Comscore Tracker

5 Trivia Rabokki, Kudapan Korea yang Gak Kalah Sedap dari Tteokbokki!

Paduan ramyeon dan tteokbokki, nih

Kudapan sekilas tampak biasa tapi rupanya menyuguhkan keunikan yang tak kalah menarik dari menu utama. Bahan baku maupun tampilannya pun terdiri atas aneka ragam. Misalnya saja adalah rabokki yang berasal dari Korea.

Jadi salah satu street food pilihan yang bisa dicicipi kala ke Korea, rabokki tak kalah lezat dari tteokbokki, lho. Yuk, cari tahu lebih lanjut mengenai rabokki lewat 5 trivianya di bawah ini.

1. Rabokki merupakan paduan dua bahan utama yakni ramyeon dan tteokbokki sesuai namanya

5 Trivia Rabokki, Kudapan Korea yang Gak Kalah Sedap dari Tteokbokki!instagram.com/jinyoung_chloe_

Usut punya usut, penamaan rabokki rupanya merujuk dari bahan baku yang digunakan untuk pembuatannya. Tepatnya, rabokki berasal dari kata ramyeon dan tteokboki. Dengan kata lain, camilan yang satu ini merupakan hidangan tteobokki yang diberi tambahan berupa mie instan khas Korea, yakni ramyeon.

2. Rabokki memiliki cita rasa pedas yang berpadu dengan tekstur kenyal dari bahan bakunya

5 Trivia Rabokki, Kudapan Korea yang Gak Kalah Sedap dari Tteokbokki!instagram.com/seren_dipity_03

Sebagaimana cita rasa sajian tteokbokki alias Korean spicy rice cake pada umumnya, rabokki pun menawarkan paduan tekstur kenyal dari bahan bakunya dan sensasi pedas yang khas dari sausnya. Hal ini bercikal-bakal dari penggunaan gochujang (pasta cabai khas Korea) yang kentara.

Baca Juga: Resep Rabokki Sederhana, Hanya Modal Indomie dan Gochujang

3. Rabokki tak hanya menggunakan ramyeon dan tteokbokki tapi juga bahan-bahan tambahan lain

5 Trivia Rabokki, Kudapan Korea yang Gak Kalah Sedap dari Tteokbokki!instagram.com/h.ju.hee_sony

Rabokki tak hanya disajikan dengan ramyeon dan tteokbokki saja. Pasalnya, bahan lain pun kerap ditambahkan sebagai pelengkap sesuai selera. Telur rebus dan eomuk (fish cake) merupakan bahan tambahan yang paling umum dipilih. Selain itu, terkadang ada pula yang menambahkan keju yang dilelehkan sebagai campuran untuk sausnya.

4. Rabokki diolah dari bahan-bahan yang umum dijumpai dan proses yang tak begitu rumit

5 Trivia Rabokki, Kudapan Korea yang Gak Kalah Sedap dari Tteokbokki!instagram.com/hjk_blue

Proses pembuatan rabokki terbilang tak rumit. Bahan-bahannya pun umum dijumpai. Sesuai namanya, bahan bakunya yakni ramyeon dan tteok (kue beras). Kemudian, bahan-bahan lain digunakan untuk saus. Ada gochujang (pasta cabai khas Korea), gochugaru (bubuk cabai khas Korea), air, gula, garam, bawang putih, serta daun bawang.

5. Rabokki disantap selagi hangat dan termasuk kategori jajanan pinggir jalan di Korea

5 Trivia Rabokki, Kudapan Korea yang Gak Kalah Sedap dari Tteokbokki!instagram.com/dookyum_89

Sajian yang satu Ini merupakan salah satu kudapan yang lazim dijajakan sebagai jajanan pinggir jalan di Korea. Tepatnya, rabokki tersebut dijual di bunsikjip (snack bars). Agar kelezatannya prima, rabokki sebaiknya dilahap selagi masih hangat.

Camilan dari negeri ginseng, Korea Selatan, ini tampak lezat ya? Rabokki dapat dijadikan pilihan untuk menikmati kreasi masakan dari Korea, nih.

Baca Juga: 5 Trivia Nakji Bokkeum, Olahan Gurita Pedas ala Korea yang Populer!

Rahmadila Eka Putri Photo Verified Writer Rahmadila Eka Putri

Indonesian, postgraduate student in Malaysia. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya