Comscore Tracker

5 Dessert Dingin Paling Digemari di Benua Asia, Ada Patbingsu!

Lezat disantap kala hawa panas menyengat

Negara-negara di Benua Asia selain terkenal dengan hidangan berbahan nasi, juga memiliki banyak dessert yang bervariasi lho. Tiap negara memiliki ciri khas dessert masing-masing yang rasanya sesuai selera masyarakat. 

Tapi, beberapa dessert dingin berikut ini gak cuma digemari oleh masyarakatnya tapi juga dari negara lain di Benua Asia lho. Langsung simak yuk dessert dingin paling popular di benua Asia ini!

1. Faloodeh - Iran

5 Dessert Dingin Paling Digemari di Benua Asia, Ada Patbingsu!faloodeh (instagram/fartashtour)

Yang pertama dari negara Iran nih. Faloodeh asal Shiraz ini terkenal sebagai variasi sorbet pertama di dunia lho yang sudah ada sejak 400 tahun sebelum masehi. 

Makanan ini terdiri dari sirup gula beku yang dicampur dengan air mawar dan mi vermicelli yang tipis. Saat disajikan, faloodeh biasa diberi air jeruk, sirup ceri, atau pistachio yang cocok banget dinikmati sebagai dessert musim panas. 

2. Halo-Halo - Filipina

5 Dessert Dingin Paling Digemari di Benua Asia, Ada Patbingsu!halo-halo (instagram/foodwithtory.htx)

Halo-halo tentu sudah popular di benua Asia karena kenikmatan campuran buah, kacang-kacangan, susu, dan es krim selalu berhasil bikin ngiler. Halo-halo sendiri memiliki arti campur-campur dalam Bahasa Tagalog. 

Untuk buah yang digunakan pada dessert nikmat ini beberapa adalah pisang, nangka, jagung manis, kelapa dan lainnya. Halo-halo dulunya sering dijual oleh pedagang Jepang dan dipercaya terinspirasi dari minuman musim panas Jepang bernama anmitsu. 

Baca Juga: 5 Kuliner Asia Ini Bisa Jadi Inspirasi Makanan Musim Kemarau, Nikmat! 

3. Kulfi - India

5 Dessert Dingin Paling Digemari di Benua Asia, Ada Patbingsu!kulfi (instagram/iamdatingfood)

Kulfi adalah es krim tradisional khas India yang memiliki bentuk unik karena menggunakan cetakan khusus yang tertutup rapat. Kulfi terbuat dari susu murni yang menghasilkan rasa karamel dan nutty.

Kulfi juga memiliki beragam variasi yang biasanya diberi perisa seperti pistachio, air mawar, dan asa buah-buahan seperti ceri. Dessert dingin ini dipercaya saat era Kerajaan Mughal. 

4. Patbingsu - Korea Selatan

5 Dessert Dingin Paling Digemari di Benua Asia, Ada Patbingsu!patbingsu (instagram/eatinginberlin)

Patbingsu merupakan dessert dingin paling terkenal yang sering dinikmati saat musim panas dan biasanya dijual dari Bulan Mei sampai Oktober. Dessert nikmat ini terdiri dari kombinasi es, pasta kacang merah, susu kental manis, dan topping yang beragam. 

Biasanya topping yang dipilih sesuai dengan selera beberapa seperti tteok atau kue beras Korea, sereal dan berbagai buah-buahan. Sebelum dimakan, semua bahan patbingsu dicampur hingga seperti sup dingin dengan cita rasa creamy dan chewy. 

5. Dondurma - Turki

5 Dessert Dingin Paling Digemari di Benua Asia, Ada Patbingsu!dondurma (instagram/monnamutfak)

Es krim unik asal Turki yang kini mendunia ini rupanya terkenal karena gak gampang meleleh dan punya tekstur yang chewy banget. Selain menggunakan bahan dasar es krim, dondurma juga menggunakan dua bahan rahasia yaitu damar wangi atau permen karet Arab dan salep

Salep ini merupakan nama dari tepung yang terbuat dari akar anggrek ungu. Beberapa dondurma yang menggunakan salep lebih banyak biasanya disebut kesme dondurma yang berarti dondurma potong karena cara makannya harus menggunakan pisau dan garpu.

Nah, itulah beberapa dessert dingin paling popular di Benua Asia yang sering dinikmati saat musim panas. Kalian pernah coba yang mana nih? 

Baca Juga: 7 Ragam Dessert Khas Slovenia yang Lezat, Melekat di Lidah!

Putry Prastiwi Photo Verified Writer Putry Prastiwi

Follow my ig @traveliss__

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya