Comscore Tracker

5 Kreasi Ham dari Thailand, dari Jajanan hingga Lauk untuk Nasi 

Semuanya lezat dan wajib banget dicoba

Selain tom yam dan pad krapao, ada banyak kuliner Thailand yang lezat yang harus kamu coba. Kamu dapat mencicipi hidangan ini saat mengunjungi Thailand, mengunjungi restoran Thailand, atau membuatnya di rumah.

Bagi kamu yang menyukai irisan daging ham, kamu wajib mengetahui hidangan kreasi ham dari Thailand berikut ini yang dijamin akan kamu sukai. Mulai dari camilan hingga lauk untuk nasi, semuanya dijamin enak.

1. Roti bentuk ikan 

5 Kreasi Ham dari Thailand, dari Jajanan hingga Lauk untuk Nasi ilustrasi roti bentuk ikan (youtube.com/ลำล่ำล้ำ)

Saat berkunjung ke Thailand, kamu akan menemui jajanan-jajanan enak di sana. Salah satu jajanan yang tidak boleh kamu lewatkan adalah roti dengan bentuk ikan yang bisa kamu request isiannya.

Ada yang berisi selai manis hingga asin, jadi kamu bisa memilih sesuai dengan seleramu. Bagi kamu yang sedang ingin menyicipi camilan manis, kamu bisa memesan isian dengan selai buah. Untuk isian asin; ada varian keju, ham, sosis, hingga crab stick yang diberi tambahan mayones.

2. Tauge tumis dengan ham dan babi cincang 

5 Kreasi Ham dari Thailand, dari Jajanan hingga Lauk untuk Nasi ilustrasi tumis tauge dan ham (youtube.com/Ji-pa-ta จิปาถะ)

Untuk hidangan yang bisa kamu buat di rumah, kamu bisa membuat hidangan tumisan sederhana yang dimasak dan dibumbui ala Thailand. Umumnya, mereka mengandalkan kecap asin sebagai bumbu dari segala jenis tumisan.

Kamu bisa mengumpulkan bahan-bahan seperti taoge, daun bawang, cabai tumbuk, bawang putih tumbuk, osengan daging babi cincang, dan ham. Hidangan ini dibumbui dengan kecap asin, saus tiram, gula, dan minyak sayur untuk menumis.

Baca Juga: 10 Street Food Thailand yang Bisa Jadi Referensi Camilanmu, Endeus!

3. Pancake ham 

5 Kreasi Ham dari Thailand, dari Jajanan hingga Lauk untuk Nasi ilustrasi pancake ham (youtube.com/YUMMY FC)

Selain dua hidangan di atas, ada juga street food lainnya yang menyajikan ham dengan adonan pancake. Jajanan Thailand yang satu ini juga dilengkapi dengan berbagai topping seperti sosis, ham, hingga crab stick.

Adonan pancake yang plain dimasak hingga matang dan diberi olesan pasta cabai dengan beberapa potongan sosis dan ham. Setelah itu, adonan pancake dilipat dan dihidangkan selagi panas.

4. Tumis bihun dan ham ala Thailand 

5 Kreasi Ham dari Thailand, dari Jajanan hingga Lauk untuk Nasi ilustrasi tumis ham bihun (youtube.com/totikky tikky)

Kamu juga bisa membuat tumisan ala Thailand yang memadukan ham, bihun dengan menambahkan bahan-bahan lain yang yang tersedia di kulkasmu saat ini. Selain itu, kamu juga perlu irisan tomat, irisan bawang bombai, dan cincangan bawang putih. Hidangan ini dibumbui dengan saus tiram, kecap asin, bubuk kaldu, dan gula. Rasanya dijamin tidak bisa kamu tolak!

5. Sandwich sosis ham 

5 Kreasi Ham dari Thailand, dari Jajanan hingga Lauk untuk Nasi ilustrasi roti isi ham (youtube.com/Yummy Foodland)

Street food Thailand juga ada yang menjual roti isi dengan berbagai macam isian. Kamu bisa memesan isian dengan tuna, sayuran, crab stick, sosis, dam, atau kombinasi dari topping-topping tersebut.

Setiap roti diberi olesan mentega dengan tambahan mayones dan saos. Roti isi ini disajikan dengan tiga tingkat yang bisa kamu kombinasikan sendiri sesuai selera.

Kreasi ham di atas bisa banget kamu coba saat datang ke Thailand atau saat mengunjungi restorannya. Dari deretan hidangan di atas, mana nih yang menurutmu terlihat paling lezat?

 

 

Baca Juga: 5 Kreasi Kuliner Thailand Serba Daging Kambing, Lezat Banget

Porcelain Photo Verified Writer Porcelain

꒰ঌ ig: nndf_prcl ໒꒱

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya