Comscore Tracker

5 Hidangan Khas Mozambik yang Lezat, Sedap Bikin Nagih

Bisa gagal diet karena bikin ngiler, nih!

Mozambik merupakan salah satu negara yang kaya akan hidangan tradisional. Setiap tahunnya, banyak wisatawan yang berkunjung ke negara ini untuk berwisata sekaligus menikmati kulinernya.

Mulai dari olahan ayam, gorengan, kue, hingga saus andalan bisa dinikmati di negara ini. Berikut lima hidangan khas Mozambik yang bisa kamu coba saat berkunjung ke sana.

1. Ayam Peri Peri 

5 Hidangan Khas Mozambik yang Lezat, Sedap Bikin Nagihayam peri peri (Instagram.com/kajalsfoodadventures)

Baca Juga: 5 Kuliner Khas yang Bisa Kamu Coba saat Berkunjung ke Kirgiztan

Ayam peri peri terdiri dari ayam panggang disajikan dengan saus kelapa yang kental dan pedas. Cara pembuatannya yaitu, sebelum dipanggang, dagingnya direndam dalam jinten, bawang putih, paprika, jus lemon, dan cabai rawit. Hal tersebut akan memberikan rasa yang unik pada ayam.

Makanan ini bisa dihidangkan bersama dengan nasi atau kentang goreng.

2. Fofos de Arroz 

5 Hidangan Khas Mozambik yang Lezat, Sedap Bikin Nagihfofos de arroz (Instagram.com/dumplingsandmore)

Fofos de arroz merupakan salah satu hidangan paling populer di negara ini. Makanan ini terdiri dari bola-bola nasi goreng yang diisi dengan bahan-bahan gurih seperti udang, bawang putih, dan bawang bombay.

Bola-bola ini secara tradisional dicelupkan ke dalam telur dan digulung dalam remah roti, lalu digoreng dalam minyak panas. Hidangan ini paling nikmat saat disajikan hangat.

3. Matata 

5 Hidangan Khas Mozambik yang Lezat, Sedap Bikin Nagihmatata (Instagram.com/guardian.ng)

Matata merupakan salah satu makanan Mozambik langka yang tidak dipengaruhi oleh masakan Portugis. Hidangan ini dibuat dengan kombinasi kerang cincang, kacang tanah atau selai kacang, bawang bombay, tomat, cabai merah, daun labu atau bayam muda, minyak, dan bumbu.

Bawang bombay ditumis dengan minyak dan dicampur dengan bahan lainnya. Panci ditutup dan rebusan direbus sebentar sampai daunnya layu. Makanan ini secara tradisional dihidangkan bersama dengan nasi.

4. Bolo Polana 

5 Hidangan Khas Mozambik yang Lezat, Sedap Bikin Nagihbolo polana (Instagram.com/lmlederer)

Bolo polana merupakan kue kacang mete dan kentang tradisional. Kue ini terbuat dari kombinasi kentang tumbuk, kacang mete, telur, kulit jeruk, kulit lemon, esens vanila, gula, dan mentega. Putih telur dilipat ke dalam adonan, dan kue kemudian dipanggang sampai berwarna cokelat keemasan.

Kue ini sering dibuat untuk acara-acara khusus. Jika diinginkan, kue dapat dihias dengan beberapa kacang mete panggang.

5. Saus Piri Piri 

5 Hidangan Khas Mozambik yang Lezat, Sedap Bikin Nagihsaus piri piri (Instagram.com/skeeternyc)

Saus piri pirimerupakan saus pedas yang berasal dari Angola atau Mozambik. Saus ini terbuat dari kombinasi cuka anggur merah, paprika, bawang putih, dan bahan-bahan lainnya.

Saat ini, saus ini sama-sama populer di negara-negara seperti Afrika Selatan, Kanada, dan Australia. Bahan yang paling banyak ditemukan dalam saus piri-piri adalah lemon, cabai, cuka, bawang putih, paprika, dan minyak. Namun tak jarang juga terdapat campuran tarragon, kulit jeruk, oregano, dan bahan lainnya.

Itulah kelima kuliner khas Mozambik yang terkenal khas dan juga lezat. Dari kelima menu tersebut, mana nih yang bikin kamu ngiler?

Baca Juga: 7 Kue Khas Eropa Timur yang Paling Populer, Enak Semua!

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ane Hukrisna

Berita Terkini Lainnya