Comscore Tracker

5 Kreasi Bakso ala Thailand, Salah Satunya Favorit Lisa BLACKPINK! 

Yuk, kreasikan baksomu jadi hidangan yang berbeda

Sama seperti Indonesia, Thailand juga memiliki kreasi sajian unik dalam pengolahan bakso. Beberapa disajikan dalam mangkuk dengan saus pekat, sementara yang lain ditusuk seperti layaknya bakso bakar.

Berikut lima inspirasi kreasi olahan bakso ala Thailand yang bisa kamu coba buat di rumah. Salah satunya adalah makanan favorit Lisa BLACKPINK, lho.

1. Crispy Thai laab meatballs

5 Kreasi Bakso ala Thailand, Salah Satunya Favorit Lisa BLACKPINK! ilustrasi Crispy Thai laab meatballs (youtube.com/Marion's Kitchen)

Crispy Thai laab meatballs adalah hidangan bakso goreng dengan tekstur renyah yang disajikan dengan cocolan sambal khas Thailand. Tanpa dicocol dengan saus, kamu sudah bisa merasakan sensasi pedas dari bakso yang disertai rempah-rempah khas Thailand ini.

Rahasia renyah dari bakso ini ternyata karena penggunaan beras ketan yang disangrai sampai berwarna cokelat. Setelah itu, ditumbuk hingga halus dan dimasukkan ke dalam adonan bakso dan sausnya. Sangat unik, bukan?

2. Bakso kari khas Thailand 

5 Kreasi Bakso ala Thailand, Salah Satunya Favorit Lisa BLACKPINK! ilustrasi bakso kari (pexels.com/ZI’s Food&NatureArt)

Kamu bisa membuat kreasi bakso dengan menggunakan bumbu pasta kari instan khas Thailand. Hal ini tentu akan memudahkan proses memasak sehingga pembuatannya lebih mudah dan cepat.

Adonan bakso bisa dibuat menggunakan ayam cincang bagian paha, telur, soy sauce, pasta jahe, dan tepung roti. Penambahan tepung roti tersebut akan membuat bakso yang lebih kenyal, juicy, dan tidak kering sehingga sangat cocok disajikan dengan kuah kari Thailand.

Baca Juga: 5 Tips Membuat Kuah Bakso yang Enak dan Gurih, Kaldunya Mantap! 

3. Bakso buriram saus cabai

5 Kreasi Bakso ala Thailand, Salah Satunya Favorit Lisa BLACKPINK! ilustrasi bakso buriram (youtube.com/Thun Thun Channel)

Bakso buriram saus cabai merupakan makanan favorit salah satu anggota grup asal Korea Selatan, Lisa BLACKPINK. Hidangan yang bernama bakso buriram ini sangat mudah ditemukan di jalanan Thailand.

Saus cabai yang melapisi bakso memiliki rasa dari perpaduan pedas, manis, dan asin yang kuat. Rasa yang kuat tersebut ternyata diciptakan dari tamarind liquid atau cairan asam yang biasa digunakan dalam hidangan Thailand.

4. Sticky Thai chicken meatballs

5 Kreasi Bakso ala Thailand, Salah Satunya Favorit Lisa BLACKPINK! ilustrasi bakso ayam saus kacang kental (youtube.com/Recipe Magik)

Hidangan ini menyajikan bakso ayam cincang yang dipanggang dan dilapisi dengan saus kacang yang pekat. Adonan baksonya dibuat dari tepung roti, ayam cincang, telur, soy sauce, pasta kari hijau Thailand, pasta jahe, pasta bawang putih, garam, dan tepung kanji.

Sementara itu, sausnya terbuat dari soy sauce, saus cabai manis Thailand, sriracha, saus ikan, cuka beras, madu, selai kacang, dan santan. Apakah kamu pernah mencoba olahan bakso satu ini?

5. Tumis bakso daging ala Thailand 

5 Kreasi Bakso ala Thailand, Salah Satunya Favorit Lisa BLACKPINK! ilustrasi bakso tumis (youtube.com/Natticha Anderson)

Sekilas hidangan ini memiliki tampilan yang mirip dengan capcai khas Indonesia. Namun, sticky Thai chicken meatballs memiliki perbedaan bumbu sehingga rasanya lebih unik.

Hidangan ini dibumbui dengan saus ikan dan kaldu ayam sehingga rasanya sedikit lebih berbeda dibanding versi Indonesia. Selain bakso, irisan bawang bombai, seledri, bawang putih, dan sejumlah cabai juga ditambahkan sebagai pelengkap sekaligus isian.

Lima kreasi bakso ala Thailand di atas bisa kamu jadikan ide memasak di rumah. Kamu bisa memilih salah satu dari poin di atas yang bahannya cocok dengan persediaanmu di kulkas. Selamat memasak!

Baca Juga: Resep Kari Massaman Khas Thailand, Gurihnya Nikmat Abis

Porcelain Photo Writer Porcelain

꒰ঌ ig: nndf_pr ໒꒱

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya