Comscore Tracker

Dapat Turunkan Berat Badan, 5 Manfaat Air Jahe Ini Jarang Diketahui

Mampu bantu program dietmu lho...

Banyak dari kita yang sedikit mengetahui manfaat dari tanaman rimpang yang satu ini. Yang kita ketahui, air jahe hanya untuk mengobati rasa mual dan pening. Padahal, jahe memiliki segudang manfaat untuk mengatasi alergi, stress, diabetes hingga penyakit kronis. Selain itu, kandungan-kandungan dalam jahe ini juga sangat membantu program dietmu, lho !

Yuk, simak 5 manfaat air jahe yang jarang kita ketahui dibawah ini !

1. Mengurangi gejala peradangan akibat alergi

Dapat Turunkan Berat Badan, 5 Manfaat Air Jahe Ini Jarang Diketahuirecipes.com

Jahe mengandung anti-inflamasi dan anti-mikroba, yang secara efektif dapat mengurangi gejala mengganggu ataupun peradangan yang disebabkan oleh alergi makanan.Jahe juga merupakan antihistamin alami dan dekongestan, yang mampu mengurangi rasa gatal akibat alergi. Setengah iris jahe dapat ditambahkan dalam teh atau dimakan dengan madu untuk mengobati dan mencegah alergi.

2. Melindungi tubuh dari efek radikal bebas

Dapat Turunkan Berat Badan, 5 Manfaat Air Jahe Ini Jarang Diketahuihellosehat.com

Jahe adalah sumber antioksidan tinggi yang berpotensi melindungi tubuh dari efek buruk radikal bebas.Radikal bebas disebut menjadi faktor risiko dari berbagai penyakit kronis seperti tumor, kanker, penyakit jantung, Alzheimer hingga penuaan dini.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam US Nationnal Library of Medicine National Institutes of Health menyebut jahe dapat membantu mencegah kanker. Hal ini karena jahe memiliki kandungan gingerol yang dapat mengecilkan pertumbuhan tumor pada penyakit kanker usus. Jahe juga memiliki fungsi anti inflamasi yang dapat melawan pertumbuhan sel kanker pada rahim. Artinya, rutin mengonsumsi air jahe juga dapat membantu mencegah perkembangan kanker rahim.

3. Menstabilkan gula darah

Dapat Turunkan Berat Badan, 5 Manfaat Air Jahe Ini Jarang Diketahuiinsidephilanthropy.com

Selain itu, jahe juga mampu menurunkan kadar gula darah dan membantu mengatur respon insulin pada penderita diabetes. Dikutip dari Health News, sebuah penelitian terbaru berhasil membuktikan dampak luar biasa dari konsumsi jahe yang mampu melawan diabetes.

Dalam penelitian ini, 70 penderita diabetes dilibatkan dan dibagi kelompok. Hasilnya, kelompok penderita diabetes yang mengonsumsi jahe cenderung mampu menurunkan berbagai parameter kesehatan, termasuk glukosa, resistensi insulin, kolesterol total, trigliserida, hingga peradangan dalam tubuh. Nah, untuk menstabilkan gula darah, cukup minum dua sampai tiga kali sehari perasan jahe yang sudah dicampur madu secukupnya.

Baca Juga: Resep Mudah Bikin Ayam Panggang Jahe, Badan Jadi Hangat Saat Hujan

4. Membantu menurunkan berat badan

Dapat Turunkan Berat Badan, 5 Manfaat Air Jahe Ini Jarang Diketahuilifestyle.kompas

Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti dari Institute for Human Nutrition di Columbia University menemukan bahwa mengonsumsi jahe panas untuk diet bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Karena ternyata jahe mampu mengendalikan kadar gula darah dan kolesterol, serta meningkatkan laju metabolisme sehingga tubuh lebih efektif membakar lemak. Akibatnya, Anda pun cenderung tidak ingin makan lebih banyak nantinya.

Nah, merutinkan minum air jahe hangat tiap pagi, mampu membuatmu menurunkan berat badan karena anda sudah merasa kenyang. Tapi jangan lupa ya, anda harus tetap rutin berolahraga dan memakan makanan asupan sehat, ya.

5. Meredakan stres

Dapat Turunkan Berat Badan, 5 Manfaat Air Jahe Ini Jarang DiketahuiGlobalyoungvoices.com

Menurut ahli gizi, Alice Mackintosh, jahe dapat mengatasi stres psikologis sebab kandungan antioksidan yang kuat serta gingerol dalam jahe dapat membersihkan zat kimia berbahaya yang dihasilkan tubuh saat muncul rasa cemas. Alice menyarankan cukup meminum jahe yang sudah dicincang dicampur dengan air panas dan irisan lemon.

Nah, mulai dari sekarang yuk mulai hidup sehat dengan jahe! Eitss, jangan lupa untuk tetap berolahraga dan makan makanan sehat yaa..

Baca Juga: 7 Khasiat Jahe untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bikin Makin Cantik!

Raisanada Photo Community Writer Raisanada

So long as they speak your name, you shall never die

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You