Comscore Tracker

5 Jenis Saus Khas Oaksak, Meksiko yang Bikin Hidangan Makin Lezat

Cocok dipadukan dengan aneka olahan

Saus menjadi salah satu komposisi penting dalam bahan makanan khas Oaksaka, Meksiko. Saus-saus ini dapat dikombinasikan dengan aneka ragam olahan makanan yang tentu akan membuat beragam makanan tersebut menjadi lebih sedap.

Makanan yang sering menggunakan saus sebagai bahan utamanya adalah olahan daging atau olahan seafood. Warna dari saus juga menjadi ciri khas saus tersebut. Berikut 5 jenis saus Khas Oaksaka, Meksiko yang bikin hidangan makin lezat.

1. Mole Blanco

5 Jenis Saus Khas Oaksak, Meksiko yang Bikin Hidangan Makin Lezatmole blanco (instagram.com/chefsylviavavik)

Mole blanco adalah saus yang memerlukan bahan-bahan seperti almon, kacang pinus, almon spanyol, bawang putih, bawang merah, paprika habanero, dan kaldu ayam. Saus ini biasanya dihidangkan pada perayaan khusus seperti Paskah atau Natal.

Saus umumnya dihidangkan bersamaan dengan pípí atau chitapí, bunga yang dapat dikonsumsi dan tumbuh di pohon di Mixtec, Oaxaca.

2. Mole Negro

5 Jenis Saus Khas Oaksak, Meksiko yang Bikin Hidangan Makin Lezatmole negro (instagram.com/_willy_monroy)

Mole negro adalah saus tradisional yang umumnya terbuat daribahan-bahan, seperti hoja santa, yaitu herbal aromatik, licorice, kayu manis, jintan, cengkih, bawang merah, bawang putih, cabai kering, ketumbar, labu, biji wijen, dark cokelat, roti, dan buah-buahan kering. Semua bahan dicampur, digiling, dan di rebus hingga mencapai konsentasi yang kental.

Baca Juga: 5 Ragam Saus Khas Sisilia-Italia yang Bikin Makanan Makin Mantap 

3. Mole Coloradito

5 Jenis Saus Khas Oaksak, Meksiko yang Bikin Hidangan Makin Lezatmole coloradito (instagram.com/digitalwong)

Mole coloradito adalah saus tradisional yang terbuat dari baban-bahan, seperti bawang bombai, seledri, bawang putih, wortel, cabai, thyme, allspice, lada hitam, cengkih, kayu manis, tomat, marjoram, hingga dark cokelat.

Semua bahan kemudian digiling dan direbus hingga saus menjadi kental. Saus ini umumnya bewarna merah bata dan memiliki rasa pedas manis.

4. Mole Chichilo

5 Jenis Saus Khas Oaksak, Meksiko yang Bikin Hidangan Makin Lezatmole chichilo (instagram.com/meal_by_seven)

Mole chichilo adalah saus tradisional yang terbuat dari bahan-bahan yang mencakup cabai rawit, cabai ancho, tomat, tomatillo, bawang putih, daun alpukat, cengkih, jintan, kaldu sapi, lada hitam, tortila jagung atau tepung jagung untuk pengental saus, allspice, jus lemon, dan lemak babi.

Semua bahan lalu ditumbuk dan direbus sampai saus berubah menjadi salsa cair. Saus biasanya dihidangkan di atas daging sapi dan sayuran matang. Sering kali disertai dengan nasi dan kacang panjang. Saus ini identik dengan warnanya yang hitam pekat.

5. Mole Manchamantel

5 Jenis Saus Khas Oaksak, Meksiko yang Bikin Hidangan Makin Lezatmole manchamantel (instagram.com/eatalavivv)

Mole manchamantel adalah saus yang memerlukan bahan-bahan seperti cabai ancho kering, bawang putih, bawang merah, nanas, tomat, apel, pir, chorizo, hingga kaldu ayam dalam pembuatannya.

Semua bahan kemudian digiling dan direbus hingga saus menjadi kental. Setelah semua proses selesai, saus harus mempunyai kombinasi rasa yang manis, pedas, dan buah. 

Aneka jenis saus di atas pastinya dapat menjadi referensi saus yang menarik untuk dicoba di rumah. Tentunya semua saus ini terasa lebih nikmat saat dipadukan dengan aneka menu.

Baca Juga: 5 Kreasi Makanan dengan Tahini, Saus Wijen ala Timur Tengah

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya