Comscore Tracker

5 Kuliner Manis dari Finlandia Ini Cocok Temani Bersantai, Yuk Coba!

Beragam pilihan untuk temani waktu santai kamu  

Kudapan memang umumnya dilahap di waktu santai atau di sela aktivitas ringan. Ada beragam variasi kudapan tergantung bahan dan cita rasanya, seperti camilai dominan sensasi gurih atau manis.

Misalnya saja di Finlandia. Terdapat beberapa camilan bercita rasa manis yang siap memanjakan lidah para penikmatnya. Ada yang bertekstur garing, cair atau lunak. Kudapan apa saja itu? Yuk, cari tahu di bawah ini.

1. Laskiaispulla  

5 Kuliner Manis dari Finlandia Ini Cocok Temani Bersantai, Yuk Coba!ilustrasi laskiaispulla (instagram.com/paulahel)

Sekilas hidangan ini mirip seperti burger yang terdiri dari roti bulat dipotong menjadi dua bagian dan diberi isian diantaranya. Namun, jika burger berisi daging dan sayuran, maka laskiaispulla memiliki krim kocok, pasta almond, atau selain di dalamnya.

Untuk bagian atas rotinya, laskiaispulla dilengkapi taburan gula kasar (coarse sugar) atau gula bubuk (powdered sugar). Berdasarkan paduan bahan-bahannya saja sudah jelas jika roti yang satu ini akan terasa begitu manis.

2. Lörtsy  

5 Kuliner Manis dari Finlandia Ini Cocok Temani Bersantai, Yuk Coba!ilustrasi lörtsy (instagram.com/mari.annukka)

Lörtsy merupakan kuliner khas daerah Savonia. Tak sulit menemukan lörtsy karena kudapan ini umum dijajakan di pasar lokal. Makanan satu ini memiliki bentuk seperti bulan sabit atau setengah lingkaran.

Camilan manis lagi gurih ini diolah dengan teknik deep-frying. Teknik tersebut bertujuan agar seluruh bagian lörtsy dapat terendam sepenuhnya dalam minyak panas. Untuk isiannya, lörtsy umumnya diberi selai ataupun daging sapi giling (minced beef meat).

Baca Juga: 9 Fakta Kaffeost, Kopi Keju Khas Finlandia dengan Rasa yang Unik 

3. Tippaleipä  

5 Kuliner Manis dari Finlandia Ini Cocok Temani Bersantai, Yuk Coba!ilustrasi tippaleipä (instagram.com/yhteishyva)

Tippaleipä termasuk dalam kategori kue tradisional. Kue yang satu ini mempunyai tekstur renyah dengan cita rasa manis. Bentuknya pun sangat unik, yakni melingkar-lingkar. Usut punya usut, tippaleipä merupakan salah satu kudapan terpopuler di Finlandia, lho.

Untuk bagian atasnya, tippaleipä dibubuhkan dengan gula bubuk (powdered sugar). Sebagaimana camilan manis pada umumnya, tippaleipä pun akan lebih sedap jika dinikmati bersama teh atau kopi. 

4. Munkki  

5 Kuliner Manis dari Finlandia Ini Cocok Temani Bersantai, Yuk Coba!ilustrasi munkki (instagram.com/saarankotona)

Donat khas Finlandia ini dimasak dengan teknik deep-frying. Ternyata, munkki berkaitan dengan perayaan May Day yang merupakan festival nasional di Finlandia, lho. Momen tersebut pun diperingati setiap tanggap 1 Mei.

Mirip seperti donat pada umumnya, munkki juga berbentuk seperti cincin. Donat tersebut dibalur dengan gula pada sisi-sisinya. Dengan kata lain, rasa manis sudah dapat dinikmati, bahkan dari bagian terluarnya.

5. Mämmi  

5 Kuliner Manis dari Finlandia Ini Cocok Temani Bersantai, Yuk Coba!ilustrasi mämmi (instagram.com/_.pippuri._)

Mämmi diolah dari paduan bahan berupa air, rye flour, dan rye malt. Sekilas, makanan tradisional Finlandia ini tampak seperti puding. Namun, di saat bersamaan juga mämmi terlihat seperti bubur karena berkuah.

Selan itu, mämmi  juga tak dapat dipisahkan dari penggunaan dark molasses syrup. Kombinasi bahan-bahan tersebut membuat cita rasa mämmi menjadi sangat unik. Isian dan kuahnya berpadu menghasilkan cita rasa yang lebih kaya.

Finlandia tak hanya unggul dalam aspek pendidikan, ternyata kuliner khasnya pun tak kalah menarik untuk dijajal. Apalagi kalau kamu penggemar hidangan manis, jangan lupa mencicipi kelima kudapan saat berkunjung ke Filandia, ya.

Baca Juga: 9 Kuliner Sup Khas Polandia yang Cocok Disantap saat Musim Dingin

Rahmadila Eka Putri Photo Verified Writer Rahmadila Eka Putri

Hai, salam kenal. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya