Comscore Tracker

7 Minuman Korea Terpopuler di Mancanegara, Kopi Dalgona Sulit Digeser

Keunikan rasa dan proses membuatnya menjadi nilai lebih

Jika kamu pecinta drama Korea atau penggemar musik K-Pop, mungkin kamu termasuk orang yang cukup familiar dengan minuman khas asal negeri ginseng tersebut. Berkat popularitas industri hiburannya, banyak kuliner Korea Selatan akhirnya juga menjadi sangat populer di dunia, termasuk minumannya.

Berikut enam jenis minuman Korea yang paling populer di kalangan masyarakat non Korea, baik minuman tradisional maupun kombinasi atau adaptasi dari negara lain. Yuk, simak!

1. Banana Milk

7 Minuman Korea Terpopuler di Mancanegara, Kopi Dalgona Sulit Digeserbanana milk (unsplash.com/Louis Hansel)

Seperti namanya, minuman ini adalah susu yang memiliki rasa pisang, seperti halnya susu rasa cokelat atau stroberi. Susu pisang muncul sejak sekitar 40 tahun yang lalu di Korea Selatan. Ketatnya peraturan perang membuat pisang menjadi buah yang cukup langka di sana pada saat itu.

Kemudian, kemunculan minuman dengan rasa pisang ini dinilai sangat menarik dan unik. Banyak yang menyukainya sehingga produksinya semakin meningkat, bahkan hingga saat ini. Beberapa artis Korea juga banyak yang merupakan penggemar berat susu pisang ini, seperti IU, Lee Kwang Soo, dan Jungkook BTS. 

2. Yuja-cha (Yuja tea)

7 Minuman Korea Terpopuler di Mancanegara, Kopi Dalgona Sulit Digesersecangkir teh panas (unsplash.com/Carlii Jeen)

Yuja cha tergolong sebagai infused water jeruk yang terbuat dari yuya, buah jeruk yang mirip lemon asli China yang dibawa ke Korea Selatan selama Dinasti Tang. Minuman ini paling banyak diminati saat musim dingin. 

Cara membuat yuja cha adalah dengan mencampurkan irisan buah segar dengan gula, lalu ditambahkan dengan air hangat. Minuman herbal ini harus dinikmati hangat dan sering diklaim sebagai obat kesehatan yang menenangkan.

3. Milkis

7 Minuman Korea Terpopuler di Mancanegara, Kopi Dalgona Sulit DigeserMilkis (unsplash.com/Samia Liamani)

Milkis adalah minuman bersoda yang diproduksi oleh perusahaan Lotte Chilsung. Perusahaan ini sudah mulai membuat Milkis sejak tahun 1989, dan pada saat itu menyebutnya sebagai soda susu dan yogurt. Minuman ini dibuat dengan air berkarbonasi, sirup jagung, gula, dan susu.

Kombinasi antara manis, asam, dan rasa menggigit dari soda menjadikan minuman ini sangat unik dan kaya rasa. Milkis dapat ditemukan dengan mudah di berbagai minimarket di Korea Selatan, bahkan minuman ini juga sudah diekspor ke beberapa negara lain.

Baca Juga: Suka Kopi? Cobalah 10 Minuman Kopi Paling Unik di Dunia

4. Soju

7 Minuman Korea Terpopuler di Mancanegara, Kopi Dalgona Sulit Digesersebotol soju (unsplash.com/Neil Gardose)

Minuman alkohol yang satu ini tentu banyak diminati oleh orang- orang Korea itu sendiri maupun dari negara lain. Salah satu item populer yang wajib ada di drama atau film Korea apa pun. Minuman bening yang biasanya rendah alkohol ini memiliki rasa yang lembut dan netral, sehingga cocok untuk dikonsumsi bersama hidangan apa pun.

Di Korea sendiri, soju biasanya dapat ditemukan dengan mudah di warung- warung tenda pinggir jalan, yang biasanya disajikan dengan makanan pendamping seperti ceker pedas. Soju adalah hasil penyulingan beras yang difermentasi, atau bisa juga dari gandum, jelai, ubi jalar, atau tapioka. 

5. Barley Tea (Boricha)

7 Minuman Korea Terpopuler di Mancanegara, Kopi Dalgona Sulit Digeserbiji barley (thinkbarley.com/types-of-barley)

Teh barley terbuat dari biji jelai (barley) yang dipanggang lalu diseduh dalam air hangat. Jelai merupakan salah satu makanan pokok di negara-negara Asia Timur, seperti Korea Selatan, Jepang, dan China, sehingga minuman teh barley pun sangat populer di tiga negara tersebut. 

Saat diseduh, teh barley akan berwarna cokelat muda dan memiliki rasa yang hangat, sedikit pahit, dan agak pedas. Dapat ditambahkan madu atau sedikit gula jika ingin rasa yang lebih manis. Kandungan antioksidan yang kaya dalam teh barley sangat bermanfaat untuk mencegah kerusakan sel-sel akibat terkena paparan radikal bebas. 

6. Makgeolli

7 Minuman Korea Terpopuler di Mancanegara, Kopi Dalgona Sulit Digesermalgeolli terlihat mirip susu (pexels.com/alexas)

Makgeolli adalah minuman beralkohol tradisional Korea Selatan tertua yang berasal dari abad ke-10. Hingga kini, makgeolli masih sering dikonsumsi, bahkan peminatnya semakin meningkat jumlahnya mengikuti perkembangan tren K-Drama dan K-Pop. Banyak turis yang penasaran ingin mencoba arak tradisional yang kini dapat ditemukan di banyak bar modern di Korea Selatan. 

Makgeolli terbuat dari beras yang difermentasi dengan nuruk, semacam ragi tradisional Korea. Proses fermentasi selama beberapa hari menghasilkan minuman bersoda ringan dengan tampilan mirip susu, dan memiliki rasa yang sedikit manis. 

7. Dalgona Coffee

7 Minuman Korea Terpopuler di Mancanegara, Kopi Dalgona Sulit Digeserkopi dalgona (unsplash.com/Tijana Drndarski)

Minuman yang hadir di masa pandemik COVID-19 ini tidak disangka menjadi sangat populer di seluruh dunia. Di media sosial banyak ditemukan orang-orang berlomba untuk membuat kopi dalgona. Cara membuatnya yang terbilang susah-susah gampang, menjadi keunikan tersendiri yang membuat banyak orang penasaran untuk mencobanya.

Bahan yang dibutuhkan adalah kopi instan, gula, dan air dengan masing-masing takaran yang sama, lalu diaduk atau dikocok hingga menghasilkan tekstur yang foamy dan warnanya seperti karamel. Setelah itu, letakkan krim dalgona ini di atas susu yang sudah dituang dalam gelas. 

Dengan bantuan internet dan media sosial, semakin memudahkan manusia untuk bisa mengenalkan kuliner khas dari negaranya, termasuk orang-orang Indonesia. Nah, dari ketujuh minuman di atas, mana yang paling sering kamu temui?

Baca Juga: 7 Perbedaan Kopi Robusta dan Arabica, Asal Muasal Beragam Minuman Kopi

Shera Suprapto Photo Verified Writer Shera Suprapto

Sharing useful, attractive and entertaining informations to you

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya