Comscore Tracker

5 Serba-Serbi Pangek Pisang, Sajian Minang yang Unik tapi Langka

Biasanya olahan pangek menggunakan ikan #LokalIDN

Di antara beragam variasi kuliner Minang, pangek pisang merupakan salah satu yang unik. Pasalnya, olahan "pangek" lazimnya menggunakan bahan baku berupa ikan. Akan tetapi, kreasi dunia kuliner rupanya sanggup menyulap buah-buahan seperti pisang untuk dijadikan pangek. Nah, yuk simak ulasannya lebih lanjut!

1. Pangek pisang berasal dari Solok serta bercita rasa gurih lagi manis

5 Serba-Serbi Pangek Pisang, Sajian Minang yang Unik tapi Langkainstagram.com/nofrins

Usut punya usut, pangek pisang merupakan kuliner khas dari Solok. Sajian ini menyuguhkan cita rasa gurih lagi manis yang merupakan paduan antara pisang dan santan. Tak mengherankan mengapa pangek pisang sedap disantap sebagai pendamping teh atau kopi.

2. Pangek pisang merupakan variasi olahan "pangek" yang tak melulu harus ikan

5 Serba-Serbi Pangek Pisang, Sajian Minang yang Unik tapi Langkainstagram.com/novieamri

Ditilik dari namanya, "pangek" merujuk pada jenis gulai yang dimasak hingga teksturnya mengental. Jenis masakan ini umumnya menggunakan bahan hewani seperti ikan, namun rupanya bahan nabati seperti pisang pun dapat pula dikreasikan sebagai pangek pisang.

Baca Juga: Resep Pisang Bakar Madu yang Praktis dan Simpel, Seporsi Mana Cukup!

3. Pangek pisang memiliki bahan baku berupa pisang batu (ataupun pisang kepok) dan santan

5 Serba-Serbi Pangek Pisang, Sajian Minang yang Unik tapi Langkainstagram.com/dapur_hanin07

Pangek pisang berbahan baku berupa pisang batu (ataupun pisang kepok) dan santan, serta bahan-bahan pelengkap lain. Proses pengolahannya dimulai dari mengupas dan mencuci pisang, lalu direbus dengan santan dan bahan-bahan lain.

Agar aromanya lebih wangi, pangek pisang dapat pula ditambahkan dengan daun pandan. Apabila kuahnya sudah berubah kuning dan tekstur pisang sudah lunak, maka pangek pisang pun siap diangkat untuk disajikan.

4. Pangek pisang jarang ditemukan di keseharian karena biasanya disajikan pada acara tertentu

5 Serba-Serbi Pangek Pisang, Sajian Minang yang Unik tapi Langkainstagram.com/junkofoodinar

Rupanya, panganan tradisional ini cukup jarang ditemukan dalam keseharian. Sebab, pangek pisang biasanya disajikan saat acara tertentu seperti upacara adat, Lebaran, pesta penikahan, hingga sebagai hantaran dari menantu kepada mertua.

5. Pangek pisang disajikan bersama ketan putih maupun hitam, bahkan nasi lamak

5 Serba-Serbi Pangek Pisang, Sajian Minang yang Unik tapi Langkainstagram.com/dapur_hanin07

Untuk penyajiannya, pangek pisang umumnya dihidangkan bersama ketan putih maupun ketan hitam. Kendati demikian, terdapat pula sedikit variasi lain seperti di Solok Selatan, tepatnya pangek pisang disantap bersama nasi lamak.

Pisang termasuk buah yang kerap diolah ke dalam ragam masakan. Agaknya ini dipengaruhi pula oleh harga dan ketersediaannya yang terbilang mudah dijangkau. Salah satu kreasi kuliner tradisional yang menggunakan buah ini adalah pangek pisang dari Solok, Sumatera Barat. Jangan lupa dicicipi jika berkunjung, ya!

Baca Juga: Resep Pisang Goreng Kriuk Lapis Tepung Roti, Renyahnya Tahan Lama!

Rahmadila Eka Putri Photo Verified Writer Rahmadila Eka Putri

Indonesian, currently living in Malaysia. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya