Comscore Tracker

6 Buah yang Banyak Mengandung Serat, Bagus untuk Pencernaan

Ayo penuhi kebutuhan serat harianmu

Kamu tentu tahu bahwa mengonsumsi buah-buahan itu sangat baik untuk kesehatan. Salah satu alasan utamanya karena buah mengandung banyak vitamin, mineral, dan antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh. Jika kita kekurangan vitamin dan mineral tersebut, tubuh kita akan kurang sehat dan bisa rentan terkena penyakit.

Namun, jangan lupakan salah satu kandungan lain buah-buahan yang gak kalah penting: serat. Makan makanan berserat akan membuat pencernaan kita sehat dan buang air besar pun lancar. Lalu, buah apa saja yang sangat bagus dikonsumsi karena banyak mengandung serat? Ini dia enam di antaranya.

1. Alpukat 

6 Buah yang Banyak Mengandung Serat, Bagus untuk Pencernaanphilmaffetone.com

Alpukat jadi salah satu buah terbaik untuk dikonsumsi demi memenuhi kebutuhan serat harian kita. Laman Medical News Today menyebut bahwa ada kandungan 6,7 gram serat dalam setiap 100 gram alpukat. Sebagai informasi, kebutuhan serat harian kita adalah 25--30 gram per hari. Artinya, mengonsumsi 100 gram alpukat sudah memenuhi 22--27 persen kebutuhan serat kita.

Selain itu, tentu alpukat punya kandungan zat-zat lain yang berguna bagi kesehatan. Vitamin dan mineral sudah pasti, tapi ada pula kandungan lemak baik yang bisa menyehatkan jantung. Alpukat juga mengandung sangat sedikit gula sehingga bisa dikonsumsi dalam jumlah cukup banyak tanpa rasa khawatir.

2. Jambu biji 

6 Buah yang Banyak Mengandung Serat, Bagus untuk Pencernaanhealthline.com

Jambu biji juga adalah buah yang mengandung serat tinggi. Seperti alpukat, buah ini pun gampang didapat di Indonesia. Dilansir Healthline, 100 gram jambu biji mengandung 5 gram serat alias sekitar 20 persen kebutuhan harian kita.

Jangan lupakan pula kandungan lain jambu biji yang berguna untuk kesehatan kita, seperti natrium, vitamin C yang tinggi, bahkan protein. Buah ini juga mengandung sedikit kalori sehingga bisa membantu kita menurunkan berat badan.

3. Pir 

6 Buah yang Banyak Mengandung Serat, Bagus untuk Pencernaansandiegouniontribune.com

Sementara, buah pir mengandung 3,1 gram serat per 100 gram alias sekitar 10--12 persen kebutuhan harian kita. Mengonsumsi pir juga baik karena buah ini mengandung banyak air dan hanya sedikit kalori. Kandungan vitamin C, vitamin K, dan antioksidan juga sangat bermanfaat bagi tubuh.

Baca Juga: Resep Piza Buah yang Manis dan Segar, Ide Kreasi Dessert Unik

4. Pisang 

6 Buah yang Banyak Mengandung Serat, Bagus untuk Pencernaanemedihealth.com

Buah yang satu ini juga sangat banyak terdapat di Indonesia. Makanya, pasti mudah bagimu untuk mendapatkannya. Per 100 gram pisang ada kandungan 2,6 gram serat. Sementara, dalam satu buah pisang yang berukuran sedang rata-rata kita bisa mendapat 3,1 gram serat.

Pisang juga terkenal memiliki kandungan kalium yang cukup banyak. Kalium sendiri adalah mineral yang berfungsi untuk menyehatkan jantung, ginjal, dan menormalkan tekanan darah. Selain itu, pisang juga mengandung banyak mineral lain, seperti magnesium, fosfor, dan selenium yang semuanya bermanfaat untuk kesehatan.

5. Belimbing 

6 Buah yang Banyak Mengandung Serat, Bagus untuk Pencernaangardeningknowhow.com

Belimbing bukan hanya buah yang berpenampilan cantik, tapi juga mengandung banyak manfaat untuk tubuh kita. Buah yang memiliki rasa asam-manis ini terutama terkenal dengan kandungan vitamin C yang kaya. Satu buah belimbing berukuran sedang juga mengandung 2,8 gram serat atau sekitar 10 persen kebutuhan harian kita.

Namun, laman Healthline juga mengingatkan bahwa belimbing bisa menimbulkan efek samping karena kandungan oksalatnya yang cukup tinggi. Makanya, mengonsumsi buah ini gak dianjurkan bagi orang yang memiliki masalah ginjal. Namun, secara umum, belimbing tetap merupakan buah yang sehat dikonsumsi karena banyak manfaatnya.

6. Kiwi 

6 Buah yang Banyak Mengandung Serat, Bagus untuk Pencernaanfruitrunner.co.uk

Terakhir, ada buah kiwi, buah yang unik karena kulitnya yang berbulu halus. Buah ini terutama dikenal sebagai sumber vitamin C, vitamin K, dan vitamin E yang baik. Selain itu, kiwi juga bisa jadi sumber serat yang baik karena mengandung 3 gram serat di setiap 100 gram porsinya atau sekitar 10 persen kebutuhan serat harian.

Tentu, setiap jenis buah pasti memiliki kandungan serat yang baik. Namun, keenam buah di atas bisa jadi pilihan utama karena mengandung serat di atas rata-rata. Jangan lupa, serat terutama bisa kamu nikmati kalau kamu makan buahnya langsung. Jadi, sebisa mungkin jangan mengonsumsinya dalam bentuk jus, tapi makanlah dalam bentuk buah utuh.

Baca Juga: 5 Sajian Nikmat dari Buah Kelengkeng yang Segar dan Kaya Manfaat!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya