Comscore Tracker

5 Keunikan Larb, Salad Laos-Thailand yang Gak Kalah Hits dari Som Tam 

Larb pun terdiri dari ragam yang unik, lho

Selain som tam alias salad pepaya muda, Thailand juga punya suguhan salad lainnya yang tak kalah memanjakan lidah. Salad tersebut bernama "Larb".

Usut punya usut, Larb bukanlah salad biasa yang umumnya diisi dengan aneka sayuran. Penasaran dengan salad yang satu ini? Yuk, kepoin lebih lanjut!

1. Larb adalah salad yang unik sebab tak hanya terdiri dari sayuran tapi juga daging cincang

5 Keunikan Larb, Salad Laos-Thailand yang Gak Kalah Hits dari Som Tam instagram.com/2imaginaryboys

Larb dibaca sebagai "laaap" dengan intonasi khas dialek Thailand. Sajian yang satu ini termasuk ke dalam kategori salad yang unik. Pasalnya, larb tak hanya terdiri dari sayuran melainkan juga dilengkapi dengan daging cincang.

2. "Larb" mulanya berarti "mencincang daging" tapi sekarang lebih pada makna "keberuntungan"

5 Keunikan Larb, Salad Laos-Thailand yang Gak Kalah Hits dari Som Tam instagram.com/vegan_punks

Konon, mulanya makna larb berasal dari kata dalam bahasa Lanna di Thailand Utara. Istilah larb berkonotasi pada arti "mencincang daging". Namun, sekarang larb rupanya lebih umum dikaitkan dengan makna keberuntungan dalam bahasa Thailand maupun bahasa Laos. Oleh sebab itu, makanan ini pun kerap hadir pada acara pernikahan ataupun ritual keagamaan.

Baca Juga: 5 Trivia Som Tam, Si Salad Pepaya Muda yang Unik dari Thailand 

3. Larb juga umum dijumpai di Laos sebab berdekatan secara geografis dengan Thailand

5 Keunikan Larb, Salad Laos-Thailand yang Gak Kalah Hits dari Som Tam instagram.com/wildandwhole

Sebab wilayahnya yang berdekatan secara geografis, larb juga tak asing di negara Laos. Bahkan, di Thailand, hidangan ini pun paling umum dijumpai pada penduduk Isan yang mayoritasnya adalah suku Laos. Kendati demikian, larb versi Laos dan larb versi Thailand tentu memiliki keunikannya tersendiri.

4. Larb memiliki ragam variasi seperti Larb dari Laos dan Larb lanna dari Thailand utara

5 Keunikan Larb, Salad Laos-Thailand yang Gak Kalah Hits dari Som Tam instagram.com/djsana411

Larb terdiri dari aneka variasi. Ada larb dari Laos ataupun suku Laos yang tinggal di Isan, Thailand. Selain itu, ada pula larb lanna dari Thailand utara yang kerap dibuat oleh suku Tai Yuan/Khon Mueang. Keunikan dari ragam larb tersebut berasal dari bahan-bahan pembuatannya yang lantas juga berimbas pada cita rasa.

Misalnya, larb ala Laos menggunakan jeruk nipis dan kecap asin sehingga rasanya agak asam namun menyegarkan. Sedangkan, larb lanna tak memakai bahan tersebut karena lebih khas dengan penggunaan campuran bumbu kering. 

5. Larb ala Laos dan Larb lanna khas Thailand utara mengolah daging dengan agak berbeda

5 Keunikan Larb, Salad Laos-Thailand yang Gak Kalah Hits dari Som Tam instagram.com/cheese.and.han

Selain sayuran, bahan baku lain untuk larb adalah daging cincang. Untuk larb ala Laos, daging yang digunakan yaitu daging ayam, bebek, babi, sapi, ataupun ikan. Kalau larb lanna khas Thailand utara memakai daging babi ataupun daging ayam, bahkan darah dari hewan tersebut turut pula ditambahkan.

Wah, ternyata salad ala Thailand yang terkenal tak cuma som tam. Kalau som tam identik dengan pepaya muda, maka larb khas dengan sayuran dan dagingnya. Boleh juga nih dicoba buat untuk kreasi salad kamu nanti. Sesuaikan saja bahan-bahannya, ya.

Baca Juga: 5 Dressing Salad Homemade, Gampang dan Kaya Nutrisi

Rahmadila Eka Putri Photo Verified Writer Rahmadila Eka Putri

Hai, salam kenal. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya