Comscore Tracker

5 Keunikan Danhobakbap, Labu Isi Nasi ala Korea untuk Menu Piknik

Tampilannya menarik, rasanya juga lezat

Labu dan nasi merupakan bahan masakan yang sangat lazim dikreasikan menjadi beragam olahan. Nah, kedua bahan ini pun tak kalah sedap saat dipadukan dalam satu kreasi. Misalnya, danhobakbap yang berasal dari Korea Selatan.

Nasi yang sudah diberi bumbu dan isian dimasukkan ke dalam labu. Penampilannya pun jadi terlihat lebih berbeda. Apa saja keunikan lain dari olahan nasi dan labu ini? Berikut 5 di antaranya.

1. Danhobakbap berasal dari kata dan (manis), hobak (labu), dan bap (nasi) dalam bahasa Korea

5 Keunikan Danhobakbap, Labu Isi Nasi ala Korea untuk Menu Piknikilustrasi danhobakbap (instagram.com/gooddays1172)

Danhobakbap juga disebut sebagai sweet pumpkin with rice stuffing. Penamaan ini bercikal-bakal dari bahan bakunya. Danhobakbap berbahan utama labu dan nasi. Secara etimologi, kata hobak berarti labu dan bap berarti nasi. Selain itu, kata dan pun merujuk pada cita rasa manis dari olahan satu ini.

2. Danhobakbap menggunakan labu kabocha dan beras ketan sebagai bahan utama

5 Keunikan Danhobakbap, Labu Isi Nasi ala Korea untuk Menu Piknikilustrasi danhobakbap (instagram.com/hawhaw7)

Lebih spesifik, labu yang digunakan untuk danhobakbap adalah jenis kabocha. Labu ini punya rasa manis yang khas. Tak hanya itu, warnanya pun lebih oranye sehingga tampak lebih menarik. Sedangkan untuk nasinya, jenis yang digunakan adalah beras ketan.

Baca Juga: 5 Makanan Korea dengan Cita Rasa Pedas, Bikin Nagih!

3. Danhobak dapat pula dilengkapi dengan kacang-kacangan

5 Keunikan Danhobakbap, Labu Isi Nasi ala Korea untuk Menu Piknikilustrasi danhobakbap (instagram.com/hoho_mom2)

Usut punya usut, beras ketan tersebut dapat beras ketan putih maupun ketan hitam. Selain labu dan nasi, danhobakbap juga dilengkapi dengan ragam bahan lainnya. Misalnya saja kacang-kacangan, seperti kacang hijau, chesnut, hingga kismis. Cita rasa dari danhobakbap pun menjadi lebih kaya.

4. Danhobakbap diolah dengan cara yang tak terlampau rumit

5 Keunikan Danhobakbap, Labu Isi Nasi ala Korea untuk Menu Piknikilustrasi danhobakbap (instagram.com/apatheia19)

Untuk pengolahannya, labu kabocha akan dikerik bagian dalamnya terlebih dahulu. Saat beras ketan menjelang matang, maka bahan tersebut akan dimasukkan ke dalam labu kabocha tadi.

Bahan-bahan pelengkap seperti kacang-kacangan dapat pula turut ditambahkan. Kemudian, labu beserta bahan-bahan tadi dikukus atau direbus hingga matang.

5. Danhobakbap kadang disajikan sebagai salah satu menu piknik

5 Keunikan Danhobakbap, Labu Isi Nasi ala Korea untuk Menu Piknikilustrasi danhobakbap (instagram.com/hansol3670)

Berdasarkan bahan-bahan bakunya saja sudah dapat ditebak, jika danhobakbap terbilang mengenyangkan. Tak mengherankan, jika danhobakbap pun kadang disajikan sebagai salah satu menu saat piknik. Disantap untuk menu biasa pun tak kalah sedap. Danhobakbap dapat disajikan bersama masakan lainnya.

Siapa sangka labu dan nasi bisa menjadi sajian yang menggiurkan. Kamu sendiri sudah pernah mencobadanhobakbap sebelumnya? 

Baca Juga: 5 Makanan Korea dari Labu, Mau Coba Bubur atau Kue?

Rahmadila Eka Putri Photo Verified Writer Rahmadila Eka Putri

Hai, salam kenal. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya