Comscore Tracker

10 Ragam Minuman Nikmat Asal Spanyol, dari Kopi Sampai Minuman Cokelat

Non-alkohol ada juga kok!

Siapa yang tak kenal dengan negara satu ini? Spanyol merupakan negara monarki di Eropa yang beribu kota di Madrid. Selain terkenal dengan olahraga sepak bola, Spanyol juga memiliki kuliner popular yang mendunia lho. Sebut saja churros dan tortila yang kini menjadi camilan yang banyak dinikmati di berbagai negara.

Tapi, tak lengkap rasanya kuliner tanpa minuman khas. Nah, berikut ada beberapa minuman asal Spanyol yang wajib kamu coba saat berkunjung. Keep scrolling! 

1. Cortado

10 Ragam Minuman Nikmat Asal Spanyol, dari Kopi Sampai Minuman Cokelatinstagram/walkietalkiecoffe

Nama cortado berasal dari kata cortar yang berarti dipotong. Minuman ini menggunakan sedikit espresso pada gelas kecil yang kemudian dilanjutkan dengan menuangkan susu panas ke atasnya. Rasa dari susu tersebut dipercaya menetralisir rasa pahit dari espresso, meskipun rasio cortado menggunakan lebih banyak espresso daripada susu. 

2. Agua de valencia

10 Ragam Minuman Nikmat Asal Spanyol, dari Kopi Sampai Minuman Cokelatinstagram/alevkoa

Minuman jenis cocktail ini sudah ada sejak tahun 1959 di Valencia dan menjadi cukup populer pada tahun 1970. Komposisi minuman ini hanya menggunakan champange atau cava yang dicampur dengan gin, vodka dan jus jeruk. Agua de valencia disajikan dingin menggunakan gelas cocktail. 

3. Horchata

10 Ragam Minuman Nikmat Asal Spanyol, dari Kopi Sampai Minuman Cokelatinstagram/brokebankvegan

Horchata juga bisa ditemukan di Meksiko. Namun di Spanyol, horchata tidak menggunakan beras sebagai bahan utama. Horchata asal Valencia ini menggunakan gula, tiger nut, dan air yang menghasilkan minuman berwarna putih layaknya susu. Horchata sering dikonsumsi pada pertengahan Maret sampai musim panas berakhir. 

4. Sangria

10 Ragam Minuman Nikmat Asal Spanyol, dari Kopi Sampai Minuman Cokelatinstagram/home_chef_samira

Sangria merupakan minuman beralkohol yang paling digemari di Spanyol. Minuman ini menggunakan banyak buah-buahan seperti apel, nectarine, beri, peach, pir, dan nanas. Buah-buahan tersebut dimasukkan ke dalam pitcher lalu dituangkan minuman seperti soda, red wine, jus jeruk, dan tambahan gula. 

Sangria berarti berdarah. Dinamakan demikian karena warna dari minuman ini merah hasil dari tambahan red wine. 

5. Cafe con miel

10 Ragam Minuman Nikmat Asal Spanyol, dari Kopi Sampai Minuman Cokelatinstagram/tashcakes.tastes

Miel berarti madu. Sesuai namanya kopi ini menggunakan madu, satu gelas espresso, dan susu panas yang bertekstur seperti busa. Cafe con miel dituangkan berlapis pada gelas dan bagian atas susu yang berbusa sering ditambahkan bubuk kayu manis, vanilla, atau jahe. 

Karena sudah menggunakan madu, maka cafe con miel tidak lagi menambahkan gula. Saat akan dinikmati, cafe con miel harus diaduk sampai madunya tercampur rata. 

Baca Juga: 5 Jenis Keju Khas Spanyol yang Paling Terkenal, Kualitas Terbaik!

6. Barraquito

10 Ragam Minuman Nikmat Asal Spanyol, dari Kopi Sampai Minuman Cokelatinstagram/chaslie

Barraquito merupakan minuman kopi lainnya asal Spanyol namun memiliki keunikan karena campurannya menggunakan minuman beralkohol. Barraquito menggunakan minuman keras, espresso, susu kental manis, busa susu, dan bubuk kayu manis yang dituang berlapis pada gelas kaca panjang. 

Biasanya busa susu juga diganti dengan whipped cream dan ditambahkan potongan jeruk sebagai garnish. 

7. Cafe del tiempo

10 Ragam Minuman Nikmat Asal Spanyol, dari Kopi Sampai Minuman Cokelatinstagram/mariettalloru

Cafe del tiempo sedikit unik karena pada penyajiannya akan dihidangkan dua gelas. Satu gelas berisi kopi yang biasanya espresso atau jenis kopi khas Spanyol lainnya seperti cortado, barraquito, atau cafe bombon.

Sedangkan gelas lainnya berisi es batu dan potongan lemon. Nantinya, kopi yang disajikan akan dituang digelas berisi es batu dan lemon setelah ditakar rasa manisnya. Cafe del tiempo memiliki arti kopi cuaca. 

8. Leche merengada

10 Ragam Minuman Nikmat Asal Spanyol, dari Kopi Sampai Minuman Cokelatinstagram/m_antonieta_th

Minuman satu ini memiliki dua versi yaitu versi minuman seperti milkshake dan versi es krim. Terbuat dari susu yang dipanaskan lalu ditambahkan parutan kulit lemon dan kayu manis. Setelah itu dibiarkan dingin dan ditambahkan putih telur kocok. 

Campuran tadi biasanya akan didinginkan sampai setengah beku dan memiliki tekstur layaknya slushie. Ada juga yang membekukan sampai bertekstur layaknya es krim dan ditambahkan bubuk kayu manis di atasnya. 

9. Cafe bombon

10 Ragam Minuman Nikmat Asal Spanyol, dari Kopi Sampai Minuman Cokelatinstagram/rocioespinillo

Cafe bombon sedikit berbeda dari jenis minuman kopi lainnya di Spanyol. Hanya perlu menggunakan dua bahan yaitu espresso dan susu kental manis. Namun, layer pertama yang dituangkan pada gelas adalah susu kental manis baru kemudian ditambahkan espresso. 

Cafe bombon memiliki rasio 1:1 dari kedua bahan. Minuman kopi ini berasal dari Valencia dan sering disajikan di gelas bening agar layer dari minuman terlihat jelas. 

10. Chocolate caliente

10 Ragam Minuman Nikmat Asal Spanyol, dari Kopi Sampai Minuman Cokelatinstagram/cravingsjournal

Minuman cokelat kini bisa dinikmati di mana saja di berbagai negara di dunia. Namun, yang membedakan chocolate caliente dari minuman lainnya adalah penggunaan cornstrach untuk menghasilkan tekstur yang lebih kental dan padat. 

Sementara bahan utama dari minuman ini adalah dark chocolate, bubuk cocoa, gula, dan susu. Chocolate caliente sering dijadikan pendamping dari camilan khas spanyol yaitu churros. 

Itulah beberapa minuman khas asal Spanyol yang tak boleh kamu lewatkan saat berkunjung ke Spanyol. Ada yang pernah kamu coba?

Baca Juga: 10 Ragam Minuman Khas Asal India, Dari yang Hangat Sampai Menyegarkan

Putry Prastiwi Photo Verified Writer Putry Prastiwi

Follow my ig @traveliss__

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya