Comscore Tracker

5 Jenis Sosis Khas Italia yang Bisa Dikombinasikan dengan Beragam Menu

Tertarik mencoba jenis yang mana?

Italia tak hanya populer dengan menu hidangan yang berupa pasta atau piza. Negara ini juga kaya akan jenis sosis yang terkenal akan kelezatannya.

Sosis-sosis tersebut bisa dinikmati secara langsung atau mengalami proses pemanggangan atau penggorengan terlebih dahulu.

Sosis ini dapat dicampurkan dengan piza, sandwich, salad, hingga pasta yang tentu sangat menggugah selera. Berikut 5 jenis sosis khas Italia yang bisa dikombinasikan dengan beragam menu.

1. Luganega

5 Jenis Sosis Khas Italia yang Bisa Dikombinasikan dengan Beragam Menuluganega (instagram.com/italybestfood_ibf)

Luganega merupakan sosis Italia yang asalnya masih diperdebatkan. Walaupun demikian, sosis ini telah diakui sebagai sosis utara. Sosis ini terutama diproduksi di kawasan Lombardy, Trentino, dan Veneto.

Sosis juga mempunyai sebutan lain, yaitu salsiccia a metro. Ini mempunyai arti sosis dengan meteran. Hal tersebut disebabkan karena sosis dibuat sebagai satu sosis panjang melingkar yang tidak terbagi menjadi potongan-potongan kecil.

2. Salsiccia

5 Jenis Sosis Khas Italia yang Bisa Dikombinasikan dengan Beragam Menusalsiccia (instagram.com/fratellidigriglia)

Salsiccia menjadi nama universal untuk beragam jenis sosis Italia yang segar. Sosis ini umumnya mengacu pada sosis yang terbuat dari daging babi cincang atau giling, lemak babi, yang dikombinasikan dengan berbagai jenis rempah-rempah pilihan.

Kombinasi bahan-bahan tersebut lalu dimasukkan ke dalam selubung babi atau domba alami. Sosis dijual dalam keadaan segar dan dimaksudkan untuk memanggang atau menggoreng sebelum disantap. 

Baca Juga: 5 Santapan Sedap dari Sosis Kuah yang Pas Buat Musim Hujan

3. Salsiccia di Bra

5 Jenis Sosis Khas Italia yang Bisa Dikombinasikan dengan Beragam Menusalsiccia di bra (instagram.com/salsicciadibra.co)

Salsiccia di bra merupakan sosis yang terbuat dari daging sapi muda tanpa lemak, lemak babi, garam laut, lada putih, kayu manis, fuli, dan pala.

Terdapat variasi yang menambahkan pembuatan sosis dengan adas, bawang putih, keju, daun bawang, white wine, dan bahkan prosecco untuk Natal. Campuran bahan-bahan lalu dimasukkan ke dalam usus domba jantan kecil.

4. Salama da Sugo

5 Jenis Sosis Khas Italia yang Bisa Dikombinasikan dengan Beragam Menusalama da sugo (instagram.com/nonnafilini)

Salama da sugo merupakan sosis terbuat dari potongan daging babi yang berbeda seperti leher, leher gemuk, perut, hati, dan lidah. Daging tersebut lalu dicincang halus dan diberi bumbu berupa garam, merica, cengkeh, pala, dan kayu manis.

Lalu red wine ditambahkan dan campuran tersebut selanjutnya dimasukkan ke dalam selongsong babi. Kemudian diikat erat dengan benang dan dibiarkan berumur sekitar 6 sampai 9 bulan.

Tak seperti sosis pada umumnya, sosis jenis ini cenderung bewarna hitam dan juga berbentuk agak tambun.

5. Mazzafegato

5 Jenis Sosis Khas Italia yang Bisa Dikombinasikan dengan Beragam Menumazzafegato (instagram.com/dueamicheincucina)

Mazzafegato merupakan salah satu sosis yang terbuat dari bahan-bahan jeroan, seperti daging babi bagian hati, lidah, ekor, jantung, limpa, paru-paru, dan sisa daging lainnya.

Kemudian daging tersebut digiling kasar. Untuk menambah cita rasa, maka daging memerlukan bumbu, seperti garam, merica, pepperoncino, bawang putih, bunga adas, lemon, dan kulit jeruk.

Hal yang unik dari sosis jenis ini adalah variasi manis yang diperkaya dengan kismis, kacang pinus, kayu manis, gula, dan red wine. 

Beragam sosis khas Italia di atas bisa kamu cicipi ketika berlibur ke sana. Sosis tersebut juga bisa menjadi camilan atau makanan utama yang super lezat.

Baca Juga: 5 Ragam Sosis Khas Bulgaria yang Paling Populer, Tertarik Mencoba?

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya