Comscore Tracker

5 Kue Cokelat Paling Popular di Italia, Kelezatannya Meleleh di Mulut

Chocolate lovers, merapat yuk!

Cokelat sudah menjadi bahan yang sering ditemukan dalam resep kue. Beberapa kue dengan rasa cokelat yang popular di dunia seperti brownies cokelat dan blackforest gak pernah bikin bosan untuk dinikmati. 

Nah, di Italia yang juga terkenal dengan beragam kuliner memiliki beberapa kue cokelat yang cukup popular lho. Langsung simak yang berikut ini yuk! 

1. Torta Caprese

5 Kue Cokelat Paling Popular di Italia, Kelezatannya Meleleh di Muluttorta caprese (instagram/cuochinprogress)

Torta caprese adalah kue cokelat yang menggunakan dark chocolate sebagai bahan utamanya. Kue ini terbuat dari bahan dengan adonan telur, dark chocolate, almond, mentega, gula dan tepung jenis apa saja.

Torta caprese memiliki tekstur yang cukup padat dan memiliki lapisan gula halus yang ditabur di atasnya. Biasanya torta caprese diberi garnish berupa stroberi atau raspberi kemudian dinikmati bersama es krim vanilla. 

2. Torta Barozzi

5 Kue Cokelat Paling Popular di Italia, Kelezatannya Meleleh di Muluttorta barozzi (instagram/dolci.follie)

Torta barozzi merupakan kue yang diciptakan oleh Eugenio Gollini pada tahun 1907 untuk seorang arsitek terkenal Italia bernama Jacopo Barozzi. Kue ini kaya akan cita rasa almond dan cokelat yang juga terasa seperti campuran rum dan kopi. 

Torta barozzi dinikmati sebagai sarapan bersama teh dan kopi dan sering ditambahkan es krim vanilla sebagai pelengkap. Resep torta barozzi sendiri rupanya masih dirahasiakan dan hanya dimiliki oleh keturunan Gollini. 

Baca Juga: Resep Es Cokelat ala Starbucks, Bikinnya Gak Sampai 10 Menit

3. Torta 900

5 Kue Cokelat Paling Popular di Italia, Kelezatannya Meleleh di Muluttorta 900 (instagram/diario_alimentare_94)

Torta 900 atau juga disebut torta novecento adalah kue yang diciptakan untuk menyambut datangnya abad ke-20. Torta 900 merupakan kue yang cukup sederhana karena hanya terdiri dari kue sponge cokelat dengan filling cokelat mousse di tengahnya. 

Torta novecento ini diciptakan oleh Ottavio Bertinotti dan saking popularnya banyak resep tiruan yang bermunculan saat pertama kue ini booming. Akhirnya Bertinotti memutuskan untuk mematenkan resep torta 900 ini dan menjualnya ke toko kue Pasticerria Balla. 

4. Torta Tenerina

5 Kue Cokelat Paling Popular di Italia, Kelezatannya Meleleh di Muluttorta tenerina (instagram/ilragazzochecucina)

Torta tenerina diciptakan pada awal tahun 1900-an untuk istri dari Raja Italia bernama Vittorio Emanuele III. Torta tenerina terdiri dari lima bahan utama yaitu telur, gula, mentega, cokelat, dan maizena. Uniknya, kue ini tidak menggunakan tepung sehingga menghasilkan kue yang lembut.

Sesuai namanya, torta tenerina memiliki arti kue lembut namun memiliki bagian gurih di atasnya. Torta tenerina kini mudah ditemukan di berbagai toko kue di Ferrara. 

5. Torta Setteveli

5 Kue Cokelat Paling Popular di Italia, Kelezatannya Meleleh di Muluttorta setteveli (instagram/biscottididebora)

Torta setteveli merupakan kue yang terdiri dari kombinasi cokelat dan hazelnut. Lapisan kue ini menggunakan kue sponge cokelat, krim hazelnut bavarian, cokelat mousse, praline crunch, dan lapisan lelehan cokelat sebagai topping. 

Torta setteveli memiliki arti sebagai kue dengan tujuh tudung karena hampir sama dengan lapisan pada kue. Kue ini juga merupakan kue tradisional yang dijadikan sebagai kue ulang tahun di Sicilia.

Nah, itu tadi beberapa kue cokelat popular di Italia yang wajib kamu cicip saat berkunjung. Kira-kira mana yang paling enak nih? 

Baca Juga: 5 Sajian Manis Berbahan Cokelat Putih, Cocok untuk Beragam Dessert!

Putry Prastiwi Photo Verified Writer Putry Prastiwi

Follow my ig @traveliss__

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya