Comscore Tracker

Bihun hingga Kwetiau, Ini 5 Makanan Khas Singapura Berbahan Mie

Nikmat tiada tara!

Singapura menjadi negara tetangga yang sering dikunjungi oleh warga Indonesia. Bukan hanya karena jaraknya yang dekat tapi juga karena Singapura terkenal menjadi negara pilihan belanja para ibu-ibu. 

Tapi, saat jalan-jalan ke Singapura banyak yang melupakan kuliner khas negara ini yang juga kelezatannya gak kalah dari negara lain. Nah, seperti menu berbahan mie berikut yang bisa kamu cicipi nih saat ke Singapura.

1. Char kway teow

Bihun hingga Kwetiau, Ini 5 Makanan Khas Singapura Berbahan Miechar kway teow (instagram/biffalife)

Nama dari hidangan satu ini memiliki arti yaitu mie pipih goreng. Dari namanya, tentu hidangan ini menggunakan mie pipih atau juga sering ditambahkan mie kuning yang terbuat dari gandum. 

Char kway teow terdiri dari beragam macam bahan seperti mie pipih, taoge, daun bawang, kerang, udang, telur, dan sosis China. Untuk bumbunya, bahan-bahan tersebut biasanya di masak bersama kecap, pasta udang, bawang putih, dan lemak babi. 

2. Laksa Kari

Bihun hingga Kwetiau, Ini 5 Makanan Khas Singapura Berbahan Miekari laksa (instagram/mujesticdining)

Dari namanya, tentu banyak yang tau nih kari laksa hidangan yang seperti apa. Menu satu ini dipercaya merupakan campuran kuliner Asia Tenggara, China, dan India. 

Gak cuma di Singapura, laksa kari juga terkenal di Malaysia dan Indonesia dan menjadi variasi laksa terfavorit di Singapura. Kuahnya sendiri merupakan perpaduan kari dan santan kelapa yang rasa manis dan pedasnya cukup kuat. 

Baca Juga: 10 Restoran Nasi Padang Terbaik di Singapura Ini Terkenal Nikmatnya

3. Hokkien Mee

Bihun hingga Kwetiau, Ini 5 Makanan Khas Singapura Berbahan Miehokkien mee (instagram/yongweikai)

Hidangan mie ini dipercaya berasal dari komunitas Hokkien di Singapura. Bahannya terdiri dari mie tipis atau mie gandum yang dimasak bersama dengan daging babi, udang, telur, dan taoge. 

Untuk campurannya, Hokkien mee menggunakan kaldu yang terbuat dari seafood dan daging babi. Biasanya Hokkien mee disantap bersama dengan sambal serta jeruk nipis sebagai pelengkap. 

4. Beef kway teow

Bihun hingga Kwetiau, Ini 5 Makanan Khas Singapura Berbahan Miebeef kway teow (instagram/culivinary)

Beef kway teow merupakan hidangan yang bisa disantap kering atau berkuah. Menggunakan mie tebal atau pipih yang diberi topping potongan daging sapi dan biasa dinikmati sebagai hidangan utama atau side dish. 

Untuk versi berkuah, biasanya kaldu yang digunakan diberi bumbu tambahan seperti lengkuas. Sementara untuk verso keringnya, bumbu yang digunakan berupa cabai, kecap, dan minyak wijen. 

5. Sate Bihun

Bihun hingga Kwetiau, Ini 5 Makanan Khas Singapura Berbahan Miesate bihun (instagram/makoeats)

Tentu hidangan ini sudah bisa dibayangkan dari namanya. Tapi jangan salah ya karena sate bihun gak pakai sate sebagai bahan utamanya. Nama ini diberikan karena penggunaan saus kacang yang menyerupai sate pada umumnya. 

Mie yang digunakan adalah jenis bihun yang biasanya dipadukan dengan udang dan sayuran. Saus kacang dengan cita rasa manis dan pedas lalu dituang di atasnya. 

Itulah 5 makanan khas Singapura berbahan mie yang wajib kamu coba saat traveling ke sana. Mana yang ingin kamu santap?

Baca Juga: 5 Masjid dengan Desain Terunik di Singapura

Putry Prastiwi Photo Verified Writer Putry Prastiwi

Follow my ig @traveliss__

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya