Comscore Tracker

5 Makanan Berbahan Kacang Merah Khas Jepang yang Menarik untuk Dicoba

Cocok dinikmati saat cuaca panas atau dingin!

Jika berbicara mengenai makanan khas Jepang, bahan-bahan seperti rumput laut, jamur, dan kacang kedelai menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari kulinernya.

Selain beberapa bahan tersebut, kacang merah juga menjadi salah satu bahan yang banyak digunakan dalam kuliner Jepang. Mulai dari makanan manis hingga nasi. Tak heran, orang Jepang telah mengonsumsi kacang merah dalam berbagai bentuk hidangan sejak berabad-abad yang lalu.

Ada banyak hidangan kacang merah khas Jepang yang menarik dan menggugah selera untuk dicoba, berikut 5 di antaranya.

1. Shiruko

5 Makanan Berbahan Kacang Merah Khas Jepang yang Menarik untuk DicobaShiruko (Wikimedia Commons/Tomomarusan (CC BY-SA 3.0)

Makanan yang cocok dinikmati saat cuaca dingin ini bernama shiruko atau zenzai, yaitu bubur kacang merah yang dimakan bersama mochi.

Cara membuatnya sangat mudah. Cukup masak pasta kacang merah dan air sampai panas, kemudian tambahkan mochi atau shiratama dango (mochi yang terbuat dari tepung shiratama) yang sudah direbus atau dipanggang ke dalamnya. Mudah, kan?

Perpaduan manis dan lezatnya kacang merah bercampur dengan kenyalnya mochi, menggugah selera!

2. Sekihan

5 Makanan Berbahan Kacang Merah Khas Jepang yang Menarik untuk DicobaSekihan (Wikimedia Commons/Lombroso (CC BY-SA 4.0)

Memiliki banyak kandungan nutrisi, sekihan atau nasi kacang merah bisa kamu jadikan alternatif menu harianmu. Beras yang digunakan adalah beras ketan yang dimasak bersama air rebusan kacang merah, garam, dan kacang merah tentunya.

Biasanya sekihan disajikan saat perayaan karena warna merahnya melambangkan keberuntungan.

Baca Juga: 5 Dessert Berbahan Kacang Merah, Nikmat Disantap Ramai-ramai!

3. Minazuki

5 Makanan Berbahan Kacang Merah Khas Jepang yang Menarik untuk DicobaMinazuki (Wikimedia Commons/Kykk Wiki (CC0 1.0)

Makanan manis khas Kyoto ini terdiri dari uirō (mochi yang dibuat dengan cara dikukus) di bagian bawah dan kacang merah di bagian atas. Minazuki hanya dimakan pada bulan Juni, bertepatan pada tanggal 30 Juni di mana Nagoshi no Harae atau ritual pembersihan diri atas hal-hal tidak baik yang dilakukan oleh manusia selama 6 bulan pertama dalam satu tahun diselenggarakan.

Penggunaan kacang merah pada minazuki dipercaya dapat mengusir hal-hal buruk. Minazuki memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis, semakin lezat dengan rasa kacang merah yang khas.

4. Monaka

5 Makanan Berbahan Kacang Merah Khas Jepang yang Menarik untuk DicobaMonaka (Wikimedia Commons/Busujima Miruku (CC0 1.0)

Makanan yang satu ini terdiri dari dua buah wafer yang melapisi isian berupa pasta kacang merah. Monaka memiliki berbagai macam bentuk, mulai dari persegi, lingkaran, sampai bentuk lentera dan bunga krisan.

Selain kacang merah, isian monaka yang bisa ditemukan dewasa ini antara lain es krim, krim keju, krim cokelat, krim stroberi, dan banyak lainnya.

5. Yōkan

5 Makanan Berbahan Kacang Merah Khas Jepang yang Menarik untuk DicobaYōkan (Wikimedia Commons/Asturio Cantabrio (CC BY-SA 4.0)

Untuk kamu yang suka dengan agar-agar, kamu bisa coba yōkan atau agar-agar kacang merah khas Jepang.

Cara membuatnya sama seperti agar-agar pada umumnya yaitu tambahkan pasta kacang merah ke dalam adonan agar-agar saat memasak. Ada 3 (tiga) jenis yōkan; mizu yōkan, neri yōkan, dan mushi yōkan.

Mizu yōkan memiliki tekstur yang lebih kenyal karena air yang digunakan lebih banyak daripada agar-agar, sedangkan neri yōkan memiliki tekstur yang lebih padat. Sementara mushi yōkan adalah yōkan yang dimasak dengan cara dikukus dan biasanya ditambahkan kacang kastanye (chestnut) di dalamnya.

Gimana, apakah kamu tertarik untuk mencoba?

Baca Juga: Resep Patbingsu Kacang Merah, Es Serut Khas Korea untuk Berbuka Puasa!

Putri Priyantama Photo Writer Putri Priyantama

Online personality test says I'm an ENFP.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya