Comscore Tracker

6 Menu Berbahan Daging Ayam Asal Negara di Eropa, Bikin Ngiler!

Ayam emang olahan favorit banyak orang

Daging ayam merupakan bahan yang paling digemari banyak kalangan mulai dari orang dewasa sampai anak-anak. Ayam juga mudah diolah dengan berbagai cara dan tetap menghasilkan rasa yang lezat. 

Karena itu hampir semua negara di seluruh dunia memiliki hidangan nasional berbahan daging ayam yang bikin ketagihan. Seperti negara-negara di Eropa berikut ini yang juga punya menu lezat berbahan daging ayam. Langsung disimak yuk! 

1. Kotlet z piersi kurczaka (Polandia)

6 Menu Berbahan Daging Ayam Asal Negara di Eropa, Bikin Ngiler!kotlet z piersi kurczaka (instagram/kabeliska)

Menu dengan nama unik yang cukup panjang ini merupakan hidangan yang menggunakan bagian dada ayam. Daging ayam sebelumnya akan ditumbuk hingga tipis agar matang lebih cepat. 

Setelah itu baru kemudian dibalut dengam tepung, telur dan remah roti untuk digoreng. Hasilnya adalah ayam dengan tekstur crispy di bagian luar dan lembut di bagian dalam. 

Kotlet z piersi kurczaka sering dijadikan hidangan makan malam bersama dengan kentang, sayuran, atau nasi. 

2. Kure na Paprice (Republik Ceko)

6 Menu Berbahan Daging Ayam Asal Negara di Eropa, Bikin Ngiler!kure na paprice (instagram/sakuldnumkiz)

Kure na paprice adalah hidangan representasi Ceko dari hidangan asal Hungaria bernama chicken paprikash. Hidangan ini menggunakan potongan ayam yang dicelup ke dalam saus creamy dan diberi paprika manis asal Hungaria. 

Selain itu, bumbu yang digunakan adalah heavy cream dan tomat yang dicampur dengan saus paprika. Kure na paprice lalu disajikan bersama dengan nasi atau roti dumpling. 

3. Pollo al ajillo (Spanyol)

6 Menu Berbahan Daging Ayam Asal Negara di Eropa, Bikin Ngiler!pollo al ajillo (instagram/merchecocinillas)

Pollo al ajillo adalah hidangan ayam yang simpel dan paling digemari di Spanyol. Cara membuatnya cukup mudah yaitu ayam perlu dicelupkan pada saus bawang putih sebelum dimasak. 

Saus tersebut merupakan campuran dari kaldu, white wine, bawang putih, daun salam, thyme, dan rosemary. Pollo al ajillo sering dinikmati sebagai main dish atau tapa dan dinikmati bersama sayuran atau jamur sebagai pelengkap. 

Baca Juga: Resep Garang Asem Paha Ayam yang Matang Sempurna, Bumbunya Meresap

4. Chicken Kiev (Ukraina)

6 Menu Berbahan Daging Ayam Asal Negara di Eropa, Bikin Ngiler!chicken kiev (instagram/topchefnavarros_sw)

Chicken kiev merupakan hidangan yang cukup popular di negara seperti Ukraina dan Russia pada tahun 1970-an.

Hidangan ini menggunakan dada ayam yang dibuat menjadi rata. Baru kemudian bagian dalam ayam dimasukkan dengan campuran mentega dan herba. Setelah itu bagian luar ayam dibalut adonan dan digoreng sampai kecokelatan. 

5. Chicken Tikka Masala (Britania Raya)

6 Menu Berbahan Daging Ayam Asal Negara di Eropa, Bikin Ngiler!chicken tikka masala (instagram/aditi.chitale_photography)

Chicken tikka masala memang sedikit mirip dengan hidangan India karena dipercaya dulunya chef asal Bangladesh menambahkan sup krim tomat pada chicken tikka. Meski begitu, hidangan ini diciptakan di Glasgow pada tahun 1970-an dan dijadikan sebagai hidangan nasional Britania Raya. 

Chicken tikka masala terbuat dari ayam tandoori yang dimarinasi dan diberi saus krim tomat. Uniknya lagi, hidangan ini dijadikan simbol Britain modern multicultural pada tahun 2001.

6. Chicken Tabaka (Georgia)

6 Menu Berbahan Daging Ayam Asal Negara di Eropa, Bikin Ngiler!chicken tabaka (instagram/thetasteatlas)

Chicken tabaka adalah hidangan ayam goreng unik asal Georgia yang dimasak menggunakan tapa atau wajan tradisional. Sebelum digoreng, ayam perlu diratakan di atas tapa dengan pemberat di atasnya. 

Saat digoreng pula, ayam haruslah menghasilkan bagian luar yang crispy dan daging lembut di bagian dalam. Chicken tabaka dinikmati bersama dengan saus plum tkemali sebagai pelengkap. 

Nah, itu dia beberapa hidangan berbahan daging ayam yang banyak digemari di negara-negara Eropa. Kalian juga penasaran dengan rasa makanan di atas? 

Baca Juga: 6 Trivia Ayam Pop khas Minang, Bukan Sekadar Ayam Goreng!

Putry Prastiwi Photo Verified Writer Putry Prastiwi

Follow my ig @traveliss__

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya