Comscore Tracker

5 Fakta Kkultarae, Arum Manis versi Korea yang Dijajakan dengan Unik

Mau coba cirip arum manisnya Korea gak, nih?

Kudapan kerap disantap saat santai, sekadar sebagai pendamping teh dan kopi, hingga sebagai hidangan penutup (dessert). Sajian ini pun terbilang beragam di negara masing-masing. Misalnya saja kkultarae dari Korea Selatan. Nah, apa sih kkultarae itu?

1. Kkultarae bernama lain kue istana Korea dan sekilas mirip dengan arum manis di Indonesia

5 Fakta Kkultarae, Arum Manis versi Korea yang Dijajakan dengan Unikinstagram.com/chowhound10

Berdasarkan tampilan, kkultarae sekilas serupa dengan arum manis di Indonesia. Kalau di Korea Selatan, panganan ini dikenal dengan nama kue istana Korea alias Korean court cake. Selain itu, kkultarae juga disebut dengan King's candy dalam versi penamaan internasionalnya. 

2. Kkultarae bermakna "gulungan madu" sebab diolah dari paduan madu dan tepung terigu

5 Fakta Kkultarae, Arum Manis versi Korea yang Dijajakan dengan Unikinstagram.com/constanzajorqueram

Usut punya usut, kkultarae rupanya merujuk pada makna "gulungan madu". Hal ini tak mengherankan sebab panganan ini memang diolah dari madu yang dipadukan dengan tepung terigu. Adonan ini lantas dibentuk menjadi gulungan benang-benang halus.

Baca Juga: 10 Dessert Populer dari Korea Selatan, Kamu Wajib Coba!

3. Kkultarae memiliki isian berupa manisan seperti kacang almond (yang paling umum)

5 Fakta Kkultarae, Arum Manis versi Korea yang Dijajakan dengan Unikinstagram.com/filipinaseattleite

Kkultarae tak hanya khas dengan penggunaan madu sebagai bahan baku. Pasalnya, kudapan ini juga memiliki isian berupa manisan yang tak kalah menarik. Umumnya, isian yang dipakai adalah kacang almond. 

4. Kkultarae diolah dengan proses yang terbilang unik menggunakan bahan yang relatif sedikit

5 Fakta Kkultarae, Arum Manis versi Korea yang Dijajakan dengan Unikinstagram.com/kto_india

Proses pembuatan kkultarae diawali dengan memanaskan madu sekitar 3 hari. Apabila teksturnya sudah mengental, madu dicampurkan dengan tepung terigu untuk membuat adonan. Adonan tersebut lantas ditarik-tarik agar membentuk lembaran benang-benang tipis yang kemudian dipintal dan menyisipkan isiannya.

5. Kkultarae dibuat langsung di hadapan pembeli sambil beraksi teatrikal yang menarik

5 Fakta Kkultarae, Arum Manis versi Korea yang Dijajakan dengan Unikinstagram.com/kjycu

Hidangan penutup bercitara manis yang lembut ini juga dikomersilkan dengan gaya yang unik. Pasalnya,  kkultarae dibuat langsung di hadapan para pembeli. Selain itu, pedagang juga menyanyikan lagu dengan gaya teatrikal yang menarik. 

Wah, memang mirip seperti arum manis dalam kuliner Indonesia, ya? Kendati demikian, tentunya masing-masing kreasi memiliki daya tarik tersendiri. Kalau berkunjung ke Korea, jangan lupa cicipi kue istana tersebut!

Baca Juga: 5 Sajian Manis dari Panna Cotta, Dessert Lembut yang Mirip Puding!

Rahmadila Eka Putri Photo Verified Writer Rahmadila Eka Putri

Indonesian, currently living in Malaysia. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya