Comscore Tracker

5 Makanan Khas Bali yang Cocok untuk Vegetarian, Enak dan Menyehatkan!

Kuliner khas Bali juga ada yang non-hewani lho #LokalIDN

Bagi beberapa orang ada yang memilih menjadi seorang vegetarian atau sekadar sedang menjalankan diet vegan. Hal ini biasanya akan menjadi sulit saat mereka sedang berkunjung ke daerah-daerah wisata untuk liburan. 

Terlebih Provinsi Bali sebagai primadona wisata di Indonesia yang banyak dikunjungi wisatawan. Tapi, gak perlu ragu lagi untuk kamu yang vegetarian karena beberapa makanan berikut ini bisa jadi pilihanmu saat stay di Bali. Keep scrolling! 

1. Rujak Bulung

5 Makanan Khas Bali yang Cocok untuk Vegetarian, Enak dan Menyehatkan!instagram/anadinana_

Meski disebut dengan nama rujak, tapi makanan satu ini tidak menggunakan buah-buahan sebagai bahan utama lho. Berasal dari Kelurahan Serangen, rujak bulung menggunakan bahan dasar rumput laut karena kelurahan satu ini menjadi penghasil rumpur laut yang melimpah. 

Selain rumput laut, rujak ini juga ditambahkan bahan non-hewani lainnya seperti kedelai goreng dan kelapa parut goreng yang dilengkapi dengan sambal khas. Rujak bulung dinikmati bersama dengan ketupat bagi kamu yang suka. 

2. Tipat Cantok

5 Makanan Khas Bali yang Cocok untuk Vegetarian, Enak dan Menyehatkan!instagram/ursandnic

Tipat cantok sering disamakan dengan gado-gado karena namanya yang berarti ketupat yang diaduk. Tipat cantok menggunakan bahan utama berupa ketupat dan sayur-sayuran seperti kangkung, taoge, dan kacang panjang yang sudah direbus. 

Sementara bumbunya merupakan campuran dari gula merah, kacang tanah, cabai, jeruk limau, dan kencur. Tipat cantok biasanya disajikan menggunakan bungkus daun janur dan memiliki cita rasa yang gurih dan sedikit pedas. 

Baca Juga: 5 Makanan Halal yang Wajib Kamu Cicipi Saat Berada di Bali, Penasaran?

3. Serombotan Klungkung

5 Makanan Khas Bali yang Cocok untuk Vegetarian, Enak dan Menyehatkan!instagram/bebektimbungan

Berasal dari daerah Klungkung, serambotan menjadi menu vegan sehat karena menggunakan bahan sayur-sayuran berupa bayam, terong bulat, kangkung, kecambah, buncis, dan kacang panjang. Yang unik dari serombotan adalah penggunaan tiga bumbu berbeda. 

Bumbu tersebut adalah sambal nyuh yang terbuat dari daging kelapa bakar yang diparut halus dan dicampur bumbu rempah. Bumbu kedua adalah unyah sere limo yang berupa bumbu campuran menggunakan perasan jeruk dan terakhir adalah bumbu kacang. Kombinasi dari ketiga bumbu ini bikin serombotan makin maknyus! 

4. Jukut Urab

5 Makanan Khas Bali yang Cocok untuk Vegetarian, Enak dan Menyehatkan!instagram/madeeliss

Meski penampilannya terlihat seperti urapan sayur di Jawa, namun jukut urab memiliki bumbu dan cita rasa yang berbeda. Sayuran yang digunakan adalah taoge, bayam, kacang panjang, dan wortel.

Bumbu dari jukut urab ini sedikit unik yaitu menggunakan sambal urap dengan bahan berupa cabai, bawang merah, bawang putih, gula jawa, kencur, merica dan daun jeruk yang kemudian ditumis dan diberi parutan kelapa serta perasan jeruk nipis.

Selain itu saat disajikan, jukut urab akan diberi kacang goreng sebagai pelengkap dan penambah rasa gurih bercampur pedas nikmat. 

5. Bulung Kuah Pindang

5 Makanan Khas Bali yang Cocok untuk Vegetarian, Enak dan Menyehatkan!instagram/liligundiwarungjajebali

Menu satu ini menggunakan rumput laut sebagai bahan utama. Rumput laut yang digunakan adalah yang berwarna hijau gelap dan sedikit kemerahan. Rumput laut yang telah direbus akan diberi kuah pindang dan bumbu halus lainnya. 

Bumbu tersebut dibuat dari jahe, terasi bakar, cabai rawit, dan garam. Bulung kuah pindang dinikmati bersama nasi atau ketupat dan diberi bahan pelengkap seperti perasan jeruk nipis, kelapa parut, kacang tolo, kacang tanah, dan kacang kedelai. 

Itulah beberapa makanan tradisional khas Bali yang bisa jadi referensi untuk kamu yang vegetarian dan lagi diet vegan. Jadi, gak ragu lagi kan cicipi kuliner Bali? 

Baca Juga: 10 Makanan Khas Bali yang Wajib Masuk Bucket List Kulineranmu

Putry Prastiwi Photo Verified Writer Putry Prastiwi

Follow my ig @traveliss__

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya