4 Tips Bikin Nasi Kuning Ayam Suwir ala Devina Hermawan 

Tipsnya simpel banget, lho!

Nasi kuning ayam suwir merupakan hidangan yang kompleks. Padahal, kamu bisa membuat ini dengan mudah, lho. Meski mudah, hal ini tidak membuat kelezatan nasi kuning ayam suwir ini berkurang.

Tips ini merupakan inovasi dari Devina Hermawan yang cocok untukmu yang sedang mengurangi minyak. Kamu memerlukan rice cooker dan satu panci listrik saja. Yuk, simak tipsnya agar menghasilkan rasa dan aroma yang terbaik!

1. Buat nasi kuning dengan menggunakan rice cooker

4 Tips Bikin Nasi Kuning Ayam Suwir ala Devina Hermawan ilustrasi pembuatan nasi kuning (YouTube.com/Devina Hermawan)

Membuat nasi kuning dengan rice cooker adalah cara yang praktis tanpa banyak kerumitan. Untuk membuat ini, masukkan tumisan bumbu kuning ke dalam rice cooker. Bumbu kuning ini akan memberikan cita rasa khas dan aroma harum pada nasi kuning.

Tambahkan pula santan untuk memberikan kelembutan pada nasi. Bahan ini juga menciptakan paduan sempurna antara bumbu dan tekstur. Sebelum memulai proses memasak, penting untuk mengaduk bumbu kuning dengan merata.

Proses pengadukan ini akan memastikan bahwa warna kuning meresap dengan baik ke setiap butir nasi. Dengan begitu, setiap suapan nasi kuning akan memikat dengan kelezatan dan keharuman rempah yang khas. Penting untuk diingat bahwa setiap langkah dalam proses ini memiliki peran penting dalam menciptakan nasi kuning yang sempurna.

2. Tambahkan bahan aromatik

4 Tips Bikin Nasi Kuning Ayam Suwir ala Devina Hermawan ilustrasi pembuatan nasi kuning (YouTube.com/Devina Hermawan)

Menghadirkan kelezatan nasi kuning tidak hanya melibatkan bumbu kuning dan santan, tetapi juga melibatkan sejumlah bahan aromatik. Bahan-bahan ini yang akan memberikan sentuhan khas pada nasi kuning. Tambahkan serai, lengkuas, jahe, daun jeruk, daun salam, dan daun pandan untuk menciptakan lapisan cita rasa yang kompleks dan memikat.

Bahan-bahan ini akan memberikan harum. Langkah ini akan memberikan dimensi rasa yang lebih dalam. Saat menambahkan bahan aromatik, seperti serai, lengkuas, jahe, dan daun-daun harum, pastikan untuk menyusunnya di atas permukaan nasi tanpa mengaduk.

Hal ini dilakukan untuk menghindari risiko nasi yang ada di bagian tengah tidak matang akibat menyelip di antara bahan-bahan aromatik. Garam, kaldu jamur, dan merica juga dapat dimasukkan untuk memberikan keseimbangan rasa yang sempurna. Susun bahan aromatik di atas nasi tanpa diaduk agar setiap butir nasi matang merata.

Baca Juga: Resep Nasi Bakar Ayam Suwir, Rasanya Nampol!

3. Untuk membuat ayam suwir, potong dada ayam menjadi tiga bagian

4 Tips Bikin Nasi Kuning Ayam Suwir ala Devina Hermawan ilustrasi pembuatan ayam suwir (YouTube.com/Devina Hermawan)

Agar proses memasak ayam suwir menjadi lebih efisien, awali dengan memotong dada ayam menjadi tiga bagian. Pemotongan ini akan membantu dada ayam untuk matang dengan lebih cepat. Hal ini agar bagian dalam daging matang sempurna, sementara bagian luar tetap lembut dan berbumbu.

Selain mendukung kecepatan masak, pemotongan dada ayam menjadi potongan akan memudahkan saat proses penyuwiran. Setiap potongan ayam yang telah dimasak dapat disuwir dengan lebih mudah. Setiap ayam suwir akan memberikan kelezatan dan keempukan daging yang optimal. Pastikan memotongnya searah dengan serat daging.

4. Masak ayam di bumbu kuning yang sama

4 Tips Bikin Nasi Kuning Ayam Suwir ala Devina Hermawan ilustrasi pembuatan ayam suwir (YouTube.com/Devina Hermawan)

Kamu bisa menggunakan setengah sisa dari bumbu kuning yang digunakan untuk membuat nasi kuning tadi. Masak potongan ayam ke dalam bumbu kuning sisa tersebut. Masak sebentar agar daging ayam dapat menyerap kelezatan bumbu kuning.

Setelah bumbu meresap, tambahkan air secukupnya ke dalam masakan. Penting untuk tidak menambahkan terlalu banyak air agar proses memasak dapat berlangsung lebih cepat. Pemberian air secukupnya bertujuan untuk menciptakan konsistensi kuah yang pas dan memberikan ruang bagi ayam untuk matang dengan baik.

Kamu kini siap menyajikan nasi kuning ayam suwir yang lezat dan menggoda. Tips ini adalah langkah-langkah kunci untuk mencapai hasil terbaik. Yuk, nikmati setiap suapan nasi kuning yang berpadu harmonis dengan ayam suwir!

Baca Juga: Resep Empal Suwir yang Cocok Dimakan Bareng Nasi Uduk atau Nasi Kuning

Porcelain Photo Verified Writer Porcelain

・ʚ gastronomi, every recipe has tips ɞ・

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topik:

  • Ken Ameera

Berita Terkini Lainnya