Comscore Tracker

5 Kue Kering Khas Kroasia, Camilan Teman Minum Teh yang Nikmat

Nikmatnya bikin ketagihan sekali coba 

Kroasia adalah salah satu negara yang terkenal akan wisata kulinernya yang lezat. Salah satunya adalah kue kering yang beraroma. Negara ini mempunyai kue kering dengan beragam rasa dan juga bentuk yang menggugah selera.

Visualnya pun juga menggoda, sehingga membuatnya menjadi salah satu menu wajib di berbagai acara. Berikut 5 kue kering khas Kroasia yang bisa jadi inspirasi camilan di rumah.

1. Rafioli 

5 Kue Kering Khas Kroasia, Camilan Teman Minum Teh yang Nikmatrafioli (Instagram.com/konzumhr)

Rafioli merupakan kue dengan isian almond yang beraroma. Kue populer ini dinikmati di banyak kota di seluruh Dalmatia. Meskipun asal mula camilan manis ini tidak diketahui secara pasti, terdapat banyak legenda dan cerita yang menjelaskan bagaimana kue berbentuk setengah bulan ini muncul.

Selain almon, rafioli versi modern sering diisi dengan menggunakan bahan berupa cokelat dan krim, sedangkan kulit jeruk dan vanila digunakan untuk rasa ekstra. Kue manis ini biasanya disajikan untuk camilan yang lezat atau sering ada di pertemuan tertentu.

2. Bračke škanjate

5 Kue Kering Khas Kroasia, Camilan Teman Minum Teh yang Nikmatbračke škanjate (coolinarika.com)

Bračke škanjate sekilas mirip dengan roti kering yang biasanya kita lihat di toko-toko kue di Indonesia. Makanan ini merupakan biskuit keras yang terbuat dari tepung, minyak, gula, dan ragi. Semua bahan dicampur hingga merata.

Saat adonan sudah mengembang, maka dipanggang sampai bewarna coklat keemasan gelap. Setelah agak dingin, biskuit dibelah menjadi dua dan dipanggang lagi sebentar dengan suhu rendah. Kue ini paling sering dicelupkan ke dalam prošek atau kopi sebagai camilan lezat.

Baca Juga: 5 Sup Ikan khas Kroasia, Sajian Lezat Penghangat Suasana

3. Paprenjaci 

5 Kue Kering Khas Kroasia, Camilan Teman Minum Teh yang Nikmatpaprenjaci (Instagram.com/tirkizna_ana)

Paprenjaci merupakan biskuit tradisional yang dibumbui dengan madu dan lada hitam. Kue ini bisa dinikmati sepanjang tahun, meskipun sebagian besar dikaitkan dengan perayaan Natal dan musim dingin. Kue renyah ini juga dapat dinikmati sebagai camilan saat menemani waktu bersantai, lho.

Awalnya, makanan ini adalah biskuit sederhana yang berbentuk persegi dengan cetakan beragam gambar yang menarik. Kue ini juga muncul dengan berbagai hiasan di atasnya seperti simbol agama atau pagan, tapi kini banyak yang membuatnya dalam beragam bentuk.

4. Klašuni 

5 Kue Kering Khas Kroasia, Camilan Teman Minum Teh yang Nikmatklašuni (Instagram.com/kuhamjakuhasti)

Klašuni adalah kue kecil yang sangat harum. Kue ini umumnya dibentuk menyerupai bulan sabit. Klašuni menggabungkan adonan mentega yang secara tradisional dibuat dengan amonium bikarbonat. Kue ini berbahan dasar kacang yang digunakan sebagai isian.

Adonan dan isian biasanya diperkaya dengan kulit jeruk, rose liqueur, dan vanila. Sedangkan isian kenari atau almon dapat ditambah dengan selai ara atau jeruk. Klašuni sering dijadikan sebagai makanan penutup yang lezat dan suguhan manis saat musim panas tiba.

5. Cukarini 

5 Kue Kering Khas Kroasia, Camilan Teman Minum Teh yang Nikmatcukarini (Instagram.com/kuhamjakuhasti)

Cukarini merupakan kue kering renyah yang menjadi bagian dari suguhan manis yang ditemukan di pulau Korčula. Kue ini dicirikan oleh rasa jeruknya yang halus. Sementara itu, penggunaan amonium bikarbonat di dasar mentega memberikan tekstur yang sangat rapuh dan lembut.

Kue ini umumnya disajikan sebagai hidangan penutup. Cukarini juga mudah ditemukan di berbagai toko roti yang tersebar di seluruh pulau Korčula.

Kue kering khas Kroasia ini bisa menjadi inspirasi menu camilan yang dihidangkan di rumah dan disantap bersama keluarga. Beragam rasa dan isian yang lezat menjadi keunikan tersendiri.

Baca Juga: 5 Hidangan Seafood Khas Kroasia Paling Terkenal, Bikin Gagal Diet!

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya