Comscore Tracker

7 Variasi Pancake Khas Prancis yang Menggugah Selera, Lezat Semua!

Menu simpel dan mengenyangkan

Pancake menjadi menu yang masih jarang dikonsumsi oleh warga Indonesia. Pancake paling popular adalah pancake original yang dinikmati bersama sirup atau madu. 

Tapi, di negara lain pancake punya beragam variasi lho seperti di Prancis. Mulai dari pancake kentang sampai kombinasi pie apel juga ada lho. Langsung disimak yuk! 

1. Truffade

7 Variasi Pancake Khas Prancis yang Menggugah Selera, Lezat Semua!truffade (instagram/fromagesaopauv)

Truffaude merupakan pancake kentang yang dikombinasikan dengan keju bercita rasa ringan seperti gruyere dan tomme fraiche de cantal. Truffaude berasal dari daerah Auvergne dan sering disajikan sebagai side dish atau dinikmati bersama steak. 

Terdapat juga versi lain truffaude yang mengganti keju dengan tomat. Saat akan dinikmati truffaude diberi garnish berupa potongan parsley. 

2. Crepes Suzette

7 Variasi Pancake Khas Prancis yang Menggugah Selera, Lezat Semua!crepes suzette (instagram/pattyinthekitchen)

Crepes suzette merupakan pancake ringan yang fresh karena menggunakan jeruk sebagai bahannya. Setelah crepes siap baru kemudian dituangkan saus khusus yang disebut suzette.

Suzette sendiri dibuat dari kombinasi bahan seperti mentega, jus jeruk, karamel dan minuman berperisa jeruk seperti Grand Marnier atau Curacao. Crepes suzette sendiri tercipta pada tahun 1895 di Monaco. 

3. Galettes de Bretagne

7 Variasi Pancake Khas Prancis yang Menggugah Selera, Lezat Semua!galettes de bretagne (instagram/nao_961)

Pancake satu ini berasal dari daerah Brittany yang merupakan pancake tipis terbuat dari tepung soba. Saat pancake selesai dibuat baru kemudian diisi dengan telur, ham, jamur, dan bacon. 

Legendanya, galettesde bretagne tercipta karena ketidaksengajaan seorang petani menumpahkan bubur soba. Kini, pancake lezat ini banyak dikonsumsi karena dipercaya dapat mencegah darah tinggi. 

Baca Juga: Macron Akui Tanggung Jawab Prancis di Genosida Rwanda 1994

4. Crepes Farcies

7 Variasi Pancake Khas Prancis yang Menggugah Selera, Lezat Semua!crepes farcies (instagram/cooking_by_lahriziya)

Crepes farcies adalah menu tradisional yang memiliki beragam isian. Pancakenya terbuat dari tepung, minyak zaitun, garam, susu dan telur baru kemudian diisi dengan bahan seperti bayam, kalkun atau ayam, jamur dan parutan keju parmesan. 

Biasanya bahan lainnya juga ditambahkan sebagai isian seperti daging, ham, saus tomat, bawang putih atau seafood. Setelah diisi, pancake kemudian dipanggang sampai kecokelatan baru kemudian dinikmati. 

5. Galette-saucisse

7 Variasi Pancake Khas Prancis yang Menggugah Selera, Lezat Semua!galette saucisse (instagram/tourismerennes)

Galette-saucisse merupakan street food yang dijual di berbagai food truck di Prancis. Dulunya, pancake ini dibuat menggunakan jeroan babi pada abad ke-15. 

Namun kini, galette-saucisse menggunakan sosis babi yang dipanggang kemudian dibungkus bersama dengan pancake soba. Biasanya sebagai pelengkap, pancake ini dinikmati bersama mustard, saus, mayones, atau keju. 

6. Gateau Mille Crepes

7 Variasi Pancake Khas Prancis yang Menggugah Selera, Lezat Semua!gateau mille crepes (instagram/jonasmich)

Gateau mille crepes dapat diartikan sebagai ribuan kue crepes sesuai tampilannya. Ini merupakan salah satu dessert klasik Prancis di mana lapisan pancake ditumpuk beberapa lapis. 

Untuk tiap lapisan biasanya diberi pastry cream baru kemudian ditumpuk lagi dan pada bagian paling atas diberi karamel. Gateau mille crepes biasanya dinikmati bersama beragam buah, whipped cream, atau es krim. 

7. Crepes Normande

7 Variasi Pancake Khas Prancis yang Menggugah Selera, Lezat Semua!crepes normande (instagram/alaviealavorte)

Crepes normande sering disebut sebagai pie apel di dalam pancake. Menggunakan tart apel yang dimasak bersama mentega, gula, dan kayu manis lalu dimasukkan dalam lapisan pancake. 

Pancake-nya sendiri terbuat dari kombinasi tepung, susu, gula, telur, dan sedikit garam. Crepes normande biasanya dinikmati bersama dengan es krim atau sirup karamel untuk menambah kelezatan.

Itulah beberapa pancake asal Prancis yang wajib kamu cicipi. Ada yang pernah kamu coba belum? 

Baca Juga: 5 Salad Khas Prancis yang Nikmat, Bisa Dijadikan untuk Menu Diet!

Putry Prastiwi Photo Verified Writer Putry Prastiwi

Follow my ig @traveliss__

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya