Comscore Tracker

5 Kreasi Makanan Lezat dari Labu ala Thailand 

Ada hidangan gurihnya, lho

Jika kamu mendengar labu, pikiranmu pasti memikirkan kue lumpur, talam, atau manisan tradisional lainnya. Buah ini memang memiliki rasa manis alami sehingga mudah dikreasikan menjadi kudapan manis.

Bagi kamu ingin mengolah labu menjadi makanan lainnya, tidak ada salahnya menyebrang hingga ke negeri lain seperti Thailand. Negeri Gajah Putih itu juga memiliki kreasi lezat yang menggunakan labu, lho! Lihat kreasinya, yuk!

1. Sup labu ala Thailand 

5 Kreasi Makanan Lezat dari Labu ala Thailand ilustrasi sup labu Thailand (pixabay.com/-Rita-👩‍🍳 und 📷 mit ❤)

Hidangan ini lezat dinikmati kapan saja, terutama di hari yang dingin atau hujan. Meskipun terlihat seperti hidangan manis, namun hidangan ini rupanya memiliki rasa yang unik.

Bahan yang diperlukan meliputi labu, bawang merah, bawang putih, jahe, daun ketumbar, cabai, dan air kaldu. Labu dimasak bersama rempah hingga lembut dan dihaluskan kembali menggunakan blender tangan. Bagaimana, kamu tertarik untuk mencoba?

2. Kue labu kukus 

5 Kreasi Makanan Lezat dari Labu ala Thailand ilustrasi kue labu kukus (youtube.com/Thipsee's Kitchen-ครัวทิพซี่)

Baca Juga: Resep Bingka Labu Kuning, Camilan Lembut dengan Aroma Wangi

Kue labu kukus merupakan makanan penutup tradisional Thailand yang rasanya manis, harum, kenyal, dengan adonan yang lembut. Di atasnya diberi taburan kelapa parut yang renyah untuk menambah tekstur istimewa.

Kudapan manis ini memiliki mangkuk yang terbuat dari daun pandan sehingga wanginya lebih harum lagi. Meski terlihat sangat kuno, namun kue labu ini tetap digandrungi baik oleh anak-anak maupun orang dewasa.

3. Custard labu 

5 Kreasi Makanan Lezat dari Labu ala Thailand ilustrasi custard labu (youtube.com/RinS CookBook)

Custard labu biasanya menggunakan labu musim dingin yang biasa dikenal dengan kabocha. Kamu membutuhkan labu kabocha, krim kelapa, telur bebek, telur ayam, gula aren, garam, dan daun pandan untuk membuat hidangan ini.

Custard Thailand tidak membutuhkan air sama sekali. Campurkan bahan-bahan di atas hingga gula dan ekstrak pandannya larut. Kemudian tuang ke dalam labu yang sudah dibuang bijinya, kukus selama 45 menit, dan sajikan dengan memotongnya seperti buah utuh.

4. Labu santan manis 

5 Kreasi Makanan Lezat dari Labu ala Thailand ilustrasi labu santan manis (youtube.com/FoodTravelTVEnglish)

Makanan penutup ini disebut fak thong gang buad. Hidangan ini merupakan makanan penutup sederhana ala Thailand dengan rasa manis dan gurih. Gunakanlah labu tua untuk membuat hidangan lebih manis dan lezat.

Bahan yang digunakan adalah air, labu, daun pandan, santan, gula merah, gula putih, garam, dan limau merah. Dalam hidangan ini, kulit labu disisakan 10 persen untuk mempercantik warna hidangan agar tidak monoton. Terlihat cocok untuk takjil, ya?

5. Kari labu Thailand 

5 Kreasi Makanan Lezat dari Labu ala Thailand ilustrasi kari labu (youtube.com/Whisk Affair)

Baca Juga: 5 Resep Mudah Sup Labu ala Mancanegara, Gurih dan Lembut di Mulut!

Ada banyak jenis kari di Thailand antara lain kari hijau, kari merah, dan kari kuning. Tidak heran, terdapat kreasi labu dengan kari yang menyajikan labu sebagai pengganti daging. Untuk membuatnya, tumis cincangan bawang putih, bawang merah, dan jahe sampai harum.

Tambahkan pasta kari merah dan kaldu, masak hingga larut di api sedang. Masukkan juga paprika, pumpkin puree, labu, dan air. Masak hingga labu empuk, lalu beri santan, gula merah, dan saus tamarin. Masukkan juga kemangi, daun ketumbar, dan cabai di akhir.

Lima masakan Thailand menggunakan labu di atas bisa kamu jadikan kreasi menu hari ini. Ternyata, labu juga sering digunakan untuk membuat hidangan manis maupun gurih. Mana nih, yang menurutmu terbaik?

Porcelain Photo Verified Writer Porcelain

꒰ঌ ig: nndf_prcl ໒꒱

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ane Hukrisna

Berita Terkini Lainnya