13 Kuliner Enak di Bandung Ini Wajib Dicoba, Gak Nyesel!instagram.com/winarheza/

Hampir mirip dengan nasi tutug oncom, nasi timbel juga merupakan menu khas kota Bandung. Nasi hangat berbumbu dibungkus daun pisang disajikan dengan daging, ikan goreng, tahu, tempe, sambal, dan lalapan. Menu ini nikmat disantap, terlebih setelah lelah berjalan-jalan atau berwisata belanja di kota Bandung.

Untuk menikmati rasa nasi timbel yang otentik, kamu bisa mengunjungi salah satu lokasi warung nasi timbel yang ada di Jalan Bawean Pav. 3, Sumur Bandung.

Nasi timbel saja dibanderol mulai harga Rp 4.000,00, sementara untuk lauk seperti tempe hingga gepuk daging mulai dari Rp 1.000,00.

9. Gepuk

13 Kuliner Enak di Bandung Ini Wajib Dicoba, Gak Nyesel!instagram.com/akudoyanmakan/

Pengin mencicipi makanan khas Bandung yang sederhana dan praktis? Pengin membawa oleh-oleh untuk keluarga di rumah? Yup, gepuk bisa jadi pilihan kamu lho! Makanan ini terbuat dari daging sapi dan dimasak dengan proses yang panjang, mulai dari dibumbui, diungkep, hingga digoreng.

Gepuk paling pas disajikan dengan nasi putih panas dan taburan bawang goreng. Duh, simple tapi rasanya nendang banget!

Baca Juga: Layak Dicoba, 5 Tempat Makan Steak yang Cozy dan Lezat di Bandung

10. Surabi

13 Kuliner Enak di Bandung Ini Wajib Dicoba, Gak Nyesel!instagram.com/kedaisurabiyounitmilk/

Puas dengan aneka makanan berat yang ada di Bandung, kamu bisa mulai berburu camilan nih. Salah satu yang jadi rekomendasi adalah surabi. Selain rasanya yang khas, surabi ini juga jajanan nge-hits lho. Warung-warung penjual surabi juga umumnya jadi lokasi tempat nongkrong anak muda Bandung.

Sekilas surabi memang terlihat seperti apem yang umum ditemukan di Jawa Tengah. Bedanya, surabi adalah jajanan tradisional yang kemudian dibuat menjadi kekinian dengan cara disajikan dalam berbagai topping.

Kamu bisa kok menjajal surabi manis dengan taburan keju dan cokelat, serta menjajal surabi asin dengan isian sosis dan telur misalnya.

11. Colenak

13 Kuliner Enak di Bandung Ini Wajib Dicoba, Gak Nyesel!instagram.com/fridajoincoffee/

Colenak yang kepanjangannya adalah "dicocol langsung enak" merupakan menu camilan wajib ketika kamu berkunjung ke Bandung.

Colenak terbuat dari tape singkong yang dibakar dan disajikan dengan gula merah cair dan parutan kelapa. Colenak ini sangat pas disantap saat cuaca dingin dan disajikan dengan teh atau kopi.

12. Bandros

13 Kuliner Enak di Bandung Ini Wajib Dicoba, Gak Nyesel!instagram.com/abdigarut/

Camilan tradisional lainnya yang bisa kamu temui di Bandung adalah bandros. Kue ini terbuat dari campuran tepung beras dan santan yang tentunya memiliki cita rasa gurih. Dibentuk atau dicetak mirip seperti kue pukis, bandros sebenarnya juga bisa kamu temukan di kota-kota lain di Jawa Tengah.

Seiring perkembangannya, bandros juga disajikan dalam aneka rasa dan varian. Kamu bisa menemukan bandros dengan rasa green tea, keju, cokelat, hingga red velvet. Duh, seru banget 'kan kalau bisa mencicipi bandros aneka rasa dan menyantapnya saat sore hari bersama keluarga?

13. Es goyobod

13 Kuliner Enak di Bandung Ini Wajib Dicoba, Gak Nyesel!instagram.com/sikokoembul/

Puas dengan aneka camilan dan makanan berat, saatnya kamu juga mendapatkan rekomendasi minuman khas Bandung. Ya, kali ini kamu harus tahu yang namanya es goyobod. Terdiri dari campuran es serut, potongan alpukat, roti tawar, kelapa, mutiara, dan susu kentak manis.

Es goyobod nikmat disantap setelah kamu seharian lelah berjalan-jalan di Bandung. Seporsi es goyobod dibanderol dengan harga Rp 15.000, 00 saja. Dijamin langsung segar dan semangat melanjutkan perjalanan deh setelah menyantap es yang satu ini.

Gimana, sudah cukup ngiler membayangkan enak dan serunya berwisata kuliner di kota Bandung? Yuk ah, kapan kamu akan melancong ke Bandung nih?

Baca Juga: 10 Wisata Bandung Paling Ramai saat Libur Akhir Tahun, Hindari Dulu!

Pagi Kusumardani Photo Verified Writer Pagi Kusumardani

When in doubt, pray it out!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya