Comscore Tracker

5 Dipping Sauce Terfavorit di Turki, Tak Hanya Hummus!

Bikin makanan jadi makin lezat

Saus bisa menjadi salah satu makanan yang menjadi pelengkap suatu hidangan tertentu. Biasanya saus dapat menambah kelezatan dari beragam menu. Turki adalah salah satu negara yang mempunyai aneka jenis saus yang tak hanya populer di negara ini saja, namun diantaranya juga sudah mendunia.

Saus khas Turki dapat menjadi pelengkap bagi hidangan seperti roti, olahan daging, salad, hingga gorengan. Seperti apa jenis-jenis saus khas Turki? Yuk, simak artikel berikut!

1. Menemen

5 Dipping Sauce Terfavorit di Turki, Tak Hanya Hummus!menemen (instagram.com/mutfaksever)

Menemen merupakan makanan yang sering menjadi olesan beragam hidangan. Makanan ini dibuat dengan tomat, telur, paprika, dan beragam bumbu. Terdapat berbagai versi dari makanan ini, jadi bisa juga diisi dengan bawang putih, keju, bayam, potongan sosis, atau bawang bombay.

Makanan ini umumnya mudah ditemukan di kedai makanan yang menghidangkan menu sarapan atau makan siang. Biasanya sebagian besar tempat makan menghidangkannya dalam panci logam, dengan keranjang besar berisi roti sebagai pendamping. 

2. Cacık

5 Dipping Sauce Terfavorit di Turki, Tak Hanya Hummus!cacık (instagram.com/binefismutfak)

Cacık merupakan saus menyegarkan yang dapat dijumpai dengan beragam bentuk. Saus ini terbuat dari yogurt yang disaring atau diencerkan. Lalu dikombinasikan dengan mentimun cincang halus dan bawang putih cincang. Untuk memperkaya rasa, maka saus diberi bumbu yang mencakup minyak zaitun, gulma dill, mint, baik jus lemon atau cuka. Terkadang saus juga ditambahkan dengan oregano, thyme, sumac, dan paprika.

Umumnya, saus dihidangkan dalam keadaan yang dingin yang disantap dengan berbagai makanan pembuka hingga hidangan utama. Makanan ini juga sangat ideal dipasangkan dengan hidangan daging Turki klasik seperti köfte dan kebab dari semua jenis. 

Baca Juga: 11 Makanan Khas Sukabumi yang Wajib Kamu Coba, Ngeunah Pisan!

3. Bal kaymak

5 Dipping Sauce Terfavorit di Turki, Tak Hanya Hummus!bal kaymak (instagram.com/balkaymaksimitevi)

Bal kaymak merupakan makanan yang sering disajikan sebagai menu sarapan. Makanan ini terbuat dari kombinasi lezat dari kaymak, yang merupakan produk susu tradisional yang dihasilkan dari susu kerbau, yang disiram dengan madu. Makanan ini sering dihidangkan sebagai olesan atau saus manis bersama teh. 

Saus ini juga dapat menjadi selai pada roti. Ketika menjadi makanan penutup, hidangan ini dapat ditambahkan dengan kacang tanah, kacang cincang, atau kenari utuh.

4. Labneh

5 Dipping Sauce Terfavorit di Turki, Tak Hanya Hummus!labneh (instagram.com/saltandserenity)

Labneh mempunyai tekstur yang creamy dengan rasa yang ringan. Makanan ini hanya memerlukan bahan seperti garam dan juga yogurt. Cara pembuatannya, bahan-bahan tersebut dikombinasikan dan dibiarkan saring selama dua belas hingga dua puluh empat jam.

Pada saat proses penyaringan, whey yogurt terpisah, dan yang tersisa adalah produk seperti keju dengan tekstur kental dan keras. Teksturnya dapat beragam dari krim hingga padat, namun rasanya selalu ringan dan sedikit asin. Makanan ini juga cukup populer di Yunani, Turki, Siprus, Asia Tengah, Amerika Serikat, Meksiko, dan Inggris.

5. Hummus

5 Dipping Sauce Terfavorit di Turki, Tak Hanya Hummus!hummus (instagram.com/clarissalenherrnutrition)

Hummus merupakan makanan yang umumnya memiki warna krem. Makanan ini terkenal secara internasional. Hidangan ini terbuat dari buncis tumbuk, pasta wijen tahini, jus lemon, dan bawang putih. Banyak orang di seluruh dunia manjadikannya favorit karena rasanya yang tajam dan fakta bahwa makanan ini penuh dengan nutrisi.

Ketika dihidangkan, makanan ini umumnya diberi bumbu berupa minyak zaitun. Makanan ini sering digunakan sebagai saus untuk sayuran atau isian beraroma untuk roti pipih seperti pita. 

Saus khas Turki ini dapat membuat hidangan makin menggugah selera. Selain itu, beberapa diantaranya juga sudah mendunia. Kamu sudah coba yang mana?

Baca Juga: 5 Makanan Lezat Khas Turki Berbahan Dasar Telur, Bikin Ngiler! 

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya