Comscore Tracker

5 Macam Menu Thailand dengan Bumbu Ketumbar, Sedap Banget!

Daun hingga akarnya bisa dipakai, lho

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan ketumbar. Di Thailand, ketumbar digunakan dengan memanfaatkan akarnya, daunnya, hingga bijinya secara maksimal. Rempah ini memang telah digunakan secara luas untuk menambah cita rasa masakan Asia karena bisa membuat makanan jadi kaya rasa.

Bagi kamu yang ingin mengolahnya juga, simak lima poin berikut tentang menu masakan Thailand yang menggunakan bumbu ketumbar. Hidangan-hidangan ini juga bisa kamu cicipi saat mengunjungi restoran Thailand atau berlibur di negara tersebut.

1. Tom yum gai pak paew 

5 Macam Menu Thailand dengan Bumbu Ketumbar, Sedap Banget!ilustrasi tom yum gai pak paew (youtube.com/FoodTravelTVEnglish)

Siapa yang tidak kenal dengan tom yam? Hidangan ini menyajikan sup dengan bumbu ketumbar yang pedas. Bahan yang digunakan bisa menggunakan seafood, daging babi, atau bahkan ayam.

Untuk membuatnya, kamu membutuhkan bahan seperti ayam, cabai kering, kecap ikan, perasan jeruk, serai, daun ketumbar, terasi, lengkuas, bawang merah, bawang putih, dan bubuk kunyit. Kamu juga bisa menggunakan bubuk tom yam instan agar proses memasak lebih mudah.

2. Kue ikan thailand saus ketumbar

5 Macam Menu Thailand dengan Bumbu Ketumbar, Sedap Banget!ilustrasi kue ikan Thailand (youtube.com/atelierdeschefsuk)

Hidangan ini menyajikan adonan ikan yang dibaluti tepung terigu dan digoreng, kemudian disajikan dengan saus cabai, ketumbar, dan perasan jeruk nipis. Adonan kue ikan dibuat dengan daging ikan filet, bawang merah, daun jeruk, bawang putih, cabai merah, dan daun ketumbar.

Bahan-bahan tersebut dihaluskan menggunakan food processor. Kemudian dibentuk bulat dan dibaluri dengan tepung. Sementara sausnya dibuat dengan air, gula, cabai, perasan jeruk, dan ketumbar. Hmm, wanginya dijamin aromatik banget!

Baca Juga: Cilantro atau Daun Ketumbar, Bumbu Dapur di Masakan Thailand

3. Sayur bumbu ketumbar 

5 Macam Menu Thailand dengan Bumbu Ketumbar, Sedap Banget!ilustrasi sayur bumbu ketumbar (youtube.com/Jenita Chugh)

Hidangan rumahan ini menyajikan campuran sayuran yang dibumbui dengan ketumbar. Di Thailand, hidangan ini sering dimakan dengan nasi atau roti. Sayuran yang digunakan bisa berupa paprika, pakcoy, bayam, wortel, kubis, dan lain-lain.

Detail hidangan ini dibumbui dengan garam, cabai, jahe, pasta bawang putih, merica bubuk, cuka, dan madu. Tepung jagung juga ditambahkan untuk mengentalkan sehingga hidangan jauh lebih flavorful dan lezat.

4. Babi goreng bumbu bawang putih ketumbar 

5 Macam Menu Thailand dengan Bumbu Ketumbar, Sedap Banget!ilustrasi babi goreng bumbu bawang putih ketumbar (youtube.com/ThaiChef Food)

Ketumbar juga bisa digunakan dalam mengkreasikan daging babi. Hidangan ini sering dijumpai di jalanan sebagai jajanan di malam hari. Spesialnya, hidangan ini menyajikan daging babi yang luar biasa lembut dan berempah meski digoreng dengan cara deep fried.

Rahasia bumbu aromatik dan kelembutan dagingnya terletak pada proses marinasi menggunakan bawang putih, ketumbar, kecap asin, kecap ikan, saus tiram, gula, baking soda, minyak sayur, dan susu evaporasi. Hmm, enyah di luar lembut di dalam!

5. Ayam ketumbar thailand

5 Macam Menu Thailand dengan Bumbu Ketumbar, Sedap Banget!ilustrasi ayam ketumbar Thailand (youtube.com/ABC Indonesia)

Hidangan ini menyajikan ayam yang diolah dengan ketumbar seperti pad krapao. Proses memasaknya hanya memakan waktu sekitar 20 menit. Bahan yang dibutuhkan adalah daging ayam cincang, bunga bawang, daun ketumbar, cabai rawit, cabai merah, bawang putih, bawang merah, dan jahe.

Hidangan ini dibumbui dengan garam, lada, kecap ikan, perasan jeruk nipis, dan kecap manis. Sangat cocok disajikan dengan nasi putih dan telur mata sapi untuk membuatnya lebih istimewa.

Itulah rincian kreasi menu menggunakan bumbu ketumoar pada hidangan Thailand. Setelah menyimak penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa ketumbar sangat cocok dikreasikan untuk hidangan ikan, babi, ayam, hingga sayuran. Multifungsi, ya?

 

Baca Juga: 7 Makanan Halal Khas Thailand, Sensasi Rasanya Mirip Kuliner Indonesia

Porcelain Photo Verified Writer Porcelain

꒰ঌ ig: nndf_prcl ໒꒱

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya