Comscore Tracker

8 Makanan Sehat untuk Wajah yang Lebih Tirus

Bisa dicoba demi pipi anti tembem

Seiring dengan bertambahnya berat badan, beberapa bagian tubuh ikut berpengaruh menjadi lebih lebar. Contoh yang berdampak adalah pipi yang menjadi lebih tembem karena peningkatan berat badan.

Kalau kamu ingin lebih sehat, lemak ikutan luntur, dan bonusnya pipi kamu lebih tirus, coba konsumsi delapan makanan di bawah ini. Mulai dari beraneka sayuran hingga oatmeal, boleh dicoba untuk mulai kamu konsumsi.

1. Oatmeal

8 Makanan Sehat untuk Wajah yang Lebih Tirusunsplash.com/Ella Olsson

Siapa sangka makanan ini bisa membantu untuk mengatasi pipi chubby-mu? Yup, oatmeal yang lazim dijadikan menu santapan di pagi hari ini memang kaya akan kandungan biji-bijian dan serat. Oatmeal juga merupakan menu andalan untuk berbagai macam jenis diet. Itulah mengapa oatmeal bisa jadi salah satu pilihan makanan yang mampu menghalau pipi tembem dan lemak berlebih di wajah.

Namun, jangan lupa untuk memilh oatmeal yang rendah gula dan mengandung gandum alami. Selain itu, padukan oatmeal dengan aneka buah segar yang pastinya ampuh membuat tubuhmu lebih sehat.

2. Sayuran

8 Makanan Sehat untuk Wajah yang Lebih Tirusunsplash.com/Peter Bravo de los Rios

Sudah bukan rahasia lagi jika sayuran memang salah satu yang terbaik di antara semua jenis makanan. Mengonsumsi sayuran adalah hal yang wajib dan setidaknya ada di setiap menu makanmu. Kembang kol, brokoli dan kubis adalah beberapa sayuran yang memiliki kandungan vitamin dan mineral tinggi.

Kandungan tersebut bisa membantumu untuk mengurangi lemak di wajah dan secara otomatis membuat pipimu lebih tirus.

3. Alpukat

8 Makanan Sehat untuk Wajah yang Lebih Tirusunsplash.com/Thought Catalog

Beberapa orang mungkin akan khawatir ketika mengonsumsi buah alpukat. Pasalnya, alpukat dipercaya memiliki kandungan lemak yang tinggi sehingga bisa membuat badan bertambah gemuk. Tapi jangan salah! Ternyata buah ini justru memiliki kandungan yang ampuh untuk menghilangkan lemak, terutama lemak di pipi.

Serat dan lemak tak jenuh yang ada dalam buah alpukat justru sangat baik bagi tubuh. Jadi, tidak usah ragu untuk mengonsumsinya setiap hari secara rutin, asalkan jangan ditambahkan gula yang berlebih.

4. Telur

8 Makanan Sehat untuk Wajah yang Lebih Tirusunsplash.com/Sarah Boudreau

Telur memang kaya akan protein dan beberapa zat yang sangat baik untuk tubuh. Siapa sangka juga, ternyata makanan yang berasal dari unggas ini bisa membantu mengurangi lemak di pipi.

Selain protein, zat-zat yang terkandung dalam telur seperti vitamin (B12, B6, A, D, E, K) kolin, asam folat, lutein, zat besi, kalsium, zinc, dan asam lemak omega-3 dijamin akan menjadi andalanmu untuk membuat pipimu lebih tampak tirus. Kamu bisa mengolahnya dengan cara direbus ataupun digoreng dengan minyak zaitun.

Baca Juga: 10 Ide Pose Depan Kamera Supaya Tampak Lebih Tirus

5. Yogurt

8 Makanan Sehat untuk Wajah yang Lebih Tirusunsplash.com/Andrijana Bozic

Makanan yang satu ini memang banyak direkomendasikan dalam menjaga kesehatan dan kecantikan wanita. Ternyata, yogurt pun juga bisa menjadi penyelamat untuk kamu yang punya pipi tembem.

Tapi, sebaiknya kamu berhati-hati dalam memilih yogurt karena tidak semua jenis yogurt bisa mengurangi lemak di pipi. Alih-alih ingin tirus, malah jadi tambah tembem apabila kamu memilih jenis yogurt yang tinggi kandungan gula.

6. Cabai

8 Makanan Sehat untuk Wajah yang Lebih Tirusunsplash.com/Jonathan Niederhoffer

Menurut penelitian sebuah universitas di Los Angeles, rasa pedas dan panas di dalam cabai diyakini ampuh membakar kelebihan kalori dan lemak dalam tubuh. Cabai memiliki bahan aktif yaitu capsaicin yang ternyata berkontribusi pada penurunan berat badan bagi responden penelitian yang sedang melakukan diet.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan pula bahwa cabai akan semakin ampuh membakar lemak ketika dicampurkan dengan rempah-rempah dalam masakan. Nah, bisa dicoba nih konsumsi cabai untuk menghalau lemak di pipimu.

7. Kacang-kacangan

8 Makanan Sehat untuk Wajah yang Lebih Tirusunsplash.com/Sonja Langford

Kacang-kacangan menjadi salah satu makanan yang masuk dalam menu diet. Selain memiliki kalori yang tinggi, beberapa kacang-kacangan memiliki kandungan lemak yang aman bagi tubuh.

Hal ini membuat kamu merasa kenyang lebih lama ketika mengonsumsinya. Kandungan seratnya yang tinggi dalam kacang-kacangan juga ampuh memperlancar pencernaan dan dapat menghalau racun yang masuk ke tubuh.

8. Ayam kampung

8 Makanan Sehat untuk Wajah yang Lebih Tirusunsplash.com/Micheile Henderson

Mengonsumsi ayam jenis kampung memang sangat disarankan mengingat ayam potong pada umumnya mengandung banyak zat-zat kimia dalam proses pertumbuhannya. Daging ayam kampung kaya akan protein dan rendah lemak sehingga bisa membantu menghilangkan lemak di wajah.

Selama kamu memasaknya dengan cara yang benar dan minim bumbu-bumbu penyedap buatan pabrik, daging ayam ini sangat baik untuk dikonsumsi dan menghilangkan lemak di wajah.

Itulah beberapa makanan yang direkomendasikan untuk menghalau lemak di wajah dan membuat pipi tembem tampak lebih tirus. Kira-kira kamu akan mulai rutin mengonsumsi yang mana nih?

Baca Juga: Hindari Junk Food, Ini 7 Makanan Sehat yang Sebaiknya Kamu Konsumsi

Pagi Kusumardani Photo Verified Writer Pagi Kusumardani

When in doubt, pray it out!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya