Comscore Tracker

5 Sajian Korea Berbahan Telur, Ada Beragam Kreasi Unik dan Menarik!

Bukan sekadar telur dadar atau rebus biasa, deh

Selain mudah dijumpai dan harga yang ramah di saku, telur juga merupakan bahan baku masakan yang terbilang praktis diolah. Di Korea Selatan, masyarakat setempat memasak telur menjadi ragam kreasi yang menarik.

Telur tersebut menjadi bahan utama untuk kuliner tradisional maupun kuliner kekinian. Apa saja?

1. Gyeran-mari 

5 Sajian Korea Berbahan Telur, Ada Beragam Kreasi Unik dan Menarik!Gyeran-mari (koreanbapsang.com)

Gyeran-mari juga dikenal dengan julukan Korean egg roll. Telur dadar gulung khas Korea ini tak hanya berbahan telur melainkan turut dilengkapi bahan-bahan tambahan. Hal ini lah yang membuat teksturnya tebal sehingga bagus saat digulung. Hidangan ini dapat disajikan sebagai makanan pendamping, lauk-pauk utama, bahkan dimasukkan ke dalam bekal.

2. Gyeran-jangjorim

5 Sajian Korea Berbahan Telur, Ada Beragam Kreasi Unik dan Menarik!Gyeran-jangjorim (10000recipe.com)

Gyeran-jangjorim adalah telur ayam rebus yang dimarinasi menggunakan kecap asin khas Korea. Telur rebus marinasi itu dihidangkan lengkap dengan kuahnya. Kuah tersebut merupakan campuran kecap asin dan bahan-bahan tambahan lainnya. Gyeran-jangjorim masih layak konsumsi ketika disimpan hingga satu minggu dalam kulkas, lho.

Baca Juga: 5 Fakta Gyeran-jangjorim, Telur Rebus Marinasi Kecap Asin ala Korea 

3. Gyeran-jjim

5 Sajian Korea Berbahan Telur, Ada Beragam Kreasi Unik dan Menarik!Gyeran-jjim (cbmpress.com)

Sesuai namanya, jjim yang merujuk pada hidangan kukus. Sajian telur yang satu ini memang merupakan telur kukus khas Korea. Bahan dan proses pembuatannya terbilang praktis.

Selain itu, keunikan dari gyeran-jjim adalah menggunakan ttukbaegi (panci tradisional Korea) sebagai alat masak sekaligus peralatan makan untuk menyajikannya.

4. Gyeran-bbang

5 Sajian Korea Berbahan Telur, Ada Beragam Kreasi Unik dan Menarik!Gyeran-bbang (10000recipe.com)

Gyeran-bbang alias Korean egg bread menggabungkan roti dengan telur. Tepatnya, telur mata sapi ditempatkan pada bagian atas yang juga menyatu dengan roti. Sensasi gurih dari telur berpadu dengan manisnya roti. Sajian ini merupakan jajanan pinggir jalan yang populer di Korea Selatan. Tak hanya itu, gyeran-bbang juga kerap dijadikan saat waktu sarapan.

5. Mechurial-jangjorim

5 Sajian Korea Berbahan Telur, Ada Beragam Kreasi Unik dan Menarik!Mechurial-jangjorim (10000recipe.com)

Mirip dengan gyeran-jangjorim, hidangan ini juga termasuk makanan yang dimarinasi dengan kecap asin khas Korea. Oleh sebab itu, warna telur rebusnya pun kecokelatan.

Akan tetapi, menchurial-jangjorim menggunakan telur puyuh. Kendati terbilang kecil, namun kandungan gizi dan kelezatannya tak kalah saing dari telur ayam. 

Nah, kamu paling tergoda dengan makanan berbahan telur ala Korea yang mana, nih? Coba masak salah satu hidangan di atas untuk menu makan di rumah, yuk!

Baca Juga: 5 Hal Tentang Gyeran-jjim, Telur Kukus Khas Korea yang Praktis Dibuat!

Rahmadila Eka Putri Photo Verified Writer Rahmadila Eka Putri

Indonesian, postgraduate student in Malaysia. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya