Comscore Tracker

5 Macam Hidangan Thailand dengan Durian, Gurih Manis Legit! 

Pencinta durian harus coba ini 

Thailand memang memiliki banyak makanan lezat, mulai dari hidangan gurih hingga makanan penutup. Mereka selalu berhasil mengubah bahan makanan menjadi hidangan lezat yang tentunya populer di kalangan negara. Tidak terkecuali, hidangan Thailand dengan buah durian juga termasuk jajanan yang disukai warga lokal hingga turis.

Bagi kamu yang penasaran, berikut macam-macam hidangan Thailand yang menggunakan durian sebagai bahan utamanya.

1. Kuih tako ketan durian 

5 Macam Hidangan Thailand dengan Durian, Gurih Manis Legit! ilustrasi tako ketan durian (youtube.com/Na Cham Kitchen)

Hidangan yang satu ini merupakan camilan manis khas Thailand yang menyajikan ketan dengan vla manis durian. Kedua lapisan tersebut disajikan dengan daun pisang yang dibentuk menjadi mangkuk.

Nasi ketan yang berada di lapisan bawah rasanya akan ikut berubah menjadi manis karena lapisan atasnya yang merupakan percampuran durian dan santan. Kamu perlu menggunakan sendok yang dicelupkan ke santan untuk menata ketan masuk ke dalam cetakan.

2. Durian shake ala Thailand 

5 Macam Hidangan Thailand dengan Durian, Gurih Manis Legit! ilustrasi durian shake ala Thailand (youtube.com/Travel Eat Sleep Repeat)

Kreasi durian Thailand berikutnya dinamai dengan durian shake atau durian kocok. Untuk membuatnya, daging durian dimasukkan ke dalam blender dengan tambahan es, krimer, dan kental manis. Setelah itu, minuman tersebut kemudian ditaruh dalam gelas plastik dan langsung disajikan tanpa topping apapun.

Jajanan ini bisa dengan mudah ditemui di jalanan Thailand. Mereka juga biasanya menjual durian utuh yang dipotong.

Baca Juga: 5 Camilan Khas Thailand yang Sering Dihidangkan saat Pagi Hari, Lezat!

3. Kue durian ala Thailand 

5 Macam Hidangan Thailand dengan Durian, Gurih Manis Legit! ilustrasi kue durian Thailand (youtube.com/Mom Lia's Kitchen)

Mengkreasikan buah durian menjadi hidangan kue selalu menyajikan rasa yang gurih, manis, creamy, dan legit. Hidangan yang satu ini menyajikan sponge cake lembut yang diberi isi dan topping daging durian yang manis.

Sama halnya dengan whipped cream, durian yang sudah dihaluskan menggunakan mixer dimasukkan ke dalam piping bag agar mudah ditata. Kamu juga bisa menambahkan topping sesuai selera seperti dengan tambahan ceri dan daun pandan.

4. Kari hijau daging sapi durian 

5 Macam Hidangan Thailand dengan Durian, Gurih Manis Legit! ilustrasi kari hijau durian (youtube.com/Travel Thristy)

Hidangan gurih yang satu ini menyajikan kari hijau dengan isian durian, daging sapi, dan terung hijau. Kamu tentu saja bisa menggunakan pasta kari hijau instan untuk membuat hidangan ini.

Pastikan kamu memotong daging sapi dengan tipis agar teksturnya tidak alot. Jangan lupa untuk menggunakan palu daging agar dagingnya lebih empuk. Hidangan ini sangat lezat ketika kuahnya terserap pada daging sapi dan durian.

5. Durian sticky rice 

5 Macam Hidangan Thailand dengan Durian, Gurih Manis Legit! ilustrasi durian sticky rice (youtube.com/Pailin's Kitchen)

Kudapan ini merupakan versi duriannya dari mango sticky rice. Hidangan ini merupakan kuliner khas Thailand yang juga sudah terkenal luas. Dalam bahasa Thailand, hidangan ini dinamakan kao niew turien.

Hidangan ini merupakan salah satu kudapan manis yang terbilang sangat mudah dibuat. Kamu hanya perlu mempersiapkan ketan yang dimasak dengan daun pandan, sirup kelapa yang dituangkan ke atas ketan, dan sup durian yang dibuat dengan tambahan santan dan gula palem.

Itulah kreasi hidangan Thailand menggunakan durian yang empuk dan lembut. Daging buah tersebut ternyata bisa dikreasikan menjadi makanan penutup, minuman, hingga kari untuk menemani nasi. Mana nih yang berhasil bikin kamu ngiler?

 

 

Baca Juga: Resep Ketan Durian ala Thailand, Teksturnya Punel dan Legit Abis

Porcelain Photo Verified Writer Porcelain

꒰ঌ ig: nndf_prcl ໒꒱

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya