Comscore Tracker

5 Sup Berbahan Seafood Asal Negara Eropa yang Rasanya Unik dan Bergizi

Dingin-dingin cocoknya makan yang berkuah nih

Sup biasanya dijadikan sebagai makanan yang dinikmati selagi sakit demam atau flu karena dipercaya bisa menyegarkan badan. Biasanya, sup memiliki kuah yang jernih dan rasa yang lebih ringan. 

Hal ini berbeda dengan sup asal negara-negara Eropa yang menggunakan seafood sehingga menghasilkan rasa yang lebih unik. Nah, simak langsung yuk beberapa sup seafood nikmat di bawah ini! 

1. Cullen Skink (Skotlandia)

5 Sup Berbahan Seafood Asal Negara Eropa yang Rasanya Unik dan Bergizicullen skink (instagram/weerascal)

Sesuai namanya, sup satu ini berasal dari daerah Cullen yang terkenal sebagai desa nelayan. Cullen skink menggunakan ikan haddock yang diasapi lalu dimasak bersama dengan daun bawang, bawang bombai, kentang dan susu. 

Rasa yang dihasilkan dari bahan-bahan tadi adalah rasa creamy yang bertekstur kental. Cullen skink biasanya dinikmati bersama dengan white wine atau scotch whisky. 

2. Halaszle (Hungaria)

5 Sup Berbahan Seafood Asal Negara Eropa yang Rasanya Unik dan Bergizihalaszle (instagram/halaszle)

Halaszle memilki arti sup para nelayan dan menggunakan beberapa jenis ikan air tawar. Satu menunya bisa menggunakan dua sampai empat jenis ikan yang berbeda seperti Ikan kakap putih, ikan lele, dan lainnya. 

Uniknya, halaszle ini dimasak di luar rumah menggunakan panci besar dan dibiarkan matang di api terbuka. Rasa dari halaszle yaitu pedas karena kaldunya terbuat dari paprika. 

Baca Juga: 5 Sup Khas Yunani yang Paling Enak, Bikin Penasaran Cobain! 

3. Lohikeitto (Finlandia)

5 Sup Berbahan Seafood Asal Negara Eropa yang Rasanya Unik dan Bergizilohikeitto (instagram/alonka_good)

Lohikeitto disebut-sebut mirip dengan sup asal Swedia bernama loxsoppa yang juga menggunakan salmon. Selain fillet salmon, sup ini juga menggunakan potongan kentang dan wortel yang dimasak bersama kaldu ikandan cream. 

Rasanya yang creamy cocok disajikan hangat untuk musim dingin. Selain itu, lohikeitto juga kerap dinikmati bersama dengan roti dan potongan lemon. 

4. Fiskesuppe (Norwegia)

5 Sup Berbahan Seafood Asal Negara Eropa yang Rasanya Unik dan Bergizifiskesuppe (instagram/northwildkitchen)

Fiskesuppe dikenal sebagai hidangan nasional yang dinikmati di seluruh Norwegia dan memiliki versi berbeda di tiap daerahnya. Sup ini biasanya menggunakan beragam ikan dan sayuran yang dimasak bersama kuah yang terbuat dari mentega, susu dan cream. 

Rasa yang dihasilkan kaldu sup ini bercita rasa buttery dan tekstur yang begitu creamy. Saat disajikan, fiskesuppe diberi beberapa jenis herba dan perasan air lemon. 

5. Psarosoupa (Yunani)

5 Sup Berbahan Seafood Asal Negara Eropa yang Rasanya Unik dan Bergizipsarosoupa (instagram/createcookshare)

Psarosoupa atau yang berarti sup ikan ini terbuat dari ikan yang kebanyakan memiliki daging keras. Ikan-ikan tersebut seperti ikan kakap, ikan cod, atau ikan belanak merah. 

Bahan lainnya pun ditambahkan bersama dengan ikan seperti wortel, seledri, daun bawang, bawang bombai, bawang putih, dan kentang. Biasanya setelah matang, ikan akan dikeluarkan lalu kaldu dimasak bersama dengan nasi, telur, dan perasan lemon sehingga menghasilkan rasa yang lebih ringan. 

Itulah tadi 5 variasi sup dengan bahan seafood asal negara di Eropa. Kamu mau coba yang mana aja nih? 

Baca Juga: 5 Inspirasi Sup Creamy Berbahan Sayur yang Punya Cita Rasa Lezat

Putry Prastiwi Photo Verified Writer Putry Prastiwi

Follow my ig @traveliss__

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya