Comscore Tracker

Selain Jepang, 6 Negara Ini Juga Punya 'Sashimi' yang Khas Loh

Indonesia pun punya!

Bagi para penggemar makanan mentah (raw food), Sashimi merupakan sajian yang sepertinya sudah pasti pernah dicoba. Nah, ternyata tak hanya Jepang yang memiliki hidangan berupa makanan laut dengan kesegaran prima yang dapat langsung dimakan dalam keadaan mentah dan ditemani dengan beberapa penyedap.

Negara-negara berikut ini juga mempunyai kuliner berbahan daging mentah yang diolah sedemikian rupa hingga menjadi suatu masakan yang layak untuk disantap. Tentu saja, makanan-makanan berikut dapat dijadikan variasi kuliner bagi kamu yang berburu makanan mentah nan menggugah selera.

Hmm, penasaran dengan olahan masakannya? Yuk, intip hidangan berikut ini.

1. Ahi Poke dari Hawaii.

Selain Jepang, 6 Negara Ini Juga Punya 'Sashimi' yang Khas Lohwww.seriouseats.com

Ahi Poke terdiri dari daging ikan tuna sirip kuning yang masih mentah, kemudian dipotong dadu, dibumbui dengan garam kasar, sedikit kecap asin, kemiri halus yang disangrai, minyak wijen, rumput laut, dan cabai cincang.

2. Gohu dari Indonesia.

Selain Jepang, 6 Negara Ini Juga Punya 'Sashimi' yang Khas Lohfood.idntimes.com

Gohu merupakan kuliner khas dari Ternate. Makanan ini terbuat dari ikan tuna segar yang dipotong dan dilumuri dengan air lemon, kemangi, cabai rawit, bawang merah, kacang tanah, dan siraman minyak panas.

3. Carpaccio dari Italia.

Selain Jepang, 6 Negara Ini Juga Punya 'Sashimi' yang Khas Lohwww.thespruce.com

Carpaccio merupakan hidangan daging mentah yang diiris atau dipukul-pukul hingga tipis. Daging yang dipakai umumnya adalah daging sapi, akan tetapi Carpaccio juga dapat menggunakan salmon atau tuna.

4. Koi Pla dari Laos.

Selain Jepang, 6 Negara Ini Juga Punya 'Sashimi' yang Khas Lohrecipepes.com

Makanan yang satu ini terdiri dari ikan mentah yang dicincang halus. Kemudian, cincangan daging tersebut dibumbui dengan bumbu salad pedas yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, serai, kecap ikan, jeruk nipis, cabai rawit, daun bawang, daun mint, dan daun ketumbar.

5. Ceviche dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

Selain Jepang, 6 Negara Ini Juga Punya 'Sashimi' yang Khas Lohhttp://www.foodandwine.com

Ceviche diolah dari ikan segar yang dibaluri perasan air lemon atau jeruk nipis, kemudian ditambahkan dengan cabai, irisan bawang bombay, garam, dan daun ketumbar. Hidangan ini umumnya disajikan bersama ubi, selada, jagung, avokad, atau pisang masak.

6. Tuna Tartare dari Amerika Serikat.

Selain Jepang, 6 Negara Ini Juga Punya 'Sashimi' yang Khas Lohchoosingchia.com

Tuna Tartare dibuat dari tuna yang dicincang halus, lalu dihidangkan dengan bawang bombay, caper, lada halus, dan kecap Inggris.

 

Rahmadila Eka Putri Photo Verified Writer Rahmadila Eka Putri

Indonesian, currently living in Malaysia. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya