Comscore Tracker

5 Serba-Serbi Pad Thai, Mi Goreng khas Thailand yang Unik

Gak kalah sedap dari Tom Yum , lho

Kuliner Thailand yang terkenal agaknya tak hanya Tom Yum. Selain hidangan berkuah tersebut, ada pula sajian lain yang tak kalah menggugah selera. Salah satunya yakni Pad Thai.

Popularitas dari Pad Thai pun kian meluas, bahkan hingga ke Indonesia. Nah, Pad Thai itu apa sih?

1. Pad Thai adalah kwetiau goreng khas Thailand, yang dilengkapi beragam bahan tambahan

5 Serba-Serbi Pad Thai, Mi Goreng khas Thailand yang Unikinstagram.com/transit_rest

Dulunya, Pad Thai disajikan di atas daun pisang dan koran, serta dijajakan sebagai jajanan kaki lima di Thailand. Berdasarkan tampilannya, Pad Thai merupakan hidangan berupa kwetiau goreng yang dilengkapi beragam bahan mulai dari nabati hingga hewani. Hal ini tak mengherankan sebab kata "pad" memang berarti goreng dalam bahasa Thai.

2. Pad Thai merupakan hidangan khas Thailand yang "spesial" sebab penyematan kata "Thai"

5 Serba-Serbi Pad Thai, Mi Goreng khas Thailand yang Unikinstagram.com/kluchale

Usut punya usut, penyematan kata "Thai" dalam Pad Thai memiliki keterkaitan dengan esensi untuk membangkitkan semangat nasionalisme. Pasalnya, sekitar tahun 1930-an, terdapat agenda untuk mengurangi konsumsi beras sebab mahalnya harga beras.

Baca Juga: Resep dan Cara Membuat Pad Thai Khas Thailand ala Yummy App yang Enak

3. Pad Thai berbahan baku berupa mi, serta bahan nabati dan hewani, bahkan nam phla

5 Serba-Serbi Pad Thai, Mi Goreng khas Thailand yang Unikinstagram.com/kristarychnovska

Bahan baku Pad Thai adalah mie (yang tampilannya mirip seperti kwetiau). Selain itu, sajian ini pun dilengkapi nam phla (saus ikan khas Thailand), serta bahan nabati seperti tauge, kucai, lobak, tahu, kacang, jeruk nipis, hingga bahan hewani seperti udang, daging sapi, telur dadar.

4. Pad Thai memiliki cita rasa yang kaya dan berasal dari perpaduan ragam bahan-bahannya

5 Serba-Serbi Pad Thai, Mi Goreng khas Thailand yang Unikinstagram.com/healthymelty.life

Sebab bahannya yang beragam, cita rasa dari Pad Thai pun turut kaya. Tepatnya, perpaduan manis, agak asam, dan gurih. Tak hanya itu, kelezatan Pad Thai pun diperkuat melalui aroma rempah yang kian menggugah selera.

5. Pad Thai dikonsumsi dengan cara yang cukup unik

5 Serba-Serbi Pad Thai, Mi Goreng khas Thailand yang Unikinstagram.com/theflavourtrailbydivya

Pad Thai disantap selagi masih hangat. Sekilas, Pad Thai terlihat seperti kwetiau goreng biasa. Kendati demikian, Pad Thai memiliki cara makan yang cukup unik. Tak hanya penggunaan nam phla (saus ikan khas Thailand), bahan-bahan pelengkap seperti kacang, cabai, hingga perasan jeruk nipis dicampurkan sesaat sebelum menyantap Pad Thai.

Thailand agaknya kian menarik perhatian netizen Indonesia. Tak hanya sineas perfilmannya yang semakin mendulang popularitas, kuliner lokalnya juga tak kalah terkenal. Selain Tom Yum, kamu juga harus coba Pad Thai. Sudah coba belum?

Baca Juga: 5 Kreasi Olahan Pad Thai yang Cocok Dijadikan Ide Menu Makan Lezat

Rahmadila Eka Putri Photo Verified Writer Rahmadila Eka Putri

Indonesian, currently living in Malaysia. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya