Comscore Tracker

6 Hidangan Berbahan Alpukat dari Berbagai Negara, Unik dan Lezat Semua

Alpukat salah satu buah favorit di berbagai negara lho

Alpukat atau yang dikenal avocado memang sudah menjadi buah favorit yang bisa diolah bersama variasi bahan makanan lain. Buah satu ini lebih dikenal tawar oleh warga Indonesia. Tapi sebenarnya alpukat punya beragam rasa lain seperti manis dan asin lho. 

Kalau di Indonesia, alpukat sering dijadikan jus buah yang dicampur bersama susu, air, gula, dan es batu. Nah, beda halnya dengan beberapa negara berikut yang mengolah alpukat menjadi variasi menu seperti di bawah ini! 

1. Palta Reina (Chili)

6 Hidangan Berbahan Alpukat dari Berbagai Negara, Unik dan Lezat Semuainstagran/gourmetchile

Palta reina atau yang dikenal juga avocado queen di Chili adalah appetizer berbahan alpukat yang menggunakan beragam bahan. Biasanya alpukat akan dibelah dua lalu dibuang bijinya. Bagian tengah alpukat akan diisi dengan suwiran ayam, tuna, daging king crab atau potongan ham yang dicampur dengan mayones, perasan lemon dan beberapa bumbu. 

Ada juga jenis lainnya dari avocado queen yang disebut apio palta. Apio palta yaitu berupa salad yang menggabungkan potongan alpukat dengan seledri dan ditambahkan perasan lemon dan olive oil. 

2. The Ritz (Afrika Selatan)

6 Hidangan Berbahan Alpukat dari Berbagai Negara, Unik dan Lezat Semuainstagram/dineplan_app

Hampir mirip dengan avocado queen asal Chili, The Ritz memiliki teknik yang sama yaitu memasukkan bahan pada alpukat yang dibelah dua dan dikeluarkan bijinya. Namun, bahan isian yang digunakan tentu berbeda. 

The Ritz mencampurkan udang yang telah dimasak dengan mayones, cream, saus tomat, perasan lemon dan saus tabasco. The Ritz sering menjadi menu appetizer dan disajikan dalam keadaan dingin.

3. Creme de abacate (Brazil)

6 Hidangan Berbahan Alpukat dari Berbagai Negara, Unik dan Lezat Semuainstagram/soul_intolerante

Di Brazil, alpukat sering disajikan sebagai dessert seperti creme de abacate ini. Cara membuatnya sangat mudah, alpukat hanya perlu dihaluskan sampai bertekstur layaknya puree lalu ditambahkan perasan lemon. 

Untuk mendapatkan hasil yang benar-benar lembut dan creamy, puree alpukat tadi ditambahkan gula dan whipped cream lalu diaduk sampai tercampur dengan baik.

Baca Juga: 5 Olahan Kue tanpa Dipanggang Berbahan Dasar Alpukat untuk Camilan!

4. Causa limena (Peru)

6 Hidangan Berbahan Alpukat dari Berbagai Negara, Unik dan Lezat Semuainstagram/sakinunoa

Hidangan tradisional berbahan alpukat dari Peru ini terbilang sederhana. Bentuknya berlapis dengan isian di bagian tengahnya. Lapisan atas dan bawah terbuat dari kentang tumbuk.

Sementara isiannya dibentuk berlapis dari campuran kentang tumbuk yang dibumbui, suwiran ayam atau tuna mayones dan juga alpukat yang telah dihaluskan. Tiap lapisan dimasukkan ke dalam cetakan berbentuk cincin dan diratakan menggunakan sendok. 

5. Sopa de aguacate (Kolombia)

6 Hidangan Berbahan Alpukat dari Berbagai Negara, Unik dan Lezat Semuainstagram/izabelfood

Sopa de aguacate atau sup alpukat menjadi makanan favorit di Kolombia karena rasanya yang begitu creamy. Membuatnya hanya memerlukan bahan seperti bawang bombai dan bawang putih yang ditumis lalu diberi kaldu ayam, alpukat, dan perasan lemon. 

Setelah matang, sup diblender sampai halus dan dimasak kembali dengan tambahan heavy cream, cumin, garam, dan merica. Sup alpukat sering disajikan dengan daun sup yang dipotong-potong untuk menambah aroma nikmat. 

6. Guacamole (Meksiko)

6 Hidangan Berbahan Alpukat dari Berbagai Negara, Unik dan Lezat Semuainstagram/thesupermomlife

Banyak yang sudah tak asing dengan guacamole karena makanan satu ini sering nampak disandingkan dengan tortilla. Guacamole terbuat dari alpukat yang dihaluskan lalu dibumbui dengan chillies dan ditambahkan perasan jeruk nipis.

Guacamole menjadi saus atau dip favorit untuk tortilla dan camilan lainnya khas Meksiko. 

Itulah beberapa hidangan khas dari berbagai negara dengan bahan alpukat. Sudah pernah coba belum? 

Baca Juga: Resep Saus Alpukat, Hanya 5 Menit Saja Membuatnya!

Putry Prastiwi Photo Verified Writer Putry Prastiwi

Follow my ig @traveliss__

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya