Comscore Tracker

Aneka Soto Khas Indonesia yang Wajib Banget Kamu Cobain

Nikmat banget sotonya *Mendadak laper*

Soto adalah salah satu makanan asli nusantara yang pasti bisa kamu temui dimana-mana. Di warung, restoran bahkan di rumah, kamu bisa menemui makanan soto.

Makanan ini paling nikmat jika disantap di pagi hari bersama teh hangat. Meskipun ada dimana-mana, namun di setiap tempat memiliki bentuk dan rasa soto yang sedikit berbeda dan khas. Yuk, kenalan sama beberapa soto ini

1. Soto Lamongan

Aneka Soto Khas Indonesia yang Wajib Banget Kamu Cobainpempeksetia.com

Soto khas Jawa Timur ini memiliki ciri khas yaitu menggunakan bubuk koya sehingga rasanya terasa gurih. Bubuk koya terbuat dari udang dengan sedikit bawang, atau bahkan kerupuk. Ayamnya menggunakan ayam kampung. Yummmy!

2. Soto Kudus

Buat yang lagi ke Kabupaten Kudus, mampir dulu deh di rumah makan yang menyediakan soto kudus. Pasalnya, soto kudus menggunakan daging ayam, sapi dan juga kerbau. Soto ini selalu disediakan di dalam mangkuk berukuran kecil. Lezat!

3. Soto Madura

Aneka Soto Khas Indonesia yang Wajib Banget Kamu Cobainwww.kuekeringlebaranku.com

Soto madura memiliki kuah yang berwarna coklat pekat. Soto ini memiliki rasa gurih yang disebabkan karena jeroan sapi di dalamnya. Iya. di dalam soto ini ada jeroan seperti babat, paru dan juga usus sapi. Bisa ditambahkan telur rebus, ayam atau tauge. Rasanya? Nikmat!

4. Soto Mie Bogor

Aneka Soto Khas Indonesia yang Wajib Banget Kamu Cobainen.wikipedia.org

Buat kamu yang bingung mau makan soto atau mi, mending cobain aja Soto mi khas bogor ini. Hihihi. Minya pakai mi kuning. Isi sotonya ada urat, babat, kaki sapi dna juga risoles! Iya, risoles yang jajan itu. Biasanya orang kalau makan soto ini tanpa pakai tambahan nasi. Sudah bikin kenyang!

5. Soto Banjar

Aneka Soto Khas Indonesia yang Wajib Banget Kamu Cobainotonomi.co.id

Makanan khas provinsi Kalimantan Selatan ini memiliki harum yang sangat menggugah selera. Harumnya soto banjar berasal dari rerempahan seperti kayu manis, biji pala, dan cengkeh. Isinya ayam yang disuir, lalu ada telur rebus dan yang jadi khasnya adalah tambahan perkedel. Mantap!

6. Coto Makassar

Soto asal Makassar ini punya rasa gurih yang cukup unik. Rasa gurih ini berasal dari isi dari soto atau coto makassar, yaitu jeroan atau isi dalam perut sapi. Yang suka jeroan pasti coto ini jadi idola kalian, deh. 

7. Soto Bandung

Ketika soto lainnya memiliki kuah dengan warna pekat, soto bandung justru memiliki kuah yang lumayan bening. Yang bikin soto ini khas adalah kehadiran lobak di dalamnya dan kedelai goreng. Secara keseluruhan isi soto ini adalah daging sapi, perkedel kentang atau singkong, tempe dan pelengkapnya yaitu kerupuk.

8. Soto Padang

Selain kerupuk pinknya yang mencuri perhatian, rasa dari soto ini juga enggak kalah nikmatnya. Soto dengan rasa yang sedikit asam dan manis ini ditambahkan dengan cuka di dalamnya. Enak banget, deh!

Harusnya sih masih banyak banget jenis soto nusantara ini. Kalau kamu masih penasaran, kamu bisa cari sendiri ya, geng. Hihihi

Putri Aisya Pahlawani Photo Verified Writer Putri Aisya Pahlawani

20% princess, 80% ordinary human

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya