Comscore Tracker

10 Kuliner Khas Tawangmangu Karanganyar yang Wajib Kamu Incip

Sesekali wajib melancong ke sana nih #LokalIDN

Nama Tawangmangu memang sudah populer di kalangan wisatawan. Hampir pasti wisatawan yang datang ke Solo akan menyempatkan diri untuk sejenak melipir ke Tawangmangu. Berjarak sekitar satu jam perjalanan dengan kendaraan dari pusat kota Solo, Tawangmangu memang layak untuk dikunjungi.

Hawa pegunungan sejuk dan aneka destinasi wisata di Tawangmangu memang sayang untuk dilewatkan. Selain itu, aneka kuliner andalan Tawangmangu juga layak kamu cobain satu per satu.

Nah apa saja sih kuliner lezat yang bisa kamu temui di Tawangmangu? Yuk simak dulu nih penjelasannya di bawah ini!

1. Cicipi lezatnya kuliner sate kelinci

10 Kuliner Khas Tawangmangu Karanganyar yang Wajib Kamu Incipinstagram.com/satelawu/

Tawangmangu terkenal dengan kuliner sate kelincinya. Umumnya, menu ini dijajakan di sepanjang jalan sekitaran objek wisata, Air Terjun Grojokan Sewu.

Seporsi sate kelinci terdiri dari 10 tusuk sate dilengkapi lontong dan sambal kacang. Memiliki cita rasa yang hampir mirip dengan sate ayam, daging sate kelinci sebenarnya sedikit lebih lembut dan gurih.

2. Sop buntut cocok disantap saat cuaca dingin

10 Kuliner Khas Tawangmangu Karanganyar yang Wajib Kamu Incipinstagram.com/mpok.kuliner/

Lantaran berada di kawasan dataran tinggi, Tawangmangu memiliki cuaca yang dingin dan sejuk. Selain itu, kawasan Tawangmangu juga masih banyak terdapat area perkebunan dan persawahan dengan pohon-pohon besar. Itulah mengapa sangat cocok jika menyantap makanan yang hangat saat di Tawangmangu.

Nah salah satu kuliner yang wajib kamu cicipi adalah sop buntut. Di Tawangmangu, kamu dapat menemukan kuliner Sop Buntut Bu Ugi yang sangat terkenal karena kelezatannya. Daging iga yang lembut berpadu dengan kuah sop yang hangat dan gurih dijamin bikin kamu ketagihan deh!

3. Cobain kuliner ekstrem, sate landak

10 Kuliner Khas Tawangmangu Karanganyar yang Wajib Kamu Incipinstagram.com/bikepacker.kuliner/

Kuliner yang satu ini memang terbilang ekstrem. Mungkin kamu pun akan merasa takut dan enggan untuk mencicipinya. Tapi, tahukah kamu bahwa sate landak ternyata memiliki cita rasa yang unik?

Daging landak yang kenyal dan gurih nikmat disantap dengan lontong dan sambal kacang. Konon, sate landak ini memiliki khasiat untuk mengobati penyakit asma lho!

4. Tawangmangu juga terkenal dengan pentol kuahnya

10 Kuliner Khas Tawangmangu Karanganyar yang Wajib Kamu Incipinstagram.com/karanganyarmaknyus/

Pentol kuah sebenarnya adalah kuliner yang mirip dengan bakso. Terdiri dari kuah kaldu berisi pentol daging atau bakso, tahu, pangsit goreng, tetelan, sawi hijau, dan irisan daun bawang serta taburan bawang goreng.

Pentol umumnya dijajakan di pinggir-pinggir jalan sekitaran Tawangmangu. 

5. Pengen ngemil? Jagung bakar saja

10 Kuliner Khas Tawangmangu Karanganyar yang Wajib Kamu Incipinstagram.com/dapurkeke12/

Jajanan jagung bakar memang mudah ditemui, tapi bakalan beda deh kalau makan jagung bakar di Tawangmangu. Lantaran kawasan Tawangmangu yang dingin, menyantap jagung bakar di sana akan terasa lebih nikmat. Selain itu, jagung bakar di Tawangmangu juga disajikan dengan cara diserut.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata di Tawangmangu, Bisa Dikunjungi dalam Sehari

6. Camilan paling populer adalah molen

10 Kuliner Khas Tawangmangu Karanganyar yang Wajib Kamu Incipinstagram.com/nana.anugrah/

Suasana yang dingin di Tawangmangu sudah pasti bikin kamu pengen ngemil terus. Nah camilan yang pas saat cuaca dingin adalah gorengan. Di Tawangmangu, kamu bisa menemukan penjaja gorengan hampir di sepanjang jalan dan di sekitaran pasar Tawangmangu. 

Seperti pada penjaja gorengan umumnya, aneka gorengan tersedia seperti tempe dan pisang. Namun, di Tawangmangu kamu dapat menemukan jenis gorengan yang cukup unik yaitu molen.

 Ada dua jenis molen yang umumnya tersedia, yaitu molen isi pisang dan molen isi ubi. Khusus untuk molen, akan disajikan dengan taburan gula halus yang pastinya nikmat disantap.

7. Bosan makan pisang yang biasa? Cobain pisang owol aja

10 Kuliner Khas Tawangmangu Karanganyar yang Wajib Kamu Incipinstagram.com/harumangkringan/

Makan buah pisang rasanya sudah sangat biasa ya. Di Tawangmangu pun kamu dapat menemukan banyak penjaja buah pisang segar, apalagi di kawasan sekitar pasar Tawangmangu. Nah kalau kamu ingin menjajal sensasi kuliner pisang yang berbeda, cobain aja makan pisang owol. 

Yup, pisang owol adalah hidangan pisang goreng tanpa tepung yang sudah diolesi mentega. Pisang goreng ini disajikan dengan cara dipotong-potong kemudian ditaburi cokelat bubuk dan keju parut.

8. Dingin-dingin enaknya makan mendoan

10 Kuliner Khas Tawangmangu Karanganyar yang Wajib Kamu Incipinstagram.com/inigresik/

Mendoan adalah camilan yang jadi primadona bagi para pengunjung kawasan Tawangmangu. Pasalnya, mendoan atau lazim disebut tempe kemul ini memang memiliki cita rasa yang gurih dan renyah. Yup, berbeda dengan mendoan khas Purwokerto yang bertekstur lembek, kulit mendoan Tawangmangu dibuat tebal tapi tetap renyah.

9. Timus camilan khas Tawangmangu

10 Kuliner Khas Tawangmangu Karanganyar yang Wajib Kamu Incipinstagram.com/rjc_frozenfood/

Makanan yang satu ini cocok dijadikan oleh-oleh jika kamu berkunjung ke kawasan Tawangmangu. Timus adalah camilan berbahan dasar ubi yang memiliki rasa manis. Timus juga bisa diberi isian seperti aloe vera, buah bligo, hingga kacang hijau.

Setelah puas berwisata di Tawangmangu, jangan lupa ya bawa oleh-oleh ini untuk teman atau keluarga di rumah.

10. Nikmati hangatnya teh khas Tawangmangu

10 Kuliner Khas Tawangmangu Karanganyar yang Wajib Kamu Incipinstagram.com/angelinaanggun/

Saat berkunjung ke Tawangmangu, kamu akan disuguhi pemandangan perkebunan teh yang tampak subur dan hijau. Sebagai salah satu daerah penghasil teh, pantas saja di kawasan ini banyak terdapat restoran-restoran teh yang jadi tujuan wisatawan.

Salah satu yang terkenal adalah Ndoro Dongker. Di tempat ini kamu dapat mencicipi aneka jenis teh yang memiliki rasa otentik. Cocok banget deh ngeteh bareng teman dan keluarga ramai-ramai di sini.

Nah gimana? Makin tertarik segera melancong ke Tawangmangu 'kan? Catat daftar kuliner di atas ya. Jangan sampai kelewatan!

Baca Juga: 7 Kuliner Daging ala Eks Karesidenan Surakarta yang Menggiurkan Lidah

Pagi Kusumardani Photo Verified Writer Pagi Kusumardani

When in doubt, pray it out!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya