Comscore Tracker

5 Serba-serbi Ikan ala Thailand, Dijamin Tidak Mudah Bosan 

Cara masaknya ada yang dikukus hingga digoreng

Tidak hanya orang Indonesia, orang Thailand juga suka menyantap hidangan olahan ikan yang dibumbui dengan berbagai macam rempah. Tentu saja, setiap hidangan rasanya sangat beragam karena tergantung bumbu yang digunakan.

Jika kamu sedang bosan dengan masakan lokal, kamu bisa membuat hidangan ikan ala Thailand untuk menu makan malammu hari ini. Rasanya dijamin masih sangat sesuai dengan selera Indonesia, lho. Yuk disimak!

1. Kari ikan thailand

5 Serba-serbi Ikan ala Thailand, Dijamin Tidak Mudah Bosan ilustrasi kari ikan Thailand (youtube.com/Nin is Cooking)

Thailand terkenal dengan berbagai jenis masakan karinya. Tidak heran, mereka sering mengolah bahan ikan menjadi kari dengan bumbu andalannya. Hidangan ini dapat dibuat dalam waktu singkat karena bisa dibuat menggunakan bumbu kari instan.

Hidangan ikan dengan bumbu kari ini memiliki rasa yang sangat kaya akan rempah dan pedas. Daging ikan filet yang lembut akan berpadu sempurna dengan kuah kari merah ala Thailand. Dijamin sangat menggugah selera bagi siapa pun yang menyantapnya.

2. Ikan thailand 3 rasa

5 Serba-serbi Ikan ala Thailand, Dijamin Tidak Mudah Bosan ilustrasi ikan tiga rasa (pixabay.com/Sharon Ang)

Hidangan ini menyajikan ikan yang dipotong dadu dan digoreng dengan saus kental. Sesuai dengan namanya, bumbu yang digunakan memiliki tiga rasa yaitu manis, asam, dan pedas.

Bumbu yang menjadi highlight adalah cabai, jeruk nipis, dan gula palem. Mereka juga menggunakan tamarin atau asam jawa untuk menambahkan rasa asam yang lebih menendang, sekaligus menambah rasa segar yang menggugah selera.

Baca Juga: 5 Olahan Ikan Lele ala Thailand, Tekstur Krispi hingga Lembut

3. Ikan thailand panggang dengan daun pisang

5 Serba-serbi Ikan ala Thailand, Dijamin Tidak Mudah Bosan ilustrasi ikan panggang thailand (youtube.com/Mark Wiens)

Hidangan ini menyajikan ikan yang dibungkus menggunakan daun pisang yang dipanggang di atas arang. Hidangan ini akan mudah kamu temukan di jalanan Thailand. Mereka menjualnya dengan lauk lain seperti cumi-cumi, udang, dan berbagai jenis ikan.

Di saat kamu merobek bungkus daun pisangnya, kamu akan mencium berbagai rempah yang melindungi daging ikannya yang lembut. Rempah-rempah yang digunakan di antaranya serai, aneka bawang, aneka cabai, kulit jeruk nipis, dan kunyit. Dijamin lezat nih!

4. Ikan krispi thailand dengan saus cabai bawang putih

5 Serba-serbi Ikan ala Thailand, Dijamin Tidak Mudah Bosan ilustrasi ikan krispi thailand (youtube.com/Eiliyah Kitchen)

Thailand juga mampu menyulap ikan menjadi masakan rumahan yang sederhana, namun rasanya tentu sangat lezat. Daging ikan akan disajikan dengan kulit yang renyah dengan saus pedas manis dengan banyak cabai dan bawang putih.

Untuk membuat daging ikan menyerap bumbunya secara sempurna, daging ikan perlu disayat agar bumbu marinasinya terserap dengan baik. Sausnya bisa dibuat dengan bawang putih, cabai merah, gula, pasta asam jawa, kecap ikan, dan minyak goreng.

5. Ikan kukus dengan bumbu jeruk nipis dan bawang putih 

5 Serba-serbi Ikan ala Thailand, Dijamin Tidak Mudah Bosan ilustrasi ikan kukus ala Thailand (pixabay.com/Arek Socha)

Hidangan ini juga sangat sederhana dan lezat. Ikan kukus dapat dengan mudah kamu temukan di restoran yang menyediakan masakan Thailand. Daging ikan dimasak dengan cara dikukus yang disiram kuah bumbu dari jeruk nipis, bawang putih, dan cabai.

Untuk membuat hidangan ini, kamu hanya perlu menyayat daging ikan yang sudah dicuci bersih, lalu masukkan serai yang sudah ditumbuk agar aromanya keluar. Kukus ikan hingga matang, siram kuah bumbu, dan ikan siap dihidangkan.

Jika kamu sedang bingung mengkreasikan ikan, kamu bisa banget mengolahnya menjadi berbagai hidangan di atas. Bahan-bahannya juga sangat mudah didapatkan di toko terdekat. Jadi, kamu mau coba yang mana nih?

 

 

Baca Juga: 5 Camilan Khas Thailand yang Sering Dihidangkan saat Pagi Hari, Lezat!

Porcelain Photo Verified Writer Porcelain

꒰ঌ ig: nndf_prcl ໒꒱

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya