Comscore Tracker

8 Hidangan Seafood Asal Yunani yang Kelezatannya Mengundang Lapar!

Seafood is always the best

Siapa nih yang paling suka sama makanan laut? Tentu tiap negara memiliki hidangan seafood khas sesuai hasil lautnya, sama seperti Yunani yang juga dikelilingi lautan dan memiliki banyak pulau tentu memiliki beragam hidangan seafood. 

Mulai dari ikan, udang dan kerang semuanya tersedia lho di Yunani. Penasaran hidangan seafood apa saja di negara ini? Keep scrolling! 

1. Lakerda

8 Hidangan Seafood Asal Yunani yang Kelezatannya Mengundang Lapar!instagram/ferdibabarestaurant

Lakerda merupakan sejenis acar dari fermentasi ikan seperti tuna atau makarel. Ikan tersebut diberi garam dan olive oil atau minyak sayur baru kemudian disimpan. 

Lakerda sering disajikan bersama dengan bawang atau herbs lainnya. Seafood satu ini paling favorit dinikmati sebagai appetizer.

2. Mydia

8 Hidangan Seafood Asal Yunani yang Kelezatannya Mengundang Lapar!instagram/foodtipskosice

Mydia adalah seafood yang gak cuma popular di Yunani, tapi juga di Kroasia. Menu ini menggunakan kerang yang dimasak bersama rempah-rempah, bawang putih, sayuran, dan red wine. 

Mydia biasanya dinikmati bersama dengan roti untuk dimakan bersama saus lezatnya. Di Kroasia sendiri, menu satu ini sering disebut dagnje na crveno. 

3. Bakaliaros

8 Hidangan Seafood Asal Yunani yang Kelezatannya Mengundang Lapar!instagram/ssymeonidou

Bakaliaros merupakan istilah orang yunani menyebut ikan cod. Tapi nama ini juga disematkan untuk menu gorengan ikan cod yang punya penampilan golden crispy. 

Ikan cod biasanya akan dipipihkan kemudian dimasukkan ke dalam adonan dan digoreng. Bakaliaros juga sering dinikmati bersama saus bawang putih dan dijadikan makanan untuk memperingati perang kemerdekaan pada tanggal 25 Maret tiap tahunnya. 

4. Kalamarakia

8 Hidangan Seafood Asal Yunani yang Kelezatannya Mengundang Lapar!instagram/greekgrillny

Kalamarakia atau juga disebut calamari ini merupakan hidangan seafood yang berupa cumi goreng. Cumi akan dibentuk layaknya cincin baru kemudian dibumbui dan dimasukkan ke adonan lalu digoreng sampai kecokelatan. 

Kalamarakia sering dinikmati sebagai appetizer dan diberi perasan lemon atau potongan daun sup untuk menambah kelezatannya. 

Baca Juga: 9 Kreasi Olahan Daging Khas Yunani yang Kaya Rasa

5. Chtapodi Sti Schara

8 Hidangan Seafood Asal Yunani yang Kelezatannya Mengundang Lapar!instagram/thetasteatlas

Chtapodi sti schara merupakan menu seafood paling unik karena menggunakan gurita sebagai bahan utamanya. Gurita ini pertama akan dimasak lebih dulu baru kemudian dipanggang menggunakan arang sampai matang. 

Biasanya chtapodi sti schara dinikmati bersama potongan roti, perasan lemon, olive oil, dan oregano. Menu satu ini mudah ditemukan di berbagai restoran di pulau-pulau dan daerah dengan area pesisir di Yunani. 

6. Bourdeto

8 Hidangan Seafood Asal Yunani yang Kelezatannya Mengundang Lapar!instagram/krasiboston

Berasal dari daerah Corfu, bourdeto disebut-sebut mirip dengan hidangan khas Venesia yang disebut brodetto dan kroasia yang disebut brudet. Hidangan ini menggunakan bahan utama ikan yang dicampur dengan saus tomat, paprika, bawang bombai, dan potongan kentang. 

Bourdeto dinikmati bersama dengan perasan lemon dan potongan roti. Meski bisa menggunakan beragam jenis ikan, namun scorpion fish menjadi yang paling favorit untuk hidangan ini. 

7. Astakomakaronada

8 Hidangan Seafood Asal Yunani yang Kelezatannya Mengundang Lapar!instagram/mireza

Menu satu ini dipercaya berasal dari salah satu pulau terkenal di Yunani yaitu skyros namun sudah tersebar di berbagai daerah di yunani. Astakomakaronada menggunakan pasta berupa spageti dengan saus tomat dan lobster sebagai highlight hidangan ini. 

Lobster yang digunakan biasanya lobster utuh bersama cangkangnya dan diberi daun sup sebagai garnish. Astakomakaronada menggunakan berbagai macam bumbu, rempah, dan wine pada sausnya sehingga kaya akan rasa. 

8. Garides saganaki

8 Hidangan Seafood Asal Yunani yang Kelezatannya Mengundang Lapar!instagram/qiuuing

Garides saganaki menggunakan udang sebagai bahan utamanya. Udang tersebut ditumis bersama dengan saus tomat dan ouzo baru kemudian diberi remah keju feta sebagai garnish.

Nama saganaki berasal dari kata sagani yang merupakan panci kecil dengan pegangan yang digunakan untuk hidangan pot. Garides saganaki biasanya disajikan sebagai appetizer bersama dengan roti atau pita.

Itulah tadi beberapa hidangan seafood khas asal Yunani yang dari visualnya saja sudah bikin ngiler. Kamu tertarik mencoba? 

Baca Juga: 9 Fakta Skyr, Keju Asal Islandia yang Mirip Yoghurt Yunani

Putry Prastiwi Photo Verified Writer Putry Prastiwi

Follow my ig @traveliss__

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya