Comscore Tracker

6 Dessert Unik dan Lezat Asal Australia, Visualnya Menggoda Mata!

Enak semua lho!

Australia merupakan benua kecil yang beribu kota di Canberra. Meski daerahnya tak seluas Asia atau Eropa, kuliner di benua ini juga tak kalah nikmat dari benua lainnya, lho. 

Nah, seperti beberapa dessert yang berasal dari Australia ini. Tak hanya lezat, visualnya pun menggoda mata. Apa saja? Yuk, cari tahu di bawah ini.

1. Vanilla slice

6 Dessert Unik dan Lezat Asal Australia, Visualnya Menggoda Mata!instagram/dolcettopattiserie

Dessert menggoda yang pertama ada vanilla slice yang terdiri dari vanilla custard yang dilapisi puff pastry di bagian atas dan bawahnya. Topping-nya pun beragam, seperti vanila, cokelat, stroberi, dan raspberry. 

Saat disajikan, dessert ini akan diiris menjadi beberapa bagian sesuai dengan namanya. Saking populernya, setiap tahun diselenggarakan kompetisi vanilla slice yang disebut Great Australian Vanilla Slice Triumph. 

2. Hot jam donuts

6 Dessert Unik dan Lezat Asal Australia, Visualnya Menggoda Mata!instagram/cooking.for.friends

Donat khas ini terbuat dari adonan ragi yang kemudian diisi dengan selai merah lalu digoreng sampai crispy. Teksturnya yang begitu gurih di luar dan lembut di dalam kemudian dibalut lagi dengan gula halus. 

Donat ini banyak dijual di gerai pinggir jalan dan sering dimakan dalam keadaan panas. Diakrenakan berasal dari Melbourne, donut satu ini juga sering disebut melbourner. 

3. Iced vovo

6 Dessert Unik dan Lezat Asal Australia, Visualnya Menggoda Mata!instagram/rochelle.dare

Iced vovo adalah biskuit khas Australia yang sering disajikan di pesta ulang tahun anak bersama dengan teh hangat. Terbuat dari biskuit yang diberi selai raspberry dan pink fondant sebagai topping-nya. 

Kemudian diberi taburan kelapa yang menambah gurih cita rasa biskuit. Iced vovo sudah ada sejak tahun 1900-an dan sering dinikmati bersama dengan es krim. 

Baca Juga: 5 Fakta Vegemite, Selai Khas Australia dengan Rasa yang Unik

4. Pavlova

6 Dessert Unik dan Lezat Asal Australia, Visualnya Menggoda Mata!instagram/homeby_dlsd

Pavlova adalah sejenis tart yang diberi meringue dan whipped cream. Lalu topping-nya diberi beberapa buah segar yang cita rasanya kontras dengan meringue. 

Nama pavlova diambil dari nama ballerina asal Rusia yang pernah berkunjung ke Australia dan New Zealand. Resep pertama pavlova ini sudah ada sejak tahun 1926, lho! 

5. Yo-yo biscuits

6 Dessert Unik dan Lezat Asal Australia, Visualnya Menggoda Mata!instagram/cakeandbake.co

Yo-yo bicuits sekilas terlihat seperti macaron namun biskuit ini terbuat dari tepung, mentega, susu, telur, dan madu. Biskuit ini lalu diberi buttercream dan dibuat seperti sandwich. 

Yo-yo biscuits kini diproduksi oleh perusahaan Arnott's dan digemari karena teksturnya yang kembut dan tidak keras. 

6. Lamington

6 Dessert Unik dan Lezat Asal Australia, Visualnya Menggoda Mata!instagram/mckenziesfoods

Kue yang menjadi ikon Australia ini dipercaya tercipta akibat ketidaksengajaan pelayan gubernur Australia yang menjatuhkan kue kesukaan sang gubernur ke lelehan cokelat. Karena rasanya menjadi lebih nikmat, kue ini lalu menjadi cukup populer. 

Terdiri dari sponge cake yang dicelup ke cokelat lalu diberi taburan kelapa kering. Kue ini sering dibentuk menjadi bite-size sehingga lebih mudah dinikmati. 

Itulah beberapa dessert lezat asal Australia yang bisa kamu cicipi. Kira-kira, ada yang sudah pernah kamu cicipi, belum?

Baca Juga: 5 Oleh-oleh Khas Australia yang Berkesan dan Mudah Dibawanya!

Putry Prastiwi Photo Verified Writer Putry Prastiwi

Follow my ig @traveliss__

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya