Comscore Tracker

6 Kue Tradisional Khas Aceh yang Menggugah Selera, Bikin Ketagihan!

Aceh punya kuliner yang enak semua lho #LokalIDN

Aceh bukan saja terkenal dengan makanan berat seperti mie aceh. Di berbagai penjuru Indonesia, mie Aceh tentu sudah akrab dengan lidah masyarakat lokal. Bukan cuma itu, Aceh juga punya beberapa jenis kue yang pastinya bikin ketagihan nih.

Saat berkunjung ke Aceh, jangan sampai kamu gak mencoba beragam kue dengan rasa yang khas seperti di bawah ini. Simak yuk! 

1. Kue Adee

6 Kue Tradisional Khas Aceh yang Menggugah Selera, Bikin Ketagihan!instagram/farlindasaid

Kue sederhana dengan cita rasa legit ini sudah menjadi favorit para pelancong lantaran selalu dijadikan buah tangan dari Aceh. Kue adee terlihat seperti kue bikang dan punya cara masak yang simpel banget.

Bahan seperti tepung terigu, gula pasir, santan, dan air pandan hanya perlu dicampurkan lalu adonan tersebut dimasukkan ke dalam wadah dan dioven. Kue adee juga punya dua varian sesuai dengan bahan yang dipakai lho yaitu bahan utama tepung terigu dan singkong. 

2. Kue Keukarah

6 Kue Tradisional Khas Aceh yang Menggugah Selera, Bikin Ketagihan!instagram/ojacake

Kue satu ini memiliki bentuk dan tekstur yang unik. Keukarah juga sering disebut sebagai kue sarang burung lantaran visualnya yang seperti berserabut mirip sarang burung. 

Terbuat dari bahan dasar tepung dan santan, keukarah memiliki rasa manis dan gurih lho. Keukarah juga memiliki tekstur yang rapuh sehingga tidak sulit untuk dikunyah. Selain menjadi teman minum kopi di siang hari, kue ini juga sering dijadikan oleh-oleh khas Aceh. 

3. Meuseukat

6 Kue Tradisional Khas Aceh yang Menggugah Selera, Bikin Ketagihan!instagram/class16

Meski banyak dijual di toko oleh-oleh, kue khas satu ini biasanya akan disajikan warga Aceh pada saat-saat tertentu saja. Meuseukat juga sering disebut sebagai dodol nanas. 

Bahan-bahan yang digunakan hampir sama dengan bahan dasar membuat dodol dan ditambahkan dengan buah nanas sehingga menghasilkan warna kuning alami. Kue ini juga memiliki arti menurut kepercayaan warga Aceh yaitu sebagai kejernihan hati saat menyambut tamu. 

Baca Juga: 5 Kuliner Lezat di Banda Aceh yang Wajib Kamu Coba

4. Bohromrom

6 Kue Tradisional Khas Aceh yang Menggugah Selera, Bikin Ketagihan!instagram/mimi_tharmidzi

Terlihat seperti klepon atau onde-onde, bohromrom juga dibuat menggunakan bahan dasar yang sama yaitu tepung ketan. Bohromrom di Aceh bisa menggunakan isian berupa gula merah atau gula putih dan menggunakan sari daun pandan sebagai pewarna alami. 

Bohromrom sering dijumpai saat bulan Ramadan tiba dan disantap selagi masih hangat. Cita rasa bohromrom adalah manis dan memiliki tekstur kenyal. 

5. Kue Bhoi

6 Kue Tradisional Khas Aceh yang Menggugah Selera, Bikin Ketagihan!instagram/wikanwis

Kue bhoi merupakan kue bolu yang terkenal karena bentuknya yang unik dan beragam. Tekstur dari kue satu ini sedikit kasar pada bagian luar namun begitu lembut di dalam. Menggunakan bahan-bahan yang simpel seperti tepung, gula, dan telur dengan perbandingan satu-satu. 

Cetakan kue bhoi ini terbilang khusus karena terbuat dari kuningan sehingga adonan tidak akan lengket dan bentuknya tetap sempurna. Biasanya bentuk kue bhoi bervariasi dari bentuk ikan, bunga, dan bintang. 

6. Kue Timphan

6 Kue Tradisional Khas Aceh yang Menggugah Selera, Bikin Ketagihan!instagram/siammi.food

Kue timphan memiliki tekstur yang lebih halus dibanding kue Aceh lainnya. Karena menggunakan bahan adonan luar yaitu ketan dan isiannya menggunakan beberapa varian bahan seperti pisang raja, srikaya, dan parutan kelapa. 

Setelah adonan luar dan isian siap lalu dimasukkan ke dalam bungkus daun pisang yang membuat aroma kue semakin menggoda. Rasa dari kue timphan ini begitu manis dan gurih lho. 

Itulah beberapa kue tradisional khas Aceh yang bisa kamu cicipi saat berkunjung. Ada yang pernah coba gak? 

Baca Juga: 5 Resep Makanan Khas Aceh yang Lezat dan Patut untuk Kamu Nikmati

Putry Prastiwi Photo Verified Writer Putry Prastiwi

Follow my ig @traveliss__

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya