Comscore Tracker

Bikin Laper, Ini 14 Masakan Khas Vietnam yang Wajib Kamu Coba!

Pas banget, nih dimakan siang-siang begini!

Sebagai salah satu bagian dari negara-negara di kawasan ASEAN (Association of Southeast Asian Nations), Vietnam pun layak untuk dipertimbangkan bagi kamu para pecandu wisata kuliner Asia Tenggara. Citarasa dari berbagai masakan khas Vietnam tentunya tak boleh kamu lewatkan apabila berpelesir ke negara yang beribukota di Hanoi ini. Aneka hidangan mulai dari makanan berkuah hingga sajian penutup pun dapat kamu cicipi selama berlibur di negara yang terkenal dengan destinasi wisata Ha Long Bay tersebut.

Nah, berikut menu yang harus masuk dalam daftar wisata kulinermu di Vietnam.

Nó rất thơm ngon! (It's very delicious!)

1. Bánh mì

Bikin Laper, Ini 14 Masakan Khas Vietnam yang Wajib Kamu Coba!www.epicurious.com

Bánh mì merupakan sandwich ala Vietnam, namun berukuran sedikit lebih besar. Bánh mì terdiri dari sembilan lapisan bahan, mulai dari baquette bread, lalu dilanjutkan dengan jalapenos, daun ketumbar, wortel dan lobak, daging ham, dan daging babi khas Vietnam (atau pilih salah satu), timun, dan terakhir mayonnaise. Selain itu, Bánh mì ini juga bisa ditambah dengan irisan bawang bombay, serta saus tomat ataupun sambal.

2. Phở

Bikin Laper, Ini 14 Masakan Khas Vietnam yang Wajib Kamu Coba!www.hanoitourist.org

Phở terbuat dari  beberapa sayuran seperti sawi hijau atau touge, daun ketumbar, daun jeruk, mi beras dan beberapa irisan daging sapi/ayam/babi yang dipotong tipis kemudian dimasukkan ke dalam mangkuk berisi kuah bening dan segar. Phở juga terasa lebih segar bila di nikmati dengan perasan jeruk nipis dan disantap selagi hangat.

3. Cá kho tộ

Bikin Laper, Ini 14 Masakan Khas Vietnam yang Wajib Kamu Coba!www.halongbaytourism.org

Sepertinya, masakan yang dihidangkan dalam Clay Pot sudah menjadi tradisi bagi sebagian besar masyarakat di Asia Tenggara, termasuk Vietnam. Selain dapat menahan panas, Clay Pot juga efektif untuk melembutkan dan mengentalkan daging yang direbus. Hal ini pula yang berlaku ketika memasak Cá kho tộ. Makanan ini terdiri dari daging ikan yang direbus dengan gula dan bumbu ikan yang gurih sehingga menghasilkan kuah kental yang melumuri daging tersebut.

4. Cháo

Bikin Laper, Ini 14 Masakan Khas Vietnam yang Wajib Kamu Coba!http://huongbui.de

Cháo merupakan bubur khas Vietnam yang bertekstur lembut dan disajikan selagi hangat. Cháo dihidangkan dengan irisan daging ayam/dagiang ikan, atau juga jeroan daging, dan ditambah dengan potongan roti goreng yang renyah. Selain itu, Cháo juga ditaburi dengan daun bawang dan bubuk lada hitam. Makanan ini akan lebih nikmat jika ditambah dengan potongan toge, irisan daun jeruk nipis, jahe, dan saus ikan.

5. Bánh Cám

Bikin Laper, Ini 14 Masakan Khas Vietnam yang Wajib Kamu Coba!www.vickypham.com

Bánh Cám merupakan makanan berbahan ketan dilapisi wijen yang dibentuk bulat kecil. Bánh Cám berisi pasta kacang hijau yang manis, sedangkan bagian luarnya renyah. Makanan ini lazim di konsumsi sebagai cemilan di sore hari. Sekilas mirip onde-onde, ya?

6. Cá Phe

Bikin Laper, Ini 14 Masakan Khas Vietnam yang Wajib Kamu Coba!saigonfreetourguides.com

Siapa yang tidak tahu kopi Vietnam? Nah, Cá Phe ini merupakan kopi khas Vietnam yang dibuat dari campuran susu kental manis dan sebutir telur mentah. Rasanya sudah pasti nikmat sekali bagi kamu si pecinta kopi.

7. Cơm tấm

Bikin Laper, Ini 14 Masakan Khas Vietnam yang Wajib Kamu Coba!backpackerslife.info

Cơm tấm merupakan hidangan nasi yang terbuat dari 'beras patah' dengan tekstur yang lembut, dan dilengkapi dengan potongan berbagai macam lauk-pauk. Cơm tấm dapat dijadikan menu makan siang ketika berada di Vietnam.

8. Bún chả

Bikin Laper, Ini 14 Masakan Khas Vietnam yang Wajib Kamu Coba!agiadinh.net

Bún chả adalah sejenis hidangan mie berbahan tepung beras yang ditemani dengan pilihan aneka daging, daun seledri, dan daun ketumbar,  lalu disiram dengan kuah kaldu.

9. Bánh xèo

Bikin Laper, Ini 14 Masakan Khas Vietnam yang Wajib Kamu Coba!http://www.taste.com.au

Bánh xèo memiliki rasa yang gurih dan renyah. Makanan ini merupakan sejenis pancake berbentuk seperti crepes, yang terbuat dari tepung beras, santan, kunyit, lalu ditumis bersamaan dengan daging, udang, dan toge. Bánh xèo juga dilengkapi dengan selada dan daun herbal. Bánh xèo dihidangkan selagi hangat.

10. Bánh Tráng Nướng

Bikin Laper, Ini 14 Masakan Khas Vietnam yang Wajib Kamu Coba!http://milanplaza.com.vn

Bánh Tráng Nướng terdiri dari irisan daun bawang merah, daging babi cincang (yang sudah dimasak), udang kecil (rebon), dan juga telur puyuh mentah. Semua bahan tersebut dicampur diatas adonan yang dipanggang dan diberi saus tomat. Setelah kering dan matang, Bánh Tráng Nướng dapat disajikan dalam keadaan terbuka seperti pizza atau dilipat menjadi dua seperti crepes.

11. Gỏi cuốn

Bikin Laper, Ini 14 Masakan Khas Vietnam yang Wajib Kamu Coba!http://www.xiclo.com.au

Gỏi cuốn mirip seperi lumpia, namun tidak di goreng. Gulungan ini terdiri dari udang atau daging, yang kemudian dicelup dengan bumbu kacang. Gỏi cuốn adalah cemilan yang nikmat selama berjalan-jalan di Vietnam.

12. Ché

Bikin Laper, Ini 14 Masakan Khas Vietnam yang Wajib Kamu Coba!globetrottingstiletto.com

Ché merupakan sejenis makanan penutup dengan citrasa manis, gurih, dan legit. Makanan ini terdiri dari berbagai varian isian. Ada yang terbuat dari bubur kacang hijau, bubur ketan hitam, bubur jagung, bubur mutiara, ada rasa pisang, dan rasa durian. Bubur-bubur tersebut kemudian disajikan dengan kuah santan. Ché dapat dihidangkan hangat ataupun dingin sesuai selera.

13. Châ cá

Bikin Laper, Ini 14 Masakan Khas Vietnam yang Wajib Kamu Coba!http://www.littlemousycancook.com

Châ cá terdiri dari ikan fillet goreng, bihun, sayuran khas Vietnam, daun bawang, cabai merah, dan kacang tanah. Châ cá disajikan dengan memasukkan bihun yang sudah direbus ke dalam mangkuk, lalu ditambahkan minyak khas, kemudian diikuti dengan tumisan ikan dan sayuran, dan beberapa potongan cabai merah (jika ingin pedas). Semua bahan diaduk hingga tercampur rata, lalu taburkan kacang tanah, dan akhirnya siap disantap.

14. Nem rán

Bikin Laper, Ini 14 Masakan Khas Vietnam yang Wajib Kamu Coba!Pic. youtube

Bahan utama Nem rán yaitu daging cincang, daging kepiting/daging udang, bawang bombay, wortel, telur bebek, jamur, lada, garam dan beberapa bumbu penyedap lainnya. Semua bahan tersebut diaduk merata sebelum dimasukkan ke dalam kulit luar yang terbuat dari beras dan digulung dengan ukuran kecil. Gulungan tersebut lalu digoreng di dalam minyak panas. Nem rán dapat dimakan langsung, atau dicelupkan ke dalam Cham nuoc atau Umami pha (kecap ikan dicampur dengan jus lemon atau cuka, air, gula, bawang putih, dan cabai).

Rahmadila Eka Putri Photo Verified Writer Rahmadila Eka Putri

Indonesian, currently living in Malaysia. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You