Comscore Tracker

5 Trivia Songgeng Ayam, Menu Wajib dalam Adat Peminangan di Minang

Tepatnya, menurut tradisi di daerah Pariaman #LokalIDN

Songgeng ayam adalah satu dari sekian variasi olahan ayam ala kuliner Minang. Kendati demikian, songgeng ayam agaknya memang bukan merupakan menu yang termasuk ke dalam hidangan harian. Selain itu, menu ini rupanya memiliki nilai tradisi yang kental, lho. Yuk, simak ulasan singkat tentang songgeng ayam tersebut! 

1. Penamaan "songgeng ayam" merujuk pada tampilan hidangan saat disajikan

5 Trivia Songgeng Ayam, Menu Wajib dalam Adat Peminangan di Minangweb.facebook.com/Fitri Dewanti

Usut punya usut, penamaan "songgeng ayam" tersebut disebabkan oleh tampilan ayam saat disajikan memang dalam posisi menungging. Tepatnya, kata "sungging" dalam bahasa Indonesia memiliki padanan "songgeng" dalam bahasa Minang. 

2. Songgeng ayam agaknya merupakan menu yang lazim di daerah Pariaman

5 Trivia Songgeng Ayam, Menu Wajib dalam Adat Peminangan di Minangrumah-makan-mangga-raya.business.site

Agaknya menu ini masif dikenal di daerah Pariaman, Sumatera Barat. Secara umum, daerah ini mencakup Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman. Pasalnya, songgeng ayam memang termasuk unsur yang melengkapi dalam suatu tradisi di kawasan tersebut.

Baca Juga: 6 Trivia Ayam Pop khas Minang, Bukan Sekadar Ayam Goreng!

3. Songgeng ayam adalah salah satu hidangan yang harus tersedia dalam adat peminangan 

5 Trivia Songgeng Ayam, Menu Wajib dalam Adat Peminangan di Minangcookpad.com/desmawati kuretangin

Lebih lanjut, songgeng ayam merupakan satu dari sekian hidangan yang harus disediakan untuk prosesi hantaran dalam adat pertunangan atau peminangan di Pariaman. Tepatnya, saat acara yang disebut batuka tando atau batimbang tando

4. Pengolahan songgeng ayam melibatkan proses ungkep dan penggorengan singkat

5 Trivia Songgeng Ayam, Menu Wajib dalam Adat Peminangan di Minangcookpad.com/desmawati kuretangin

Untuk pengolahannya, songgeng ayam menggunakan ayam kampung (lebih bagus lagi ayam jantan berukuran cukup besar). Ayam tersebut dibersihkan (isinya dikeluarkan), dimarinasi dengan bumbu-bumbu, lalu diungkep agar bumbu lebih meresap. Selanjutnya, ayam digoreng sebentar hingga teksturnya menjadi lebih kering. 

5. Songgeng ayam disajikan bersama bahan-bahan lain sebagai hiasannya

5 Trivia Songgeng Ayam, Menu Wajib dalam Adat Peminangan di Minangcookpad.com

Untuk penyajiannya, songgeng ayam terdiri dari ayam utuh (yang isinya sudah dikeluarkan) yang telah dimasak, lalu dilengkapi mie kuning dan bahan-bahan lain seperti irisan tomat, potongan mentimun, dan selada sebagai garnish agar tampilannya lebih menarik.

Nah, kuliner tak hanya soal cita rasa, namun juga esensi budaya yang diusungnya. Contohnya saja songgeng ayam yang menjadi hidangan krusial pada proses peminangan dalam adat Pariaman. Ssst, jika calon pasanganmu adalah orang Pariaman, jangan lupakan songgeng ayam, ya!

Baca Juga: 6 Kudapan khas Minang Berbahan Singkong, Ada yang Lembut hingga Kriuk!

Rahmadila Eka Putri Photo Verified Writer Rahmadila Eka Putri

Indonesian, currently living in Malaysia. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya