Comscore Tracker

5 Serba-Serbi Yuja-cha, Teh Tradisional Korea yang Bantu Sembuhkan Flu

Proses pengolahannya butuh waktu yang lama lho

Teh merupakan minuman yang sangat umum dijumpai di berbagai negara. Bahan baku untuk membuat teh pun beraneka ragam. Misalnya saja di Korea Selatan, ada teh unik yang dibuat dari bahan selain daun atau pucuk dari tanaman teh. Teh tersebut bernama yuja-cha. Di bawah ini adalah ulasannya, yuk disimak!

1. Yuja-cha merupakan teh tradisional yang diolah dari buah yuja ataupun selai yuja

5 Serba-Serbi Yuja-cha, Teh Tradisional Korea yang Bantu Sembuhkan FluYuja-cha (instagram.com/yeji_t2022)

Yuja-cha alias teh yuja merupakan salah satu varian teh tradisional Korea. Teh ini diolah dari buah yuja ataupun selai yuja (yuja-cheong) yang diseduh dengan air panas. Selain itu, madu pun umum ditambahkan ke dalamnya.

2. Yuja-cha beraroma kuat dan bercita rasa agak pahit namun juga masih terasa manis 

5 Serba-Serbi Yuja-cha, Teh Tradisional Korea yang Bantu Sembuhkan FluYuja-cha (instagram.com/goryeo.girl)

Sesuai ciri khas buah yuja yang beraroma kuat, teh yuja pun unik dengan aroma tersebut.  Untuk cita rasa akhir, yuja-cha menyuguhkan paduan yang agak pahit namun juga masih terasa manis. Apabila ingin rasa manis yang lebih, maka cukup tambahkan madu sesuai selera. 

Baca Juga: 5 Keunikan Oksusu-cha, Teh Herbal Korea dari Biji Jagung Panggang!

3. Yuja-cha disebut "citron tea" ataupun "honey citron tea" untuk penamaan internasionalnya 

5 Serba-Serbi Yuja-cha, Teh Tradisional Korea yang Bantu Sembuhkan FluYuja-cha (instagram.com/y.bbobbo)

Dalam penamaan internasionalnya, yuja-cha kerap dirujuk sebagai citron tea. Selain itu, sebab penggunaan madu yang umum, teh yuja juga disebut dengan honey citron tea. Kendati demikian, buah yuja dan citron pada dasarnya merupakan jenis buah yang berbeda walaupun sesama kategori Citrus (jeruk-jerukan).

4. Yuja-cha membutuhkan durasi pengolahan yang terbilang cukup lama hingga diolah jadi teh

5 Serba-Serbi Yuja-cha, Teh Tradisional Korea yang Bantu Sembuhkan FluYuja-cha (instagram.com/g_rin__)

Kendati dapat dibuat ala rumahan, rupanya pengolahan yuja-cha terbilang lama. Mulanya, buah yuja dibersihkan, diiris tipis, dimasukkan ke dalam wadah, lalu dicampurkan dengan madu. Bahan tersebut lantas disimpan pada tempat gelap namun sejuk selama sekitar 6 bulan (hingga teksturnya berubah menjadi sirup atau selai).

Apabila sudah menjadi sirup atau selai, selanjutnya dapat diolah menjadi teh yuja dengan menyeduhnya ke dalam air panas. Selai atau sirup tersebut juga dapat digunakan sebagai olesan untuk roti ataupun tambahan untuk es krim. 

5. Yuja-cha populer dinikmati saat musim dingin dan disinyalir dapat membantu meredakan flu

5 Serba-Serbi Yuja-cha, Teh Tradisional Korea yang Bantu Sembuhkan FluYuja-cha (instagram.com/uri.nnh)

Yuja-cha merupakan varian teh yang populer di berbagai daerah di Korea Selatan, terutama saat musim dingin. Selain enak, teh yuja juga disinyalir bagus untuk membantu meredakan influenza. Yuja-cha pun sudah umum dikomersilkan di pasar maupun supermarket.

Apakah kamu tertarik untuk menyimpan teh yuja sebagai persiapan apabila flu menyerang?

Baca Juga: 5 Jenis Teh yang Bukan Berasal dari Daun Teh, Ada Apa Saja?

Rahmadila Eka Putri Photo Verified Writer Rahmadila Eka Putri

Indonesian, postgraduate student in Malaysia. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya